Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Akutansi: Dampak Pengumuman Right Issue trhdp Return Saham dan Likuiditas Saham

Judul Skripsi : Analisis Dampak Pengumuman Right Issue terhadap Return Saham dan Likuiditas Saham di Bursa Efek Jakarta

 

A. Latar belakang

Pengumuman right issue yang dikeluarkan oleh perusahaan, secara teoritis dan empiris bereaksi negatif terhadap harga saham atau nilai pasar perusahaan, dan hal ini adalah kejadian yang disebabkan oleh Systematic Risk. Beberapa temuan empiris yang dilakukan adalah oleh : Scholes ( 1972 ), Marsh ( 1979 ), Asquith dan Mullins ( 1986 ), Masulis dan Korwar ( 1986 ), Myers dan Majluf ( 1979 ), Barday dan Litzenberger ( 1988 ), Mikkelson dan Partch ( 1986 ), dan Kothare ( 1997 ). Temuan empiris tersebut menunjukkan bahwa nilai pasar perusahaan turun sampai dengan 3% pada saat pengumuman penambahan saham baru ( Budiarto, 1999 ).

Beberapa temuan empiris tersebut konsisten dengan model signaling theory, yang mengasumsikan adanya asimetri informasi diantara berbagai partisipan di pasar modal. Model ini menyatakan bahwa pasar akan bereaksi secara negatif karena adanya pengumuman penambahan saham baru yang mengindikasikan adanya informasi yang tidak menguntungkan ( Bad News ), tentang kondisi laba di masa mendatang, apalagi jika dana right issue digunakan untuk tujuan perluasan investasi.

 

B. Rumusan Masalah

“ Apakah pengumuman right issue berpengaruh terhadap return saham dan likuiditas saham ?”

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pasar Modal

Pasar modal adalah suatu ajang yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk memobilisasi dana, baik yang berasal dari dalam negeri maupun yang berasal dari luar negeri. Kehadiran pasar modal memperbanyak pilihan sumber dana (terutama dana jangka panjang) untuk perusahaan. Bagi investor, pasar modal merupakan wahana yang dapat dimanfaatkan untuk meng-investasikan dananya (dalam asset financial).

Pengertian Right Issue

Right Issue atau yang di Indonesia lebih dikenal sebagai HMETD atau Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu. Right issue merupakan sebuah bentuk upaya oleh emiten untuk untuk menambah jumlah lembar saham yang beredar sekaligus menghemat biaya emisi saham.

 

Pengertian Likuiditas Saham

Saham likuid adalah saham yang mudah untuk dijadikan atau ditukarkan dengan uang. Saham yang tidak likuid menyebabkan hilangnya kesempatan untuk mendapatkan keuntungan ( gain ). Semakin besar volume perdagangan dibandingkan dengan jumlah seluruh saham yang diterbitkan maka semakin likuid saham tersebut.

 

D. Metode Penelitian

Populasi yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di BEJ selama periode waktu Januari 2002 sampai dengan Desember 2004.

Penelitian ini menggunakan data sekunder ( secondary data ) yang dapat diperoleh dari berbagai literatur, artikel, teks book, media massa, data base yang ada dipojok BEJ FE-UII dan perpus MM-UGM serta sumber lain yang dapat mendukung penelitian ini.

Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dan yang mengumumkan right issue pada tahun 2002 – 2004.

 

E. Kesimpulan

  1. Pengumuman right issue tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat keuntungan saham yang ditandai dengan tidak adanya perbedaan rata-rata return dan abnormal return di seputar tanggal pengumuman yang berarti bahwa pengumuman right issue tidak terlalu berpengaruh terhadap tingkat keuntungan perusahaan walaupun terdapat perbedaan namun secara statistik tidak signifikan. Dengan kata lain dapat dinyatakan bahwa pengumuman right issue tidak mempunyai kandungan informasi yang cukup yang menyebabkan perbedaan preferensi investor untuk menetapkan harga saham dalam proses jual beli saham.
  2. Pengumuman right issue tidak berpengaruh terhadap likuiditas saham yang ditandai dengan tidak adanya perbedaan aktivitas volume perdagangan saham di seputar tanggal pengumuman di Bursa Efek Jakarta. Hal ini berarti pengumuman right issue tidak mengandung informasi yang dapat mempengaruhi investor untuk melakukan transaksi di Bursa Efek Jakarta, investor menganggap pengumuman right issue sebagai sinyal negatif atau tidak menguntungkan sehingga investor cenderung mengabaikan pengumuman tersebut.

 

Contoh Skripsi Akutansi

  1. Analisis Dampak Pengumuman Right Issue Terhadap Return Saham dan Likuiditas Saham di Bursa Efek Jakarta
  2. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Perusahaan Go Public di BEJ
  3. Analisis Perbandingan Resiko dan Tingkat Pengembalian Reksa Dana Syariah dan Reksa Dana Konvensional
  4. Dampak Pengumuman Bond Rating terhadap Return  Saham pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta
  5. Dampak Pengumuman Bond Rating terhadap Return Saham Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEJ 2001-2005