Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Akutansi: Pengaruh DPR, EPS n Kurs Dollar trhdp Harga Saham Perusahaan Manufaktur

Judul Skripsi : Pengaruh Dividen Payout Ratio (DPR), Earning Per Share (EPS) dan Kurs Dollar terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ

 

A. Latar Belakang

Studi dari Purnomo (1998) dan Topkis (1998) sampai pada suatu kesimpulan bahwa earning per share (EPS) berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham. Hasil penelitian yang dilakukan Damayanti (2001) menunjukkan bahwa dividen payout ratio berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan earning per share tidak berpengaruh terhadap harga saham. Ketidakkonsistenan dari hasil penelitian sebelumnya memotivasi peneliti untuk meneliti kembali mengenai pengaruh dividen payout ratio, earning per share dan kurs dollar terhadap harga saham.

Alasan peneliti mengambil tingkat dividen payout ratio, earning per share dan kurs dollar sebagai variabel adalah sebagai berikut: pertama, kemampuan perusahaan menghasilkan laba bersih per lembar saham dan kemampuan perusahaan membagikan dividen merupakan indikator fundamental keuangan perusahaan, yang seringkali dipakai sebagai acuan untuk mengambil keputusan investasi dalam saham. Kedua, semakin berkembangnya pasar modal di Indonesia menuju ke arah yang efisien dimana semua informasi yang relevan bisa dipakai sebagai masukan untuk menilai harga saham. Oleh karena itu peneliti memberikan judul: ”Pengaruh Dividen Payout Ratio (DPR), Earning Per Share (EPS) dan Kurs Dollar terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ”.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah dividen payout ratio (DPR), earning per share (EPS) dan kurs dollar berpengaruh terhadap harga saham perusahaan manufaktur?
  2. Manakah diantara variabel dividen payout ratio, earning per share dan kurs dollar yang paling dominan pengaruhnya terhadap harga saham?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Pengertian Saham

Defenisi saham adalah selembar kertas yang menunjukkan hak pemodal (yaitu yang memiliki kertas tersebut) untuk memperoleh bagian dari prospek atau kekayaan organisasi yang menerbitkan sekuritas tersebut (Suad Husnan, 1993), menurut pendapat lain saham adalah surat tanda penyertaan modal pada suatu perseroan terbatas, dimana dengan memilikinya manfaat yang akan diperoleh antara lain dividen, capital gain maupun manfaat finansial.

Harga Saham

Harga saham adalah suatu saham yang mempunyai ciri untuk memperjualbelikan di bursa efek yang diukur dengan nilai mata uang (harga) dimana harga saham tersebut akan ditentukan antara kekuatan demand dan supply.

Dividen Payout Ratio

Pengertian lain Dividend Payout Ratio (DPR) adalah perbandingan antara dividen per share dengan earning per share. DPR digunakan untuk mengukur berapa rupiah yang diberikan kepada pemegang saham dari keuntungan yang diperoleh perusahaan setelah dikurang pajak. Dividen yang mengalami peningkatan dan penurunan secara drastis akan berpengaruh langsung terhadap dividen payout ratio yang dihasilkan, sehingga investor atau pemegang saham dapat melihat bahwasanya perusahaan sukar untuk diprediksi.

 

D. Metode Penelitian

Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel purpossive sampling.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.

Semua data dalam penelitian ini diperoleh dari Indonesia Capital Market Directory (ICMD) dan Jakarta Stock Exchange.

Variabel dependen dalam penelitian ini adalah harga saham perusahaan manufaktur, sementara variabel independennya adalah dividen payout ratio (DPR), earning per share (EPS) dan kurs dollar.

 

E. Kesimpulan

  1. Dalam penelitian ini variabel yang paling dominan terhadap harga saham adalah EPS. Hal ini disebabkan oleh hasil penelitian yang ditunjukkan dengan nilai sig t (0,00) yang lebih kecil dari 0,05 dan merupakan variabel yang paling signifikan berpengaruh terhadap harga saham diantara tiga variabel independen yang diuji.
  2. Uji korelasi parsial
    1. Dividen payout ratio (DPR) menunjukkan hasil dengan nilai probabilitas 0,004 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa DPR berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Dengan demikian hasil penelitian ini mendukung hipotesis 1 (H1).
    2. Earning per share (EPS) menunjukkan hasil nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa EPS berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Dengan demikian hasil penelitian ini mendukung hipotesis 2 (H2).
  3. Uji koefisien regresi secara serentak

Adanya pengaruh serentak antara DPR, EPS dan kurs dollar terhadap harga saham ditunjukkan oleh uji signifikansi nilai F. Dari hasil uji signifikansi nilai F diketahui bahwa F hitung sebesar 331,382 dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dibanding dengan tarif signifikansinya (0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen (DPR, EPS, dan kurs dollar) secara bersama-sama mempengaruhi harga saham.

 

Contoh Skripsi Akutansi

  1. Analisis Dampak Pengumuman Right Issue Terhadap Return Saham dan Likuiditas Saham di Bursa Efek Jakarta
  2. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Perusahaan Go Public di BEJ
  3. Analisis Perbandingan Resiko dan Tingkat Pengembalian Reksa Dana Syariah dan Reksa Dana Konvensional
  4. Dampak Pengumuman Bond Rating terhadap Return  Saham pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta
  5. Dampak Pengumuman Bond Rating terhadap Return Saham Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEJ 2001-2005