Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Akutansi: Laporan Keuangan pd Perusahaan Daerah Air Minum

Judul Skripsi : Analisis Laporan Keuangan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kudus

 

A. Latar Belakang

Agar laporan keuangan dapat berarti bagi pihak-pihak yang berkepentimgan maka perlu mengadakan analisa hubungan dari berbagai pos-pos dalam suatu laporan keuangan yang sering disebut analisis laporan keuangan. Dalam hal ini analisa rasio dapat dipakai dalam memberikan gambaran keadaan keuangan yang sebenarnya mengenai perkembangan perusahaan dan sehat tidaknya perusahaan tersebut melakukan usahanya.

Analisa rasio adalah menggambarkan suatu perbandingan antara jumlah tertentu (dari neraca atau rekening rugi laba) dengan jumlah yang lain. Dengan menggunakan analisa rasio dimungkinkan untuk dapat menentukan tingkat likuiditas, rentabilitas dan aktivitas suatu badan usaha.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah PDAM Kabupaten Kudus dapat memenuhi kewajibankewajiban jangka pendeknya ?
  2. Bagaimana tingkat rentabilitas PDAM Kabupaten Kudus ?
  3. Bagaimana tingkat efektifitas dan kondisi PDAM Kabupaten Kudus dalam menggunakan sumber dananya ?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Likuiditas

Likuiditas adalah berhubungan dengan masalah kemampuan suatu perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansiilnya yang segera harus dipenuhi (Bambang Riyanto,2001:25). Sedangkan menurut (Muslich, 2003:47) likuiditas menunjukkan tingkat kemudahan relatif suatu aktiva untuk segera dikonversikan ke dalam kas yang sedikit atau tanpa penurunan nilai, serta tingkat kepastian tentang jumlah kas yang dapat diperoleh.

Rentabilitas

Rentabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu (Bambang Riyanto,2001:35). Sedangkan menurut Munawir,1995:86 Rentabilitas adalah menunjukkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu.

Aktivitas

Menurut Riyanto (2001:331) Rasio aktivitas yaitu rasio yang dimaksudkan untuk mengukur seberapa besar efektivitas perusahaan dalam menggunakan dananya. Untuk mengukur rasio aktivitas dapat digunakan antara lain:

  • Total Asset Turnover

Yaitu kemampuan dana yang tertanam dalam keseluruhan aktiva yang berputar dalam perusahaan dalam satu periode tertentu atau kemampuan modal yang diinvestasikan untuk menghasilkan revenue.

  • Working Capital Turnover

Yaitu kemampuan modal kerja berputar dalam satu periode.

 

D. Metode Penelitian

Metode yang digunakan meliputi lokasi penelitian yaitu Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kudus yang terletak dijalan Mejobo No 34 Kudus.Objek kajian adalah rasio likuiditas, rasio rentabilitas dan rasio aktivitas.

Populasi dalam penelitian ini laporan keuangan yang meliputi neraca dan laporan rugi laba dan sampel dalam penelitian ini sama dengan populasi. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi dan wawancara.

Metode analisis data adalah secara deskriptif kuantitatif yaitu analisis didasarkan pada perhitungan

 

E. Kesimpulan

  1. Likuiditas PDAM Kabupaten Kudus dilihat dari current ratio maka PDAM Kabupaten Kudus dalam keadaan likuid. Dari tahun 2001-2004 menunjukkan kecenderungan semakin meningkat. Apabila sewaktuwaktu ditagih utangnya maka PDAM akan segera dapat melunasi, tetapi masih adanya dana yang mengganggur dalam aktiva lancar.
  2. Likuiditas PDAM Kabupaten Kudus dilihat dari acid test ratio maka PDAM Kabupaten Kudus dalam keadaan likuid. Dari tahun 2001-2004 menunjukkan kecenderungan semakin meningkat. Perbedaan tingginya current ratio dengan acid test ratio tidaklah terlalu jauh berbeda , hal ini menunjukkan aktiva lancar yang diinvestasikan dalam persediaan rendah. Keadaan ini sangat menguntungkan bagi PDAM Kabupaten Kudus karena persediaan tidak mudak dicairkan dan paling sering mengalami fluktuasi harga. Apabila dihubungkan dengan standar rasio perusahaan maka PDAM Kabupaten Kudus dalam keadaan likuid.

 

Contoh Skripsi Akutansi

  1. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay pada Perusahaan Go Publik
  2. Ta Analisis Laporan Keuangan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kudus
  3. Analisis Tingkat Efisiensi Penggunaan Modal Melalui Pendekatan Sistem DU Pont
  4. Kemampuan Rasio Keuangan Sebagai Alat untuk Memprediksi Peringkat Obligasi Perusahaan Manufaktur
  5. Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Dan Total Assets Turn Over