Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Akutansi: Analisa Pengaruh Penilaian Kinerja trhdp Rate Of Return pd Perusahaan

Judul Skripsi : Analisa Pengaruh Penilaian Kinerja terhadap Rate Of Return pada Perusahaan yang Tergabung dalam Lq 45

 

A. Latar Belakang

Selama ini laba akuntansi selalu menjadi fokus perhatian dalam menilai kinerja suatu perusahaan. Laba / keuntungan merupakan hasil dari kebijaksanaan yang diambil oleh manajemen. Rasio keuntungan dipakai untuk mengukur seberapa besar tingkat keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan. Semakin besar tingkat keuntungan menunjukkan semakin baik manajemen dalam mengelola perusahaan. Rasio keuntungan menurut Sutrisno (2000) dapat diukur dengan beberapa indikator,yaitu : Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Return On Investment (ROI), dan Earning Per Share (EPS).

Namun dalam menilai kinerja perusahaan tidak cukup hanya menggunakan laba akuntansi saja, karena laba akuntansi tidak mempunyai makna riil apabila tidak didukung oleh kemampuan perusahaan untuk menghasilkan kas. Maka digunakanlah Operating Cash Flow (OCF) sebagai penilai kinerja perusahaan. Menurut Baridwan (1997), Hastuti (1998), Suadi (1998), Asyik (1999), dan Triyono (2000), penggunaan Operating Cash Flow (OCF) dalam melakukan penilaian kinerja perusahaan dinilai mampu memberikan nilai tambah bagi para pemakai informasi laporan keuangan.

 

B. Rumusan Masalah

Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep penilaian kinerja (Net Profit Margin, Return On Asset, Return On Equity, Return On Investment, Earning Per Share , Operating Cash Flow, dan Economic Value Added terhadap tingkat pengembalian investasi (Rate Of Return) ?

 

C. Kajian Pustaka

Rate of Return

Rate of Return adalah tingkat pengembalian saham atas investasi yang dilakukan. Komposisi penghitungan rate of return saham terdiri dari capital gain (loss) dan deviden. Capital gain (loss) merupakan selisih laba/ rugi yang dialami oleh pemegang saham karena harga saham relatif lebih tinggi atau rendah dibandingkan harga saham periode sebelumnya. Sedangkan deviden merupakan bagian dari laba perusahaan yang dibagikan pada periode tertentu sesuai dengan keputusan manajemen.

Pengertian Investasi

Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan dari masa yang akan datang. Keputusan penanaman modal tersebut dapat dilakukan oleh orang perorang atau lembaga (baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang) yang mempunyai kelebihan dana. Pihak yang menanamkan dananya inilah yang disebut investor.

Definisi Analisa Rasio

Untuk menganalisis laporan keuangan perusahaan, diperlukan ukuran-ukuran tertentu. Ukuran yang sering digunakan adalah rasio. Rasio diperoleh dengan membandingkan satu pos atau elemen laporan keuangan dengan elemen yang lain dalam laporan keuangan tersebut (Paton &Litleton,1970).

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini mengambil populasi perusahaan- perusahaan yang listing di Bursa Efek Jakarta. Pemilihan sampel dilakukan berdasarkan purposive sampling.

Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Jakarta.

Variabel dependentnya pada peneletian ini adalah RoR (Rate of Return) sedangkan variable independentnya adalah NPM (Net Profit Margin) ,ROA (Return On Asset), ROE (Return On Equity), ROI (Return On Investment), EPS (Earning Per Share), OCF (Operating Cash Flow), EVA (Economic Value Added).

Model analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yang dirumuskan adalah regresi linier berganda.

 

E.  Kesimpulan

Hasil analisa pengujian dengan menggunakan regresi linear berganda pada sampel perusahaan yang tergabung dalam LQ 45 periode tahun 2004 menemukan bahwa semua variable independent tidak mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap tingkat pengembalian saham (ROR).. Penelitian ini tidak berhasil membuktikan adanya pengaruh yang significant, sehingga konsep penilaian kinerja tersebut tidak dapat digunakan oleh investor sebagai acuan untuk memutuskan penanaman modal dalam rangka memperoleh tingkat pengembalian saham yang diharapkan.

 

Contoh Skripsi Akutansi

  1. Analisis Dampak Pengumuman Right Issue Terhadap Return Saham dan Likuiditas Saham di Bursa Efek Jakarta
  2. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Perusahaan Go Public di BEJ
  3. Analisis Perbandingan Resiko dan Tingkat Pengembalian Reksa Dana Syariah dan Reksa Dana Konvensional
  4. Dampak Pengumuman Bond Rating terhadap Return  Saham pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta
  5. Dampak Pengumuman Bond Rating terhadap Return Saham Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEJ 2001-2005