Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Ekonomi: Proses Kontrak Dagang Internasional pd CV.Aninda Furniture

Judul Skripsi : Proses Kontrak Dagang Internasional pada CV.Aninda Furniture di Sroyo Karanganyar

 

A. Latar Belakang

Di setiap negara perkembangan bisnis internasional sangat membantu perkembangan perekonomian suatu negara.dengan bisnis internasional dapat bekerjasama dengan negara lain melalui transaksi perdagangan luar negeri. Transaksi perdagangan luar negeri yang lebih di kenal dengan istilah ekspor-impor pada hakikatnya adalah suatu transaksi yang sederhana yang tidak lebih dari membeli dan menjual barang antara pengusaha-pengusaha yang bertempat di negara-negara yang berbeda. Namun dalam pertukaran barang dan jasa yang menyebrangi laut dan darat ini tidak jarang timbul berbagai masalah yang kompleks antara-antara pengusaha yang mempunyai bahasa, kebudayaan, adat-istiadat, dan cara-cara yang berbeda.(Roselyne Hutabarat,1990:01)

Suatu perdagangan yang melewati batas wilayah suatu negara terjadi karena kebutuhan barang atau jasa yang tidak terdapat dalam negara tersebut atau juga di karenakan harga lebih murah dan memiliki mutu yang lebih baik.perdagangan eksporimpor berbeda dengan perdagangan dalam negeri, perbedaannya antara lain: Mengenai aturan kepabeanan, standar mutu produk, ukuran takaran, dan timbangan serta peraturan perdagangan yang di buat atau ditetapkan oleh pemerintah setempat.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana terjadinya proses Kontrak Dagang Ekspor yang dilakukan oleh Aninda Furniture?
  2. Hambatan-hambatan apa saja yang di hadapi CV.Aninda Furniture dalam proses kontrak dagang ekspor?
  3. Bagaimana CV.aninda Furniture mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses kontrak dagang ekspor?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Ekspor

Ekspor adalah menjual barang-barang kepada konsumen di luar negeri atau keluar batas Negara kita (Amir MS,1990:19). Ekspor adalah suatu transaksi yang sederhana dan tidak lebih dari membeli dan menjual barang antara pengusaha-pengusaha yang bertempat di Negara-negara yang berbeda.

Dokumen-dokumen yang Diperlukan dalam Ekspor

Menurut Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) dokumen-dokumen yang diperlukan dalammelakukan kegiatan ekspor adalah sebagai berikut :

  1. Pemberitahuan Ekspor Barang
  2. Commercial Invoice/faktur
  3. Bill of Lading (B/L)
  4. Airway Bill
  5. Packing list
  6. Surat Keterangan Asal(SKA)
  7. Inspection Certificate
  8. Marine and Air Certificate
  9. Certificate of Quality
  10. Manufacturer’s Quality Control
  11. Sanitary, Healt and Venerinary Certificate
  12. Weight Note and Measurement Lish
  13. Certificate of Analysis
  14. Exporter’s Certificate
  15. Manufacture’s Certificate
  16. Beneficiary Certificate
  17. Shipping Agent Certificate
  18. Special Custems Invoice
  19. Consular Invoice
  20. Wesel

 

Pengertian Kontrak Dagang Ekspor

Kontrak dagang ekspor pada hakikatnya adalah rumusan kesepakatan akhirdari suatu perundingan (negosiasi) bisnis, yang kadangkala berjalan seru dan a lot, serta memakan waktu lama. Hal ini disebabkan karena penjual dan pembeli masing-masing mempunyai kepentingan yang bertolak belakang. Pihak penjual umumnya mutu barang sebagaimana adanya, sedangkan pembeli menginginkan mutu barang yang sesuai dengan selera dan kebutuhannya sendiri. Penjual menginginkan harga yang tinggi, sebaliknya pembeli menginginkan harga serendah mungkin. Penjual menginginkan pengiriman barang sesuai dengan kemampuan produksinya dan penyediaan ruangan kapal, sedangkan pembeli lebih menghendaki pengiriman barang disesuaikan dengan musim pemasaran.

 

D. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus yaitu mengambil satu obyek tertentu.

Sedangkan data yang diperoleh langsung dari sumbernya, data ini diperoleh dengan wawancara langsung dengan CV. Aninda Furniture.

Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian, data ini diperoleh dari buku maupun sumber lainnya.

 

E. Kesimpulan

  1. Aninda Furniture merupakan salah satu anak perusahaan dari PT.Aninda Jaya yang bergerak dalam kegiatan ekspor mebel yang memberikan sumber pendapatan terbesar dalam Aninda Group. Aninda Furniture melakukan pemisahan perusahaan menjadi anak perusahaan guna mengcover pajak.
  2. Aninda Furniture merupakan perusahaan yang mengolah barang setengah jadi (mebel mentah) menjadi barang jadi atau siap untuk diekspor. Dalam hal ini CV. Aninda Furniture termasuk export merchant atau pedagang ekspor. Negara yang menjadi tujuan ekspor antara lain : Amerika ,Australia,Eropa, dan Afrika,yang paling banyak adalah ke benua Amerika.
  3. Aninda Furniture melakukan promosi dengan cara setiap ½ tahun sekali megikuti pameran dagang yang diadakan baik didalam maupun diluar negeri. Serta membuat catalog yang berisi produk-produk yang dihasilkan.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Evaluasi Program Pembagian Beras untuk Keluarga Miskin (Raskin) di Kabupaten Sukoharjo
  2. Proses Ekspor-Impor pada Kawasan Berikat Tanjung Emas Export Processing Zone (Tepz)
  3. Prosedur Penerbitan Surat Keterangan Asal (Certificate Of Origin) di Dinas Perindustrian
  4. Proses Kontrak Dagang Internasional pada CV. Aninda Furniture di Sroyo Karanganyar
  5. Persepsi Akuntan Publik dan Mahasiswa Akuntansi terhadap Kode Etik Akuntan Indonesia

 

Incoming search terms: