Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Akutansi: Dampak Pengumuman Bond Rating trhdp Return Saham pd Perusahaan

Judul Skripsi : Dampak Pengumuman Bond Rating terhadap Return Saham pada Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta Tahun 2003 – 2006

A. Latar Belakang

Pasar modal yang efesien didefinisikan sebagai pasar modal yang harga sekuritasnya telah mencerminkan informasi-informasi yang relevan (Husnan, 1998). Jika dilihat dari informasi yang relevan, terdapat 3 bentuk pasar yang efisien (Jogiyanto, 2000), yaitu weak form, semistrong form, dan strong form. Pasar modal bentuk lemah merupakan suatu bentuk pasar modal yang harganya mencerminkan semua informasi yang ada pada catatan pada harga pada waktu yang lalu. Sedangkan pasar modal setengah kuat merupakan bentuk pasar modal dimana harga sekuritasnya tidak hanya mencerminkan harga-harga pada waktu lalu tetapi juga semua informasi yang di pulikasikan. Pasar modal bentuk kuat merupakan pasar modal yang harganya tidak hanya mencerminkan informasi yang di publikasikan tetapi juga informasi yang diperoleh dari analisis fundamental tentang perusahaan dan perekonomian atau informasi yang tidak dipublikasikan.

Salah satu informasi yang dipublikasikan adalah informasi akuntansi yang berasal dari pengumuman bond rating. Informasi ini merupakan indikator kemungkinan pembayaran hutang dan bunganya secara tepat waktu sesuai dengan perjanjian sebelumnya. Informasi yang berupa pengumuman bond rating tersebut akan menibulkan reaksi dari para pelaku pasar modal. Pelaku pasar modal yang akan beraksi pada waktu sebelum, pada saat dan setelah pengumuman bond rating di publikasikan. Untuk mengamati reaksi para pemodal karena adanya pengumuman bond rating dapat diamati pada return saham.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah return saham pada tanggal pengumuman bond rating berbeda dengan hari-hari sebelum pengumuman?
  2. Apakah return saham pada tanggal pengumuman bond rating berbeda dengan hari-hari sesudah pengumuman?
  3. Apakah return saham berbeda antara sebelum pengumuman, pada saat pengumuman, dan sesudah pengumuman bond rating?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pasar Modal

Secara umum pasar modal (capital market) didefinisikan sebagai pasar untuk berbagai instrument keuangan (atau sekuritas) jangka panjang yang bisa diperjual belikan, baik dalam benruk utang atau modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah, public authorities, maupun yang diterbitkan oleh pihak swasta. Pada pasar modal instrument-instrument keuangan yang diperjual belikan seperti saham, obligasi, waran, right, obligasi konvertible, dan berbagai produk turunan (derivatif) seperti opsi (putt atau call).

Efisiensi Pasar

Efisiensi pasar akan terjadi apabila suatu pasar bereaksi terhadap suatu informasi untuk mencapai harga keseimbangan yang baru merupakan hal yang penting. Jika pasar bereaksi dengan cepat dan akurat untuk mencapai harga keseimbangan baru yang sepenuhnya mencerminkan informasi yang tersedia, maka kondisi pasar seperti ini disebut dengan pasar efisien. Secara umum, pasar efisien (market efficiency) didefinisikan oleh Beaver (1989) sebagai hubungan antara harga-harga sekuritas dengan informasi. Sedangkan secara formal efisiensi pasar (Suad Husnan, 2003) didefinisikan sebagai pasar yang harga sekuritassekuritasnya telah mencerminkan informasi yang relevan.

Return

Return merupakan hasil yang diperoleh dari investasi (Jogiyanto, 2000). Return dapat berupa return realisasi (realized return) dan return ekspektasi (expected return). Return realisasi (realized return) merupakan return yang telah terjadi. Return realisasi dihitung berdasarkan data historis. Return realisasi penting karena digunakan sebagai salah satu pengukuran kinerja perusahaan. Return historis ini juga dapat digunakan sebagai dasar penentuan return ekspektasi (expected return) dan resiko dimasa yang akan datang.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan mengumumkan bond rating pada periode 2003-3006. Data yang digunakan adalah return harian saham yang diperoleh dari BEJ, Pengumuman bond rating oleh PT. PEFINDO (Pemeringkat Efek Indonesia). Pengujian data dilakukan dengan menggunakan paired sample T-test dan ONE Way ANOVA.

 

E. Kesimpulan

  1. Harga saham bereaksi terhadap pengumuman bond rating yang ditunjukkan dengan adanya return yang berbeda yang muncul pada 11 hari perdagangan selama event period, tetapi semuanya tidak signifikan. Return muncul dengan dua arah yang berbeda yaitu negatif dan positif, tetapi yang paling banyak muncul adalah return positif.
  2. Hasil uji hipotesis menunjukkan, tidak ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata return saham sebelum dan pada saat pengumuman bond rating, antara rata-rata return saham pada saat pengumuman dan setelah pengumuman bond rating, dan antara rata-rata return saham sebelum, pada saat, dan setelah pengumuman bond rating. Hal ini dapat disebabkan karena investor tidak mengantisipasi adanya informasi baru yang diumumkan di pasar, sehingga tidak mengubah preferensi investor terhadap keputusan investasinya. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa informasi tentang adanya bond rating tidak memiliki isi yang berarti, sehingga preferensi investor terhadap informasi tersebut tidak berubah.

 

Contoh Skripsi Akutansi

  1. Analisis Dampak Pengumuman Right Issue terhadap Return Saham dan Likuiditas Saham di Bursa Efek Jakarta
  2. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Perusahaan Go Public di BEJ
  3. Analisis Perbandingan Resiko dan Tingkat Pengembalian Reksa Dana Syariah dan Reksa Dana Konvensional
  4. Dampak Pengumuman Bond Rating terhadap Return  Saham pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta
  5. Dampak Pengumuman Bond Rating terhadap Return Saham Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEJ 2001-2005