Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Akutansi: Penggunaan Informasi Keuangan utk Memprediksi Laba n Arus Kas

Judul Skripsi : Penggunaan Informasi Keuangan untuk Memprediksi Laba dan Arus Kas Perusahaan Go Public di Indonesia

 

A. Latar Belakang

Analisis laporan keuangan biasanya didasarkan pada laporan keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan dan informasi ekonomi lainnya tentang perusahaan. Keberhasilan dalam mencapai suatu tingkat laba tertentu tidak lepas dari keberhasilan kinerja manajemen perusahaan. Untuk mengetahui seberapa baik kinerja manajemen perusahaan, dapat dilakukan dengan melihat dan mengevaluasi jumlah laba yang dihasilkan perusahaan sehingga bisa memperkirakan return yang diperoleh investor atas investasinya.

Informasi laba yang merupakan komponen dari laporan keuangan memiliki potensi yang sangat penting baik bagi pihak intern maupun ekstern. Menurut Statement of Financial Accounting Concept (SFAC) No. 1, informasi laba memiliki manfaat sebagai berikut : menilai kinerja manajemen; membantu mengestimasi kemampuan laba yang representatif dalam jangka panjang; memprediksi laba dan menaksir resiko dalam investasi atau kredit.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah perubahan laba, piutang, sediaan, biaya administrasi dan penjualan, ratio laba kotor terhadap penjualan serta arus kas merupakan prediktor laba di masa mendatang ?
  2. Apakah perubahan laba, piutang, sediaan, biaya administrasi dan penjualan, ratio laba kotor terhadap penjualan serta arus kas merupakan prediktor arus kas di masa mendatang ?

 

C. Landasan Teori

Karakteristik Informasi Akuntansi

Informasi akuntansi merupakan bagian terpenting dari seluruh informasi yang diperlukan oleh manajemen. Informasi akuntansi terutama berhubungan dengan data keuangan perusahaan, agar data keuangan yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik oleh manajemen maupun pihak eksternal perusahaan.

Pengertian Laporan Keuangan

Menurut IAI (2002) laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan (yang dapat disajikan dalam berbagai cara misalnya, sebagai laporan arus kas, atau laporan arus dana), catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan. Disamping itu juga termasuk skedul dan informasi tambahan yang berkaitan dengan laporan tersebut, misalnya, informasi keuangan segmen industri dan geografis serta pengungkapan pengaruh perubahan harga.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas merupakan suatu laporan yang dapat memberikan informasi tentang penerimaan dan pengeluarn kas dalam periode tertentu. Laporan arus kas adalah laporan yang berisi informasi mengenai kemampuan suatu perusahaan dalam menghasilkan kas atau setara kas selama satu periode tertentu.

 

E. Metode Penelitian

Populasi yang diteliti adalah perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) selama lima periode yaitu mulai tahun 1999-2004.

Dalam penelitian ini secara keseluruhan merupakan data kuantitatif yaitu data yang diukur dalam suatu skala numerik (angka).

Pengolahan data yang dipersiapkan untuk analisis regresi menggunakan program SPSS 11.0.

Pengujian dikatakan valid jika memenuhi asumsi klasik, yaitu tidak adanya unsur multikolinearitas, heteroskedastisitas dan autokorelasi.

 

E. Kesimpulan Skripsi

  1. Hasil pengujian melalui teknik regresi linier berganda untuk memprediksi perubahan laba satu tahun ke depan secara bersama menunjukkan bahwa variabel informasi keuangan (perubahan laba, perubahan piutang, perubahan sediaan, perubahan biaya administrasi dan penjualan, perubahan Gross Profit to Sales, dan perubahan arus kas) adalah signifikan sebagai prediktor dengan tingkat kesalahan 5%. Prediksi perubahan laba satu tahun ke depan secara parsial menunjukkan bahwa variabel perubahan laba dan perubahan Gross Profit to Sales berpengaruh secara signifikan, sedangkan variabel perubahan piutang, perubahan sediaan, perubahan biaya administrasi dan penjualan, serta perubahan arus kas tidak signifikan atau gagal diterima.
  2. Hasil pengujian melalui teknik regresi linier berganda untuk memprediksi perubahan laba dua tahun ke depan secara bersama menunjukkan bahwa variabel informasi keuangan (perubahan laba, perubahan piutang, perubahan sediaan, perubahan biaya administrasi dan penjualan, perubahan Gross Profit to Sales, dan perubahan arus kas) adalah signifikan sebagai prediktor dengan tingkat kesalahan 5%. Prediksi perubahan laba dua tahun ke depan secara parsial menunjukkan bahwa variabel perubahan Gross Profit to Sales berpengaruh secara signifikan, sedangkan variabel perubahan laba, perubahan piutang, perubahan sediaan, perubahan biaya administrasi dan penjualan, serta perubahan arus kas tidak signifikan atau gagal diterima.
  3. Hasil pengujian melalui teknik regresi linier berganda untuk memprediksi perubahan laba tiga tahun ke depan secara bersama maupun secara parsial menunjukkan bahwa variabel informasi keuangan (perubahan laba, perubahan piutang, perubahan sediaan, perubahan biaya administrasi dan penjualan, perubahan Gross Profit to Sales, dan perubahan arus kas) adalah tidak signifikan sebagai prediktor dengan tingkat keyakinan 5%.

 

Contoh Skripsi Akutansi

  1. Penggunaan Informasi Keuangan untuk Memprediksi Laba dan Arus Kas Perusahaan Go Public di Indonesia
  2. Analisis Pengaruh Faktor Fundamental dan Kurs Valuta Asing terhadap Return Saham Sektor Telekomunikasi
  3. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing pada Perusahaan yang Go Public
  4. Analisis Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan dalam Memprediksi Perubahan Laba pada Perusahaan Manufaktur
  5. Hubungan Antara Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban dengan Efektivitas Pengendalian Biaya