Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Ekonomi: Strategi Pemasaran Eksport pd PT. Iskandar Indah Printing Textile

Judul Skripsi : Strategi Pemasaran Eksport pada PT. Iskandar Indah Printing Textile di Surakarta

 

A. Latar Belakang

Di Surakarta terdapat perusahaan yang bergerak dibidang tekstil yaitu mengolah bahan baku benang menjadi kain mentah (grey) yang kemudian jenis produksi berupa kain bercorak batik atau lebih dikenal dengan kain printing. Berbagai macam kain printing antara lain : kain vollissima, kain voil, kain sutra alam, kain sutra tiruan (santung) dan lainnya. Untuk bahan baku dipasok dari dalam negeri dan sebagian kecil dari luar negeri. PT. Iskandar Indah Printing Textile untuk memperkenalkan hasil produknya dipasar luar negeri melalui media promosi antara lain : pameran dagang baik dalam negeri maupun luar negeri, iklan koran, majalah maupun televisi. Namun demikian masih banyak yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ekspor.

Berdasarkan uraian diatas, studi ini ingin mengetahui dan mempelajari strategi pemasaran ekspor yang dilakukan oleh PT. Iskandar Indah Printing Textile yaitu mulai dari memproduksi barang, cara memasarkan, media promosi yang digunakan, serta strategi pemasaran ekspor yang dilakukan oleh perusahaan PT. Iskandar Indah Printing Textile. Dalam penulisan TA ini yang menjadi proses pokok permasalahan dalam penelitian yang berjudul “STRATEGI PEMASARAN EKSPOR PADA PT. ISKANDAR INDAH PRINTING TEXTLE”.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana cara PT. Iskandar Indah Printing Textile dalam memasarkan produk-produknya ?
  2. Bagaimana strategi pemasaran ekspor PT. Iakandar Indah Printing Textile?
  3. Apa hambatan-hambatan dalam memasarkan produk ekspor dan cara mengatasinya pada PT. Iskandar Indah Printing Textile ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pemasaran

Pemasaran merupakan proses yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Pemasaran dapat didefinisikan sebagai suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar produk yang bernilai satu sama lain (Kother, 1994, p.6). Dalam konteks yang lebih luas, pemasaran global diartikan sebagai poroses pemusatan sumber daya dan tujuan organisasi pada peluang pasar global. Pemasaran memiliki tiga prinsip utama (Keegan, 1989, p.5) yaitu menciptakan nilai bagi pelanggan, mencapai keunggulan bersaing atau keunggulan diferensial, dan memusatkan tujuan, sumber daya, dan usaha. (Budiarto, Teguh dan Fandy Tjipto, 1997)

Tahap-tahap Pelaksanaan Ekspor

Dalam pelaksanaan kegiatan ekspor, diperlukan tahap-tahap yang harus dilakukan agar kegiatan ekspor dapat berjalan dengan baik dan lancar. Untuk tahap pelaksanaan ekapor dimulai dari pengadaan barangsampai dengan pengiriman antara lain sebagai berikut :

  1. Mencari Informasi Sumber Barang
  2. Permintaan Barang Pada Pensuplai
  3. Penawaran Harga Dari Pensuplai
  4. Penempatan Pesanan
  5. Kontrak Ekspor Impor
  6. Pembukaan L/C
  7. Persiapan pengeksporan
  8. Pengapalan
  9. Negosiasi Dokumen
  10. Penerusan Dokumen
  11. Pengeluaran Barang
  12. Penyerahan Barang

Bauran Promosi (Promotional Mix)

Promosi adalah bagian dari srategi pemasaan sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi (promotional mix) yaitu :

  1. Periklanan (Advertising)
  2. Penjualan Personal (Personal Selling)
  3. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
  4. Public Relation
  5. Identitas Produk (Product Identity)

 

D. Metode Penelitian

Metode penelitian adalah partisipatif eksploratif yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung mengenai strategi pemasaran ekspor di PT. Iskandar Indah Printing Textile.

Data yang digunakan data primer dan data sekunder.

Data primer dikumpulkan melalui wawancara langsung pada bagian ekspor sedangkan data sekunder diperoleh dari buku maupun sumber bacaan lainnya.

 

E. Kesimpulan

  1. Iskandar Indah Printing Textile melakukan sistem pemasaran melalui agen. Agen yaitu suatu badan usaha yang membuat suatu ikatan perjanjian daengan produsen suatu komoditi tertentu untuk melakukan ekspor komoditi itu untuk dan atas nama produsen. Beberapa macam agen yaitu : Dewan Komisi Ekspor, Confirming House, Resident Buyer, dan Broker.
  2. Beberapa strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. Iskandar Indah Printing Textile antara lain : Pameran dagang adalah cara yang cukup efektif untuk menjaring pembeli atau konsumen, Strategi produk yaitu dengan memproduksi barang yang berkualitas ekspor dengan mutu terjamin, Strategi harga, perusahaan menetapkan harga yang dapat di jangkau oleh kalangan konsumen yang dibidik.
  3. Iskandar Indah Printing Textile juga mengalami hambatan-hambatan diantaranya: hambatan pajak, pesaing usaha, motif-motif batik yang banyak ditiru oleh prusahaan lain, dan daya beli konsumen yang berkurang karena adanya krisis global.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Strategi Pemasaran Eksport pada PT. Iskandar Indah Printing Textile di Surakarta
  2. Analisis Potensi Ekonomi Daerah Kabupaten Pati pada Periode Sebelum dan Selama Pelaksanaan Otonomi Daerah
  3. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Pembiayaan Lembaga Keuangan Syariah
  4. Evaluasi Terhadap Penentuan Harga Pokok Produk Pesanan dengan Metode Full Costing pada Bengkel Mesin
  5. Analisis Pola Konsumsi Masyarakat Pasca Bencana Gempa Bumi dan Strategi-Strategi yang Diterapkan dalam Menghadapi Peristiwa Tersebut (Studi Kasus Pada Kabupaten Klaten)