Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Ekonomi: Evaluasi Sistem Akuntansi Pengeluaran Barang

Judul Skripsi : Evaluasi Sistem Akuntansi Pengeluaran Barang pada PT Amalia Surya Cemerlang Klaten

 

A. Latar Belakang

Sistem akuntansi merupakan organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasikan sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan (Mulyadi, 1997: 3). Sedangkan sistem pengendalian intern meliputi struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi, mendorong efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen (Mulyadi, 1997: 165).

PT Amalia Surya Cemerlang merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak pada bidang meubel. Sebagai suatu perusahaan manufaktur, maka persediaan bahan baku dan bahan penolong memiliki arti yang sangat penting karena merupakan aset perusahaan, dimana dana yang ditanamkan di dalam persediaan sangat besar dan persediaan bahan baku dan bahan penolong ini digunakan dalam proses produksi. Di dalam melaksanakan proses produksi, bagian produksi harus meminta barang pada bagian gudang. Untuk memperoleh barang dari gudang diperlukan formulir atau dokumen yang digunakan untuk mencatat terjadinya transaksi pengeluaran barang sehingga dapat digunakan sebagai bukti tertulis untuk pencatatan lebih lanjut.

 

B. Rumusan Masalah

“Apakah sistem akuntansi pengeluaran barang pada PT Amalia Surya Cemerlang sudah efektif dan efisien?”.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Sistem

Menurut Mulyadi (1997: 6) mendefinisikan: Sistem adalah suatu jaringan prosedur yang dibuat menurut pola yang terpadu untuk melaksanakan kegiatan pokok perusahaan. Prosedur adalah suatu urutan kegiatan klerikal, biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu departemen atau lebih, yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang.

Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi adalah formulir-formulir, catatan-catatan, prosedurprosedur, dan alat-alat yang digunakan untuk mengolah data mengenai usaha suatu kesatuan ekonomis dengan tujuan untuk menghasilkan umpan balik dalam bentuk laporan-laporan yang diperlukan oleh manajemen untuk mengawasi usahanya, dan bagi pihak-pihak lain yang berkepentingan seperti pemegang saham, kreditur, dan lembaga-lembaga pemerintah untuk menilai hasil operasi.

Sistem Pengendalian Intern

Menurut Mulyadi (1997: 165) mendefinisikan: Sistem Pengendalian Intern meliputi struktur organisasi, metode dan ukuranukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi, mendorong efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen.

 

D. Metode Penelitian

Data yang diperoleh penulis dari PT ASC Klaten dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara kepada bagian yang terkait, kuesioner, observasi, studi pustaka dan mengumpulkan dokumen-dokumen yang ada dalam perusahaan yang berkaitan dengan transaksi pengeluaran barang.

 

E. Kesimpulan Skripsi

  1. Bagian yang terkait

Bagian yang terkait dalam transaksi pengeluaran barang dilaksanakan oleh bagian–bagian yang terpisah, yaitu: bagian gudang, bagian produksi, danbagian akuntansi. Secara umum pelaksanaan transaksi pengeluaran barang berjalan efektif dan efisien. Masing-masing bagian melaksanakan pekerjaan sesuai dengan fungsinya.

2. Dokumen

Dokumen yang digunakan dalam transaksi pengeluaran barang, yakni Laporan Proses Pembahanan dan Laporan Pendistribusian Komponen bernomor urut tercetak, tetapi pendistribusian belum dilakukan ke bagian yang terkait, tidak terdapatnya tanda tangan penyerah barang (bagian gudang) dan tidak terdapat indek silang dengan Surat Perintah Kerja yang digunakan sebagai dasar penerbitan.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Evaluasi Sistem Akuntansi Pengeluaran Barang pada PT Amalia Surya Cemerlang Klaten
  2. Analisis Pengaruh Variabel Internal Perusahaan dan Variabel Makro Ekonomi terhadap Harga Saham
  3. Peranan Perusahaan Jasa Ekspedisi Muatan Kapal Laut dan Freight Forwarder dalam Transaksi Ekspor – Impor (Studi Kasus Pada Pt. Berdikari (Persero) Surabaya)
  4. Pengaruh Penganggaran Partisipatif, Asimetri Informasi dan Pemanfaatan Teknologi
  5. Analisis Faktorfaktor yang Mempengaruhi Besarnya Pengambilan Kredit oleh Masyarakat