Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Ekonomi: Analisis Kinerja Keuangan dan Kinerja Saham Perusahaan Bersertifikat ISO

Judul Skripsi : Analisis Kinerja Keuangan dan Kinerja Saham Perusahaan Bersertifikat ISO (Studi Empiris pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia)

 

A. Latar Belakang Skripsi

Semakin kritis konsumen, maka semakin banyak pula tuntutan kualitas akan suatu produk, diantaranya ada yang mensyaratkan sertifikat ISO bagi produk yang akan dibelinya. Konsumen akan merasa yakin untuk membeli produk yang bersertifikat ISO karena hal itu menunjukkan jaminan perusahaan untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Semakin banyak perusahaan yang menerapkan sistem manajemen kualitas dengan tujuan untuk mendapatkan sertifikat ISO. Disamping karena permintaan konsumen, alasan lain suatu organisasi berusaha mendapatkan sertikat ISO adalah keuntungan yang didapat dari implementasi tersebut, diantaranya adalah peningkatan efisiensi, produktivitas, dan kualitas.

Sistem manajemen kualitas merupakan sekumpulan prosedur terdokumentasi dan praktek-praktek standar untuk sistem manajemen mutu yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk terhadap kebutuhan atau persyaratan yang ditetapkan oleh pelanggan dan organisasi atau perusahaan. Isu mengenai lingkungan juga menjadi hal yang penting dari kegiatan bisnis saat ini. Meningkatnya pembicaraan mengenai lingkungan dalam agenda politik dan sosial, khususnya masalah pencemaran lingkungan dan penurunan kualitas lingkungan hidup menjadi pertanda mengenai pentingnya isu lingkungan. Dalam dua dekade terakhir ini memang kerap muncul keprihatinan global terhadap dampak negatif akibat tingginya pertumbuhan agro industri maupun industri manufaktur yang mengakibatkan tercemarnya lingkungan. Itulah sebabnya, keberadaan suatu system standardisasi kian dirasakan urgensinya. Hal ini pulalah yang mendorong organisasi ISO mendirikan Strategic Advisory Group on Environment (SAGE) yang bertugas meneliti kemungkinan mengembangkan sistem standar di bidang lingkungan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan pada perusahaan sebelum dan sesudah bersertifikat ISO?
  2. Apakah kinerja keuangan perusahaan yang bersertifikat ISO berbeda dengan perusahaan non-sertifikat ISO?

 

C. Landasan Teori

Manajemen Kualitas

Garvin (1988) berpendapat bahwa kualitas adalah suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, manusia/tenaga kerja, proses dan tugas, serta lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan atau konsumen. Selera atau harapan konsumen pada suatu produk selalu berubah sehingga kualitas produk juga harus berubah atau disesuaikan. Dengan perubahan kualitas produk tersebut, diperlukan perubahan atau peningkatan keterampilan tenaga kerja, perubahan proses produksi dan tugas, serta perubahan lingkungan perusahaan agar produk dapat memenuhi atau melebihi harapan konsumen.

ISO Standard

ISO (International Organization for Standardization) adalah organisasi internasional yang berkedudukan di Genewa, Swiss. Organisasi ini merupakan organisasi non-pemerintah yang didirikan pada tahun 1974. Organisasi ini mengeluarkan standar yang berlaku global adalah ISO 9000 yaitu standar mutu dan ISO 14000 yaitu standar manajemen lingkungan (Rothery, 1996).

Kinerja Perusahaan

Menurut Parker dalam Trinugroho (2005), kinerja (performance) merupakan gabungan dari kemampuan untuk melakukan pekerjaan dan memotivasi untuk berprestasi. Motivasi berprestasi merupakan gabungan dari kemungkinan bahwa usaha tersebut akan mendapat penghargaan dan nilai penghargaan tersebut bagi individu.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan data sekunder.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang memperoleh sertifikasi ISO seri 9000 dan 14000.

Teknik pengambilan sampel dilakukan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari pihak eksternal.

Metode analisis data dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan alat statistik deskriptif dan pengujian hipotesis.

 

E. Kesimpulan

Tidak ada perbedaan kinerja perusahaan yang mendapat sertifikasi ISO, dimungkinkan oleh beberapa hal yaitu: 1) Terlalu pendeknya jangka waktu penelitian. Kemungkinan dalam beberapa tahun kedepan hasil proses manajemen kualitas tersebut baru akan terlihat, sementara peneliti hanya menggunakan periode penelitian dua tahun sebelum dan dua tahun sesudah perolehan sertifikasi, 2) Sebelum perusahaan-perusahaan tersebut memperoleh sertifikasi ISO, mereka telah memiliki manajemen pemasaran yang baik, sehingga sertifikasi ISO tidak membawa pengaruh yang berarti, 3) Perusahaan yang melakukan sertifikasi ISO tersebut memperoleh sertifikat hanya untuk memenuhi tuntutan bisnis saja, tanpa disertai dengan penerapan lebih lanjut pada sistem manajemennya.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Analisis Pola Konsumsi Masyarakat Pasca Bencana Gempa Bumi dan Strategi-Strategi Yang Diterapkan
  2. Analisis Pola Konsumsi Masyarakat Pasca Bencana Gempa Bumi Dan Strategi-Strategi Yang Diterapkan
  3. Analisis Rasio Camel terhadap Ekspansi Kredit Bank Umum Swasta Nasional Devisa dan Bank Umum
  4. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Jagung di Pasar Domestik Tahun 1984-2008
  5. Evaluasi Sistem Akuntansi Pengeluaran Barang pada PT Amalia Surya Cemerlang Klaten