Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Ekonomi: Faktor yg Mempengaruhi Besarnya Pengambilan Kredit olh Masyarakat

Judul Skripsi : Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besarnya Pengambilan Kredit oleh Masyarakat pada Perum Pegadaian (Studi Kasus di Perum Pegadaian Cabang Klaten)

 

A. Latar Belakang

Masyarakat umumnya hanya mengetahui kalau pegadaian itu hanya melayani jasa gadai saja. Produk pegadaian cukup banyak, seperti jasa taksiran, jasa titipan, galeri 24 & koin emas, usaha persewaan gudang, unit produksi perhiasan emas dan balai lelang. Perum pegadaian mulai membangun citra baru yang menarik, yakni ”Menyelesaikan masalah tanpa masalah”(Kasmir 2002:248).

Usaha Perum Pegadaian di Kantor Wilayah Surakarta, telah terjadi peningkatan di tahun 2006 dalam hal pemberian uang pinjaman kepada masyarakat, jika dibandingkan dengan tahuntahun sebelumnya, peningkatan di tahun 2006 dirasa sangat berarti, ini membuktikan bahwa Perum Pegadaian mampu menarik minat masyarakat dengan kemudahankemudahan kredit yang ditawarkannya.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Bagaimana pengaruh tingkat pendapatan terhadap besarnya pengambilan kredit di Perum Pegadaian?
  2. Bagaimana pengaruh rasio nilai taksiran dengan jumlah pinjaman terhadap besarnya pengambilan kredit di Perum Pegadaian?

 

C. Landasan Teori

Lembaga Keuangan

Lembaga keuangan sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, karena kegiatan kredit sudah sangat biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam setiap sendi kehidupan masyarakat. Definisi secara umum dari lembaga keuangan tersebut adalah setiap perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, menghimpun dana, menyalurkan dana atau keduaduanya (Kasmir 2002:2).

Pengertian Bank

Bank berasal dari bahasa Italia yaitu banco yang artinya meja untuk penitipan atau penukaran uang di pasar. Pengertian bank menurut Malayu S.P Hasibuan (1994:9) ”Bank adalah lembaga keuangan, pencipta uang, pengumpul dana dan pemberi kredit, mempermudah pembayaran dan penagihan, stabilisator moneter dan dinamisator pertumbuhan ekonomi”. Sedangkan menurut Ruddy Tri Santoso (1996:1) ”Bank adalah suatu industri yang bergerak dibidang kepercayaan, yang dalam hal ini adalah sebagai media perantara keuangan (financial intermediary) antara debitur dan kreditur dana”.

Penggunaan Kredit untuk Kebutuhan Konsumsi Rumah Tangga

Beban konsumsi yang semakin lama semakin meningkat menyebabkan tingginya angka pengeluaran belanja, sehingga masyarakat akan cenderung mencari pemasukan diluarpendapatannya dengan mengambil kredit untuk mencukupi kebutuhan tersebut, salah satunya adalah mengambil kredit di Perum Pegadaian. Konsumsi Rumah Tangga diartikan sebagai nilai perbelanjaan yang dilakukan oleh rumah tangga untuk membeli berbagai jenis kebutuhannya dalam satu tahun tertentu (Sadono Sukirno, 1995 : 38)

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode survey dengan nasabah Perum Pegadaian sebagai obyek penelitian.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Perum Pegadaian Cabang Klaten yang melunasi kredit di bulan april 2009, menurut sumber dari Perum Pegadaian Cabang Klaten yaitu sebanyak 226 nasabah.

Jenis dan Sumber data yaitu data primer dan sekunder.

Pengujian terhadap hipotesis yang telah diajukan, dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.

 

E. Kesimpulan

Secara bersama-sama menunjukkan bahwa variabel Tingkat Pendapatan, Rasio Nilai Taksiran dengan Jumlah Uang Pinjaman, Tanggungan Keluarga, Jangka Waktu Pengembalian Kredit, Penggunaan Kredit untuk Kosumsi Rumah Tangga dan Tingkat Pendidikan, berpengaruh positif dan signifikan dalam taraf signifikansi 5% terhadap besarnya pengambilan kredit di Perum Pegadaian Cabang Klaten.

Secara Individual menunjukkan bahwa variabel Tingkat Pendapatan, Tanggungan Keluarga, Jangka Waktu Pengembalian Kredit, Penggunaan Kredit untuk Konsumsi Rumah Tangga dan Tingkat Pendidikan, berpengaruh positif dan signifikan dalam taraf signifikansi 5% terhadap besarnya pengambilan kredit di Perum Pegadaian Cabang Klaten.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Pengaruh Penganggaran Partisipatif, Asimetri Informasi dan Pemanfaatan Teknologi
  2. Analisis Faktorfaktor yang Mempengaruhi Besarnya Pengambilan Kredit Oleh Masyarakat
  3. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Kredit Umkm Pada Perbankan
  4. Proses Sales Contract PT. Dewi Samudra Kusuma Sondakan, Surakarta
  5. Strategi Pemasaran Eksport Pada Pt. Iskandar Indah Printing Textile di Surakarta

 

Incoming search terms: