Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Akutansi: Pengaruh Faktor Fundamental dan Kurs Valuta Asing trhdp Return Saham

Judul Skripsi : Analisis Pengaruh Faktor Fundamental dan Kurs Valuta Asing terhadap Return Saham Sektor Telekomunikasi di Bursa Efek Jakarta Tahun 2003-2005

 

A. Latar Belakang

Rasio profitabilitas adalah rasio yang mengukur seberapa besar kemampuan perusahaan untuk mencetak laba. Kinerja suatu perusahaan akan baik apabila penggunaan aset-aset dilakukan secara tepat dan benar, sehingga dengan demikian laba yang dihasilkan dapat dimaksimalkan. Ini sejalan dengan tujuan investor yaitu memperoleh deviden, dan deviden akan diperoleh jika perusahaan mendapatkan laba. Untuk mengukur efektivitas perusahaan dalam menghasilkan laba dengan memanfaatkan aset yang dimilikinya digunakan rasio return on assets (ROA).

Sejauh ini laporan keuangan, khususnya neraca dan earnings masih diyakini sebagai alat yang handal bagi para pemakainya untuk mengurangi risiko ketidakpastian dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi. Laporan earnings sampai saat ini masih terdapat kontradiksi atas kesimpulan yang dihasilkan berkaitan dengan manfaat isi informasi yang kandungannya, khususnya kemampuan earnings untuk memprediksi benefit investasi modal masa depan, yaitu arus kas dalam jangka pendek. Demikian juga halnya dengan laporan arus kas yang telah diwajibkan oleh IAI untuk dilaporkan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari laporan keuangan tahunan perusahaan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah faktor fundamental yang meliputi dept to equity ratio (DER), return on equity (ROE), price earning ratio (PER), dan earning per share (EPS), return on assets (ROA), dan kurs dollar Amerika secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap harga saham sektor telekomunikasi di Bursa Efek Jakarta periode tahun 2003-2005 ?
  2. Apakah faktor fundamental yang meliputi dept to equity ratio (DER), return on equity (ROE), price earning ratio (PER), dan earning per share (EPS), return on assets (ROA), dan kurs dollar Amerika secara parsial mempunyai pengaruh terhadap harga saham sektor telekomunikasi di Bursa Efek Jakarta periode tahun 2003-2005?

 

C. Kajian Pustaka

Pengertian Laporan Keuangan

Analisis keuangan tergantung pada informasi yang diberikan oleh laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan perusahaan merupakan salah satu sumber informasi yang penting di samping informasi lain seperti informasi industri, kondisi perekonomian yang bisa memberikan gambaran yang lebih baik mengenai prospek dan resiko perusahaan.

Pengertian Pasar Modal

Pengertian pasar modal menurut Riyanto (2001:218) adalah pasar dalam pengertian abstrak yang mempertemukan dua kelompok yang saling berhadapan tetapi kepentingannya saling mengisi, yaitu calon pemodal (investor) di satu pihak dan emiten yang membutuhkan dana jangka menengah atau jangka panjang dilain pihak, atau dengan kata lain adalah tempat (dalam artian abstrak) bertemunya penawaran dan permintaan dana jangka menengah atau jangka panjang. Dimaksud dengan pemodal adalah perorangan atau lembaga yang menanamkan dananya dalam efek, sadangkan emiten adalah perusahaan yang menerbitkan efek yang ditawarkan kepada masyarakat.

Saham

Saham dapat didefinisikan sebagai tanda penyertaan atau pemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan atau PT. Wujud dari saham adalah selembar kertas yang menerangkan bahwa pemilik kertas tersebut adalah pemilik perusahaan yang menerbitkan surat berharga tersebut. Porsi kepemilikan ditentukan oleh seberapa besar penyertaan yang ditanamkan di perusahaan tersebut.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Penelitian ini dilakukan pada BEJ (Bursa Efek Jakarta), dalam pengambilan data, penulis mendapatkan data berasal dari BEJ yang berada di pojok BEJ UII, kampus Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta selama tiga tahun terakhir, yaitu dari tahun 2003 – 2005 terdapat dua perusahaan yang tergolong dalam sektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta.

Metode pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi, menggunakan salinan arsip atau catatan perusahaan.

Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka-angka maupun data kualitatif yang diangkakan (Sugiyono 2002a:14).

Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda.

 

E. Kesimpulan

  1. Dari uji t (pengujian secara parsial) yang dilakukan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Faktor fundamental yang terdiri dari rasio, return on equity(ROE), return on assets (ROA), price earning ratio (PER), earning per share (EPS), dan kurs Rupiah terhadap Dollar Amerika dengan return saham, kecuali pada debt to equity ratio (DER) dengan tigkat signifikansi sebesar 0,039.
  2. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari Faktor fundamental yang terdiri dari rasio debt to equity ratio (DER), return on equity(ROE), return on assets (ROA), earning per share (EPS), price earning ratio (PER), dan kurs Rupiah terhadap return saham secara simultan, karena dari hasil regresi didapat bahwa tingkat signifikansi uji F adalah sebesar 0,205, dimana lebih besar daripada 0,05.

 

Contoh Skripsi Akutansi

  1. Penggunaan Informasi Keuangan untuk Memprediksi Laba dan Arus Kas Perusahaan Go Public di Indonesia
  2. Analisis Pengaruh Faktor Fundamental dan Kurs Valuta Asing terhadap Return Saham Sektor Telekomunikasi
  3. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing pada Perusahaan yang Go Public
  4. Analisis Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan dalam Memprediksi Perubahan Laba pada Perusahaan Manufaktur
  5. Hubungan Antara Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban dengan Efektivitas Pengendalian Biaya