Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Ekonomi: Reaksi Pasar trhdp Peristiwa Pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu

Judul Skripsi: Analisis Reaksi Pasar terhadap Peristiwa Pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu

A. Latar Belakang

Pengaruh lingkungan non ekonomi, walaupun tidak terkait secara langsung dengan dinamika yang terjadi di pasar modal tidak dapat dipisahkan dari aktivitas bursa saham. Lingkungan non ekonomi tersebut seperti berbagai isu mengenai kepedulian terhadap lingkungan hidup, hak asasi manusia, serta peristiwa-peristiwa politik kerap kali menjadi faktor utama pemicu fluktuasi harga saham di bursa efek seluruh dunia. Makin pentingnya peran bursa saham dalam kegiatan ekonomi, membuat bursa semakin sensitif terhadap berbagai peristiwa disekitarnya, baik berkaitan atau tidak berkaitan secara langsung dengan isu ekonomi.

Peristiwa-peristiwa politik, seperti adanya pergantian pemerintahan, pengumuman kabinet menteri, kerusuhan politik, peperangan dan peristiwa lainnya sangat mempengaruhi harga dan volume perdagangan di bursa efek karena peristiwa-peristiwa politik berkaitan erat dengan kestabilan perekonomian negara. Selain itu peristiwa politik juga menyebabkan tingkat kepercayaan yang negatif dari para investor, sehingga adanya peristiwa politik yang mengancam stabilitas negara cenderung mendapat respon negatif dari pelaku pasar.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada abnormal return secara kumulatif yang diraih para investor di sekitar peristiwa pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu?
  2. Apakah ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata abnormal return yang diperoleh para investor sebelum dan setelah pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu?

 

C. Tinjauan Pustaka Skripsi

Pasar Modal

Pasar modal merupakan pasar dari sejumlah instrumen keuangan jangka panjang yang dapat diperjualbelikan dalam bentuk utang maupun modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah maupun perusahaan swasta.

Aktivitas Volume Perdagangan (Trading Volume Activity)

Trading Volume Activity merupakan suatu instrumen yang dapat digunakan untuk melihat reaksi pasar modal terhadap informasi melalui parameter pergerakan aktivitas volume perdagangan saham di pasar. Ditinjau dari fungsinya, maka dapat dikatakan bahwa TVA merupakan variasi lain dari event study. Perbedaan dari keduanya adalah pada parameter yang digunakan untuk mengukur reaksi pasar terhadap suatu event.

 

Informasi di Pasar Modal

Informasi atau fakta material adalah informasi atau fakta penting dan relevan mengenai peristiwa, kejadian atau fakta yang dapat mempengaruhi harga efek pada Bursa Efek atau keputusan pemodal, calon pemodal atau pihak lain yang berkepentingan atas informasi atau fakta tersebut (UU No. 8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal pasal 1 ayat 4). Berdasarkan pengertian diatas tampaklah bahwa investor akan mengasimilasikan informasi yang relevan ke dalam harga dalam membuat keputusan menjual atau membeli saham.

 

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian ini merupakan studi peristiwa (event study) yang bertujuan untuk melihat reaksi pasar modal terhadap peristiwa pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu melalui pendekatan harga saham dan volume perdagangan saham ditinjau dari ukuran perusahaan.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.

 

E. Kesimpulan

  1. Dari pengamatan terhadap Cumulative Abnormal Return didapatkan bahwa dari periode kejadian selama 21 hari, tidak terdapat abnormal return secara kumulatif yang diperoleh investor baik untuk perusahaan dengan market kapitalisasi besar maupun kecil. Sehingga bisa disimpulkan bahwa Bursa Efek Jakarta telah mencapai efisiensi pasar bentuk setengah kuat.
  2. Berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh dari pengujian beda ratarata abnormal return sebelum dan setelah peristiwa, didapat hasil bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata abnormal return sebelum dan setelah peristiwa untuk perusahaan dengan market kapitalisasi besar. Sedangkan untuk untuk perusahaan dengan market kapitalisasi kecil dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata abnormal return sebelum dan setelah peristiwa.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Rasio Pembayaran Deviden
  2. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan
  3. Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Ekonomi
  4. Fungsi Internal Hubungan Masyarakat pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional
  5. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor terhadap Kualitas Audit