Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Akutansi: Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada Rumah Sakit

Judul Skripsi :  Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada Rumah Sakit Kristen Tayu

 

A. Latar Belakang Skripsi

Penerimaan Kas perusahaan bersumber dari konsumen, yaitu dari penjualan barang dan jasa yang dihasilkan. Pada saat pembentukan dana perusahaan, sumber keuangan selanjutnya berasal dari Pendapatan dan Pinjaman / Utang. Sedangkan Pengeluaran Kas dipergunakan untuk membiayai kegiatan perusahaan, seperti biaya perbaikan aktiva tetap, pengadaan sarana dan prasarana, pembelian bahan baku usaha, biaya gaji karyawan, biaya operasional perusahaan dan lain sebagainya.

Pada perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang, laba usaha dapat ditarget dengan meningkatkan target penjualan melalui promosi, iklan dan sebagainya. Pada sebuah Rumah Sakit, sangat sulit mengukur prestasi pengelolaan Rumah Sakit, karena Laba yang dihasilkan dari Laporan Keuangan antara satu periode dengan periode yang lain tidak sama, dalam arti laba pada sebuah Rumah Sakit tidak bisa ditarget besar kecilnya. Kita tidak akan tahu berapa jumlah pasien yang akan mempercayakan dirinya pada Rumah Sakit tersebut untuk berobat maupun perawatan kesehatan. Sehingga pihak Rumah Sakit akan sulit untuk menentukan besarnya target laba usaha pada suatu periode.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada Rumah Sakit Kristen Tayu ?
  2. Apa saja Kelemahan dan Kelebihan Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada RSK Tayu ?
  3. Bagaimana Efektifitas Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada Rumah Sakit Kristen Tayu ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Sistem Akuntansi

Sistem Akuntansi adalah organisasi, formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasikan sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan (Mulyadi, 2003: 3). Sistem Akuntansi adalah formulir, catatan dan alat yang digunakan untuk mengolah data mengenai usaha suatu kesatuan yang ekonomis dengan tujuan untuk menghasilkan umpan balik dalam bentuk laporan-laporan yang digunakan oleh manajemen untuk mengawasi usahanya, dan bagi pihak-pihak lain yang berkepentingan (Zaki Baridwan, 1998: 4).

Sistem Akuntansi Penerimaan Kas

Penerimaan Kas perusahaan berasal dari dua sumber utama yaitu dari penjualan tunai dan dari piutang. Penerimaan Kas dari penjualan tunai dapat berupa uang tunai credit card sale slip, atau cek pribadi (personal check). Penerimaan Kas dari piutang dapat berupa cek atau giro Bilyet (Mulyadi, 2001: 500).

Penerimaan Kas dari Piutang

Sumber Penerimaan Kas suatu perusahaan biasanya berasal dari pelunasan piutang dari debitur. Berdasarkan Sistem Pengendalian Intern yang baik, Sistem Penerimaan Kas dari piutang harus menjamin diterimanya kas dari debitur oleh perusahaan, bukan oleh karyawan yang tidak berhak menerimanya.

 

D. Metode Penelitian

Lokasi Penelitian dilaksanakan di Rumah Sakit Kristen Tayu (RSK Tayu).

Kajian dalam Tugas Akhir ini adalah Sistem Penerimaan Kas dan Sistem

Pengeluaran Kas. Metode Pengumpulan Data yang digunakan adalah Dokumentasi, Interview / wawancara, Observasi, Kepustakaan / Studi Pustaka.

Sedangkan Metode Analisis Data yang digunakan adalah menggunakan Metode Diskriptif Kualitatif.

 

E. Kesimpulan

  1. Pada dasarnya Sistem Akuntansi Penerimaan Kas di RSK Tayu terdiri dari Penerimaan Kas Rawat Inap dan Penerimaan Kas Rawat Jalan (baik Pasien Umum maupun JPK-MM). Penerimaan Kas dari pasien Umum diterima oleh Bagian Kasir setelah pasien memperoleh pelayanan dari RSK Tayu. Untuk Penerimaan Kas dari JPK-MM, RSK Tayu mengklaimkan seluruh biaya yang dikeluarkan oleh pihak RSK Tayu untuk melayani pasien JPKMM melalui pencairan dana perawatan dari PT. Askes.
  2. Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada RSK Tayu sudah dilaksanakan secara sistematis sesuai Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas yang digunakan oleh Rumah Sakit-Rumah Sakit lain.
  3. Pada saat terjadi kesalahan Pencatatan oleh bagian Kasir, Bagian Keuangan dan bagian Pembukuan, masing-masing bagian ini saling berkoordinasi dan langsung mengadakan koreksi terhadap Sistem Penerimaan dan Pengeluaran Kas. Hal ini membuktikan bahwa dari masing-masing bagian dalam Bagian Keuangan ini mempunyai Pengendalian Intern yang tinggi, sehingga akan sulit memungkinkan terjadinya Penyelewengan Kas atau Penggelapan Kas.

 

Contoh Skripsi Akutansi

  1. Pengaruh Income Smoothing (Perataan Laba) Terhadap Earning Respone (Reaksi Pasar)
  2. Sistem Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada Rumah Sakit Kristen Tayu
  3. Sistem Akuntansi Penerimaan Kas Pada Pd. Bpr Bkk Blora Kota Cabang Jepon
  4. Pembelian Bahan Baku Sbagai Alat Bantu Auditor Untuk Menentukan Luas Pemerikasaan Pembelian Bahan Baku
  5. Pemeriksaan Operasional Atas Aktivitas Penjualan Untuk Meningkatkan Efisiensi Dan Efektivitas Penjualan