Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Ekonomi: Pengaruh Permintaan Konsumen trhdp Listrik pd Rumah Tangga

Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen terhadap Listrik pada Rumah Tangga (Studi Kasus Dusun Nambongan, Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta)

 

A. Latar Belakang

Melihat pertumbuhan permintaan listrik yang tumbuh lebih cepat dari jumlah pelanggan listrik. Hal ini berarti permintaan listrik bukan hanya disebabkan meningkatnya penggunaan listrik oleh pelanggan. Perkembangan teknologi juga mendorong munculnya produk-produk baru yang menggunakan tenaga listrik. Di sisi lain pendapatan masyarakat yang meningkat akan menambah kemampuan masyarakat untuk pendapatan akan diikuti dengan meningkatnya permintaan.

Teori dasar listrik dibedakan dalam berbagai macam klasifikasi atau kelas sesuai dengan penggunaan listrik. Hal ini dilakukan oleh PLN supaya dapat membedakan besarnya tarif listrik yang dikenakan antara rumah tangga, industri, sosial dan usaha. Tabel di bawah ini akan menggambarkan besarnya tarif dasar listrik yang berupa biaya beban dan biaya pemakaian dalam berbagai daya yang masuk dalam golongan rumah tangga.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Seberapa besar pengaruh pendapatan rata-rata total keluarga terhadap permintaan listrik pada rumah tangga di Dusun Nambongan, Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta?
  2. Seberapa besar pengaruh pengeluaran energi (minyak tanah, kayu bakar, gas, dan premium/solar) terhadap permintaan listrik pada rumah tangga di Dusun Nambongan, Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Permintaan

Menurut pengertian sehari-hari permintaan diartikan sebagai jumlah barang yang dibutuhkan. Permintaan ini hanya didasarkan atas kebutuhan saja atau manusia mempunyai kebutuhan sehingga disebut permintaan absolut atau potensial. Dengan kebutuhan ini manusia atau individu mempunyai permintaan akan barang. Banyaknya penduduk suatu negara menunjukkan pula besarnya permintaan masyarakat negara tersebut akan suatu barang tertentu.

 

Hukum Permintaan

Hukum permintaan menyatakan, “Jika harga suatu barang naik, maka jumlah yang diminta akan barang tersebut turun. Dan jika harga suatu barang turun, maka jumlah yang diminta barang tersebut naik cateris paribus” (Sadono, 2003).

 

Rumah Tangga Sebagai Konsumen

Konsumen adalah semua anggota masyarakat yang menerima uang dan kemudian membelanjakan untuk pembelanjaan barang dan jasa. Dalam perekonomian konsumen bertindak sebagai pemakai barang dan jasa untuk dikonsumsi. Konsumen pada umumnya terdiri dari individu atau perorangan dalam masyarakat dalam kenyataannya sebagian besar terkumpul dalam suatu rumah tangga.

 

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian kepustakaan yang dilakukan yaitu terhadap hasil penelitian dan buku yang terkait tentang permintaan listrik.

Penelitian lapangan yang dilakukan yaitu terhadap sampel rumah tangga yang menjadi pelanggan listrik di Dusun Nambongan, Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2007.

Data yang diperlukan di atas dapat digali dari dua sumber, data primer dan data sekunder.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rumah tangga yang menjadi pelanggan listrik di Dusun Nambongan.

Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 rumah tangga yang menjadi pelanggan listrik di Dusun Nambongan, Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Metode analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.

 

E. Kesimpulan

  1. Pendapatan rata-rata total keluarga, pengeluaran energi, jumlah tanggungan keluarga dan luas bangunan secara keseluruhan mempengaruhi permintaan listrik pada rumah tangga di Dusun Nambongan, hal ini terlihat dari pengujian serentak yang telah dilakukan yaitu nilai f statistik > f tabel.
  2. Hasil pengujian secara individual menunjukkan bahwa variabel pendapatan rata-rata total keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap permintaan listrik pada rumah tangga dan sesuai dengan hipotesa.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. S Ok. Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Inflasi di Indonesia Tahun 1990.1 – 2005.4
  2. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Kredit Perbankan pada Bank
  3. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Alokasi KUK pada Bank-Bank Umum di Indonesia
  4. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Masyarakat di Indonesia (Tahun 1988-2005)
  5. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen terhadap Listrik PAD