Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Akutansi: Sistem Akuntansi Penerimaan Kas

Judul Skripsi : Sistem Akuntansi Penerimaan Kas pada PD. BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon

 

A. Latar Belakang

Perusahaan Daerah (PD) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Badan Kredit Kecamatan (BKK) merupakan suatu lembaga kredit kecamatan yang dibentuk pemerintah daerah untuk meningkatkan kemampuan golongan ekonomi lemah terutama perekonomian pedesaan. Pada PD. BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon transaksi penerimaan kasnya berasal dari setoran tunai yaitu dari setoran penerimaan tabungan baru maupun lama dan setoran angsuran atau pelunasan kredit.

Pada sistem akuntansi penerimaan kas PD. BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon permasalahan yang ditemui adalah adanya layanan yang kurang memuaskan bagi para nasabah karena sering terjadi antrian yang panjang dikarenakan petugas pada bagian kasir hanya satu orang saja. Selain itu kurang efektifnya seksi dana dan seksi kredit dalam melaksanakan tugas karena adanya tugas yang seharusnya dilakukan oleh seksi dana, seksi kredit dan kasir namun hanya dilakukan oleh fungsi kasir yaitu mengotorisasi slip penerimaan tabungan dan slip pinjaman. Permasalahan yang lain adalah tidak adanya fungsi pemeriksa intern pada perusahaan karena fungsi pemeriksa internnya hanya berasal dari kantor pusat.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apa saja fungsi yang terkait dalam sistem akuntansi penerimaan kas pada PD. BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon?
  2. Apa saja catatan akuntansi yang digunakan dalam sistem akuntansi penerimaan kas pada PD. BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon?
  3. Apa saja dokumen yang digunakan dalam sistem akuntansi penerimaan kas pada PD. BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon?

 

C. Landasan Teori

Akuntansi

Definisi akuntansi yang dikeluarkan oleh American Institute Of Certified Public Accountans (AICPA) adalah suatu kegiatan jasa. Fungsinya adalah menyediakan data kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat keuangan, dari kesatuan usaha ekonomi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dalam memilih alternatifalternatif dari suatu keadaan (Baridwan, 1992: 1).

Pengertian Bank

Menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang perbankan sebagaimana telah diubah dengan Undang- Undang Nomor 10 Tahun 1998, pengertian bank adalah Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Pengertian bank menurut PSAK Nomor 31 dalam Standar Akuntansi Keuangan (1999: 311) adalah suatu lembaga yang berperan sebagai perantara keuangan antara pihak-pihak yang memiliki kelebihan dana dan pihak-pihak yang memerlukan dana, serta sebagai lembaga yang berfungsi memperlancar lalu lintas pembayaran.

Pengertian KAS

Menurut Santoso (1996: 54-56), kas adalah unit yang menetap dari kantor bank yang sudah ada dan yang melakukan kegiatan kas dalam rangka pemberian pelayanan kepada nasabahnya, atau tempat membayar atau menerima setoran tunai dari nasabah. Selain daripada itu, Seksi Kas juga mempunyai hubungan dengan seksi-seksi lainnya dan juga sebagai penanggung jawab dalam aktivitas-aktivitas yang menyangkut pembayaran secara tunai.

 

D. Metode Penelitian

Lokasi penelitian di PD BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon yang beralamat di Jl. Raya Blora-Cepu Km 7 kecamatan Jepon kabupaten Blora.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.

Data yang dikumpulkan disajikan dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.

 

E. Kesimpulan

  1. Fungsi yang terkait dalam sistem akuntansi penerimaan kas pada PD. BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon adalah kasir, seksi dana, seksi kredit, seksi pembukuan dan fungsi pemeriksa intern. Meskipun fungsi yang terkait hampir sama namun tugas seksi dana dan seksi kredit dalam mengotorisasi slip setoran tunai diserahkan kepada fungsi kasir. Dalam unsur pengendalian internnya diperlukan adanya fungsi pemeriksa intern pada perusahaan untuk dapat melakukan pemeriksaan pada laporan keuangan secara periodik.
  2. Pada bagan alir sistem akuntansi penerimaan kas pada PD. BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon, tugas untuk mengotorisasi slip setoran tunai diserahkan kepada fungsi kasir saja untuk memudahkan nasabah dalam melakukan setoran tunai pada perusahaan.

Contoh Skripsi Akutansi

  1. Pengaruh Income Smoothing (Perataan Laba) Terhadap Earning Respone (Reaksi Pasar)
  2. Sistem Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada Rumah Sakit Kristen Tayu
  3. Sistem Akuntansi Penerimaan Kas Pada Pd. Bpr Bkk Blora Kota Cabang Jepon
  4. Pembelian Bahan Baku Sbagai Alat Bantu Auditor Untuk Menentukan Luas Pemerikasaan Pembelian Bahan Baku
  5. Pemeriksaan Operasional Atas Aktivitas Penjualan Untuk Meningkatkan Efisiensi Dan Efektivitas Penjualan