Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Ekonomi: Penanaman Modal Asing dn Ekspor trhdp Pertumbuhan Ekonomi

Judul Skripsi : Pengaruh Penanaman Modal Asing dan Ekspor terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Negara – Negara Muslim : 2004-2005

 

A. Latar Belakang

Pengaruh investasi asing mempunyai arti penting terhadap pertumbuhan ekonomi dan ekspor di negara-negara muslim. Sampai saat ini konsep pembangunan dengan menggunakan modal asing masih sering menimbulkan pendapat. Foreign Direct Investment (FDI) dipandang sebagai cara yang lebih efektif untuk mendorong pertumbuhan perekonomian. Dengan melalui FDI, modal asing dapat memberikan kontribusi yang lebih baik kedalam proses pembangunan. Mengingat pentingnya investasi asing untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, maka negara-negara muslim harus terus berupaya untuk membuat investasi yang kondusif dengan cara deregulasi dan debirokrasi, dengan penyederhanaan mekanisme perijinan sehingga dapat menarik minat para investor asing untuk menanamkan modalnya ke negara-negara muslim.

Bagi negara muslim yang perekonomiannya masih sangat bergantung pada pinjaman/bantuan negara lain, ekspor untuk produk-produk dengan nilai tambah yang tinggi sangatlah penting. Akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan, ekspor diharapkan dapat menjadi motor penggerak proses pemulihan ekonomi nasional. Berdasarkan uraian diatas maka penulis mengambil judul “Pengaruh Penanaman Modal Asing dan Ekspor terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Negara-Negara Muslim : 2004-2005”.

 

B. Rumusan Masalah

Pokok Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pengaruh penanaman modal asing dan ekspor terhadap pertumbuhan ekonomi di negara – negara muslim pada tahun 2004 dan tahun 2005.

 

C. Landasan Teori

Arti Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi adalah proses terjadi kenaikan produk nasional bruto riel atau pendapatan nasional riel. Jadi perekonomian dikatakan tumbuh atau berkembang bila terjadi pertumbuhan output riel. Output total riel suatu perekonomian bisa juga tetap konstan atau mengalami penurunan sepanjang waktu. Ini berarti perekonomian statis atau mengalami penurunan (stagnasi). Perubahan ekonomi meliputi baik pertumbuhan, statis ataupun stagnasi pendapatan nasional riel. Penurunan merupakan perubahan negatif, sedangkan pertumbuhan merupakan perubahan positif (Faried Wijaya, 1990 : 262).

Penanaman Modal Asing (PMA)

Penanaman modal asing (PMA) merupakan aliran arus modal yang berasal dari luar negri yang mengalir ke sektor swasta baik yang melalui investasi langsung (Direct Investment) maupun investasi tidak langsung (Portofolio). (Suyatno, 2003;72)

 

Ekspor

Kegiatan ekspor adalah sistem perdagangan dengan cara mengeluarkan barang-barang dari dalam negeri keluar negeri dengan memenuhi ketentuan yang berlaku. Ekspor merupakan total barang dan jasa yang dijual oleh sebuah negara ke negara lain, termasuk diantara barang-barang, asuransi, dan jasa-jasa pada suatu tahun tertentu (Bambang Triyoso, 1984).

 

D. Metode Penelitian

Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder.

Tingkat pertumbuhan ekonomi yang digunakan dalam perhitungan menggunakan GDP riil pada tahun 2004 dan tahun 2005 yang dinyatakan dalam persen.

Pengujian statistik ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah model regresi non linier merupakan model yang tepat untuk menggambarkan hubungan antar variabel dan apakah ada hubungan yang signifikan diantara variabel-variabel dependen dengan variabel-variabel penjelas.

Pengujian ini dilakukan atau dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya autokorelasi, heteroskedastisitas, dan multikoliniaritas.

 

E. Kesimpulan

  1. Dari hasil estimasi yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa Penanaman Modal Asing (PMA) dan Ekspor berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap Pertumbuhan Ekonomi di negara-negara muslim pada tahun 2004-2005.
  2. Hasil pengujian yang sudah dilakukan, variabel Penanaman Modal Asing (PMA) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di negara-negara muslim.
  3. Hasil pengujian yang sudah dilakukan, variabel Ekspor pengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di negara-negara muslim pada tahun 2004-2005.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Pengaruh Penanaman Modal Asing dan Ekspor terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Negara
  2. Pengaruh Tenaga Kerja, Ekspor dan Inflasi terhadap Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Propinsi
  3. Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Bagi Hasil terhadap Deposito Mudharabah ( Bank Syariah Mandiri )
  4. Analisis Biaya – Volume – Laba Sebagai Alat Bantu Perencanaan Laba
  5. Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Dividen Kas di Bursa Efek Jakarta