Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Ekonomi: Rasio Camel trhdp Ekspansi Kredit Bank Nasional Devisa dn Non Devisa

Judul Skripsi : Analisis Rasio Camel terhadap Ekspansi Kredit Bank Umum Swasta Nasional Devisa dan Bank Umum Swasta Nasional Non Devisa

 

A. Latar Belakang

Analisis rasio keuangan pada perusahaan termasuk juga bank secara univariate memiliki keterbatasan. Pada sebuah perusahaan/bank bisa mempunyai sejumlah rasio yang baik sementara rasio yang lainnya jelek, sehingga sulit untuk mengatakan secara keseluruhan kondisi bank baik atau buruk. Karena itu diperlukan metode untuk menganalisis rasio keuangan bank dengan melibatkan semua rasio keuangan yang ada sehingga bisa dilakukan pengklasifikasian bank berdasarkan besarnya kemungkinan bank akan menghadapi kegagalan. Analisis yang dapat digunakan untuk menganalisis dengan melibatkan banyak variable adalah analisis multivariate (Setyowati, 2005).

Rasio dapat menggambarkan suatu hubungan atau pertimbangan antara suatu jumlah tertentu dengan jumlah yang lain. Penggunaan alat analisis berupa rasio dapat menjelaskan atau memberi gambaran kepada penganalisis tentang baik buruknya kondisi suatu bank. Terkait dengan hal tersebut, penting untuk melakukan pengukuran rasio keuangan suatu bank agar memperoleh gambaran secara benar dengan pertumbuhan profit yang dicapai oleh bank. Bila pengukuran sudah dilakukan, maka seorang investor dapat mengambil keputusan berinvestasi.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah rasio CAMEL, yaitu Rasio Permodalan, Rasio Aktiva Produktif, Rasio Rentabilitas, Rasio Likuiditas, dan Rasio Kepatuhan, berpengaruh terhadap ekspansi kredit Bank Umum Swasta Nasional Devisa dan Bank Umum Swasta Nasional Non Devisa?
  2. Apakah terdapat perbedaan ekspansi kredit diantara kelompok Bank Umum Swasta Nasional Devisa dan Bank Umum Swasta Nasional Non Devisa?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Perbankan

Menurut Undang-Undang RI nomor 10 tahun 1998 tanggal 10 november 1998 tentang perbankan, “Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentukbentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak”

Pengertian Kredit

Pengertian kredit telah dirumuskan dalam bab I, pasal 1, 2 Undang- Undang Pokok Perbankan No. 14 tahun 1967, yaitu: “Kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat disamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan pinjam-meminjam antara bank dengan pihak lain. Pihak peminjam berkewajiban melunasi hutangnya setelah jangka waktu tertentu dengan jumlah bunga yang telah ditentukan”.

 

Laporan Keuangan Perbankan

Laporan keuangan adalah hasil refleksi dari seluruh transaksi dan peristiwa-peristiwa yang bersifat finansial, yang kemudian dicatat, digolongkan dan disusun dengan cara tepat dalam satuan moneter. Setelah itu diadakan penafsiran untuk berbagai tujuan (Djarwanto, 2003).

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Penelitian ini di desain sebagai studi empiris.

Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Swasta Nasional Devisa dan Bank Umum Swasta Nasional Non Devisa yang terdaftar di Direktori Perbankan Indonesia, yang mempunyai kriteria tertentu yang diharapkan dapat mencapai tujuan dari penelitian.

Data yang digunakan dalam analisis adalah data sekunder dan diambil secara pooling.

 

E. Kesimpulan

  1. Variabel-variabel independen yang terdiri dari CAR, NPL, ROA, ROE, NIM, BOPO, LDR, dan GWM pada tahun 2003, tahun 2004, dan keseluruhan tahun 2003 dan 2004 secara serentak mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel dependen, yaitu ekspansi kredit Bank Umum Swasta Nasional Devisa dan Non Devisa.
  2. Dari pengujian ketepatan perkiraan (Goodness of Fit Test) diperoleh hasil nilai adjusted R 2 tahun 2003, tahun 2004, keseluruhan tahun 2003 dan 2004 adalah sebesar sebesar 0,35; 0,629 dan 0,52. Hal ini berarti bahwa model analisis regresi yang melibatkan delapan variabel yaitu CAR, NPL, ROA,ROE, NIM, BOPO, LDR, dan GWM telah mampu menjelaskan ekspansi kredit sebesar 35 %; 62,9%; dan 52% untuk tahun 2003, tahun 2004, dan keseluruhan tahun 2003 dan 2004.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Analisis Pola Konsumsi Masyarakat Pasca Bencana Gempa Bumi dan Strategi-Strategi Yang Diterapkan
  2. Analisis Pola Konsumsi Masyarakat Pasca Bencana Gempa Bumi Dan Strategi-Strategi Yang Diterapkan
  3. Analisis Rasio Camel terhadap Ekspansi Kredit Bank Umum Swasta Nasional Devisa dan Bank Umum
  4. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Jagung di Pasar Domestik Tahun 1984-2008
  5. Evaluasi Sistem Akuntansi Pengeluaran Barang pada PT Amalia Surya Cemerlang Klaten