Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Ekonomi: Proses Sales Contract PT. Dewi Samudra Kusuma Sondakan, Surakarta

Judul Skripsi : Proses Sales Contract PT. Dewi Samudra Kusuma Sondakan, Surakarta

 

A. Latar Belakang

Setiap perusahaan yang bergerak di bidang ekspor menganggap tahap sales contract merupakan tahap yang penting untuk diperhatikan antara kedua belah pihak untuk melakukan transaksi.

Dewi Samudra Kusuma merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang industri garment. Pada tahun 1987 perusahaan ini pada awalnya sebuah perusahaan menengah yang mencakup pasar dalam negeri yang bernama PT. Batik Kresno. Tahun 2002 PT. Batik Kresno berkembang mencakup pasar luar negri yang sekarang bernama PT. Dewi Samudra Kusuma. Saat ini PT. Dewi Samudra Kusuma telah memiliki pasar tetap di Europe, Canada, Italy, Asia. PT. Dewi Samudra Kusuma selama ini sudah melakukan proses sales contract dengan cukup berhasil. Hal ini terbukti dengan tercapainya angka penjualan ekspor pada tahun 2008 bulan Januari mencapai US$ 909,884.85. Angka ini merupakan hasil yang cukup tinggi bagi perusahaan untuk dapat terus bertahan di dunia ekspor.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana proses sales contract yang dilakukan pada PT. Dewi Samudra Kusuma ?
  2. Kesepakatan yang di ambil dalam sales contract pada PT. Dewi Samudra Kusuma dalam :
    1. Prosedur pengiriman barang pada PT. Dewi Samudra Kusuma ?
    2. Metode pembayaran yang di pakai pada PT. Dewi Samudra Kusuma ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Ekspor

Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean Indonesia, maka pelaksanaanya harus sesuai dengan prosedur dan dokumen ekspor yang ditetapkan baik oleh pemerintah Indonesia maupun negara pengimpor ( PPEI, 2006:1 ).

Pengertian Sales Contract

Sales contract adalah kesepakatan antara eksportir dan importer untuk melakukan perdagangan barang sesuai dengan persyaratan yang disepakati bersama dan masing-masing pihak mengikat diri untuk melaksanakan semua kewajibannya, dan pihak yang ingkar janji akan dikenai sanksi dengan membayar ganti rugi kepada pihak yang dirugikan.

 

INCOTERMS 2000

Incoterm ( Internasional Commercial Terms ) merupakan terminologi dagang internasional dan bukan konvensional atau hokum melainkan suatu peraturan yang telah disepakati bersama hamper diseluruh dunia, menjelaskan fungsi dari distribusi biaya, resiko pengiriman atau pengantaran barang dari seller ke buyer. Tujuan dari incoterm untuk menyediakan seperangkat peraturan internasional untuk memberikan penafsiran atas sejumlah istilah perdagangan yang biasanya dipakai dalam perdagangan luar negri.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yaitu mengambil satu obyek tertentu. Sedangkan data yang diperoleh langsung dari sumbernya, data ini diperoleh dengan wawancara langsung dengan unit pemasaran pada PT. Dewi Samudra Kusuma. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian, data ini diperoleh dari buku maupun sumber lainnya.

 

E. Kesimpulan

  1. Tata cara pelaksanaan proses sales contract pada PT. Dewi Samudra Kusuma tidak berbeda dengan prosedur ekspor – impor pada umumnya. Hal ini telah dijelaskan pada proses sales contract yang melalui beberapa tahapan seperti promosi dengan menggunakan website dan email yang dianggap sangat praktis, inquiry yang diterima akan dibalas sesuai permintaan, isi sales contract tidak merugikan kedua belah pihak dan dibuat rangkap dua, yang dipegang oleh importir disebut sales confirmation.
  2. Kesepakatan yang terjadi pada PT. Dewi Samudra Kusuma dalam proses pengiriman barang tidak berbeda dengan prosedur ekspor pada umumnya, yakni menerapkan metode FOB dan CIF. Dalam hal transaksi pembayaran ekspor pada PT. Dewi Samudra Kusuma menggunakan sistem pembayaran Letter of Credit ( L/C ), yang Irrevocable At Sight Confirmed.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Pengaruh Penganggaran Partisipatif, Asimetri Informasi dan Pemanfaatan Teknologi
  2. Analisis Faktorfaktor yang Mempengaruhi Besarnya Pengambilan Kredit Oleh Masyarakat
  3. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Kredit Umkm Pada Perbankan
  4. Proses Sales Contract PT. Dewi Samudra Kusuma Sondakan, Surakarta
  5. Strategi Pemasaran Eksport Pada Pt. Iskandar Indah Printing Textile di Surakarta