Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Ekonomi: Pengaruh Tenaga Kerja, Ekspor dan Inflasi trhdp PMDN

Judul Skripsi : Pengaruh Tenaga Kerja, Ekspor dan Inflasi terhadap Penanaman Modal dalam Negeri (PMDN) di Propinsi Jawa Tengah Periode Tahun 1985– 2005

 

A. Latar Belakang

Daerah dalam meraih investasi di daerah harus memperhatikan peningkatan nilai investasi dan sekaligus pemberdayaan investasi kalangan dunia usaha lokal. Diharapkan dengan menggaet investor besar baik PMA maupun PMDN ke daerah akan dapat menimbulkan dampak positif bagi pengembangan dunia usaha daerah dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi daerah yang nantinya bermuara kepada peningkatan dan pemerataan kesejahteraan rakyat di daerah. Akhirnya dapat disimpulkan memberdayakan investasi daerah bahwa dalam rangka memacu pertumbuhan perekonomian daerah sangat diperlukan kerjasama antar daerah. Iklim investasi yang kondusif, jaminan keamanan dan kepastian hukum diharapkan dapat meningkatkan nilai investasi ke daerah. Seperti pada tahun 1989 dan tahun 1990 mengalami kenaikan yang cukup tinggi yaitu dari 808,52 Milyar rupiah menjadi 5.715 Milyar rupiah, pada tahun 1998 dan tahun 1999 terjadi penurunan yang cukup besar yaitu 2.574,9 Milyar rupiah menjadi 804,3 Milyar rupiah. Kenaikan dan penurunan tersebut terjadi pada saat terjadi krisis ekonomi.

Mengingat ingin mengetahui peran Investasi Penanaman Modal Dalam Negeri terhadap stabilitas perekonomian suatu daerah maka dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Pengaruh Tenaga Kerja, Ekspor dan Inflasi terhadap Penanaman Modal dalam Negeri (PMDN) di Propinsi Jawa Tengah Periode Tahun 1985– 2005”.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah Tenaga kerja berpengaruh terhadap Penanaman Modal dalam Negeri (PMDN) di Propinsi Jawa Tengah ?
  2. Apakah Ekspor berpengaruh terhadap Penanaman Modal dalam Negeri (PMDN) di Propinsi Jawa Tengah ?
  3. Apakah Inflasi berpengaruh terhadap Penanaman Modal dalam Negeri (PMDN) di Propinsi Jawa Tengah ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Investasi

Menurut Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus, investasi adalah pengeluaran yang dilakukan oleh para penanam modal yang menyangkut penggunaan sumber-sumber seperti peralatan, gedung, peralatan produksi dan mesin-mesin baru lainnya atau persediaan yang diharapkan akan memberikan keuntungan dari investasi tersebut.

Teori Tentang Tenaga Kerja

Di Indonesia, pengertian tenaga kerja atau man power adalah mencakup penduduk yang sudah bekerja, sedang mencari pekerjaan, dan yang sedang melakukan kegiatan lain seperti bersekolah dan mengurus rumah tangga. Tiga golongan terakhir, yakni pencari kerja, bersekolah, dan mengurus rumah tangga, walaapun sedang tidak bekerja, mereka dianggap secara fisik mampu bekerja dan dapat sewaktu-waktu bekerja (Simanjuntak, 1985)

Ekspor

Kegiatan ekspor adalah sistem perdagangan dengan cara mengeluarkan barang-barang dari dalam negeri keluar wilayah pabean Indonesia dengan memenuhi ketentuan yang berlaku. Ekspor merupakan total barang dan jasa yang dijual oleh sebuah negara ke negara lain, termasuk diantara barang-barang, asuransi, dan jasa-jasa pada suatu tahun tertentu (Sasandara, 2005).

 

D. Metode Penelitian

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.

Analisis data yang dilakukan dengan Metode Regresi Kuadrat Terkecil/OLS (ordinary least square).

 

E. Kesimpulan

  1. Tenaga kerja berpengaruh positif terhadap Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Propinsi Jawa Tengah. Artinya setiap kenaikan tenaga kerja akan meningkatkan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Propinsi Jawa Tengah
  2. Ekspor berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Propinsi Jawa Tengah. Artinya setiap kenaikan ekspor akan meningkatkan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Propinsi Jawa Tengah
  3. Inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Propinsi Jawa Tengah. Artinya setiap kenaikan inflasi akan meningkatkan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Propinsi Jawa Tengah.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Pengaruh Penanaman Modal Asing dan Ekspor terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Negara
  2. Pengaruh Tenaga Kerja, Ekspor dan Inflasi terhadap Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Propinsi
  3. Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Bagi Hasil terhadap Deposito Mudharabah ( Bank Syariah Mandiri )
  4. Analisis Biaya – Volume – Laba Sebagai Alat Bantu Perencanaan Laba
  5. Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Dividen Kas di Bursa Efek Jakarta