Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Akuntansi: Perbandingan Resiko n Tingkat Pengembalian Reksa Dana Syariah

Judul Skripsi : Analisis Perbandingan Resiko dan Tingkat Pengembalian Reksa Dana Syariah dan Reksa Dana Konvensional

 

A. Latar Belakang

Pasar Modal (Capital Market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bias diperjual belikan, baik dalam bentuk hutang maupun modal sendiri. Pasar Modal Indonesia dalam beberapa tahun terakhir berkembang cukup dinamis. Kedinamisan tersebut salah satunya ditandai dengan berkembangnya secara pesat Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK) di Pasar Modal Indonesia. Dalam perkembangannya, telah hadir Reksa Dana Syariah yang dimaksudkan untuk memberikan alternatif investasi yang lebih luas terutama para pemodal muslim. Dapat dijadikan catatan bahwa kemunculan Reksa Dana Syariah di Indonesia yang domotori oleh Dana Reksa Syariah terbitan dari PT Danareksa Investment Management tanggal 25 Juni 1997 merupakan cikal bakal kemunculan Pasar Modal Syariah.

Reksa Dana merupakan salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki waktu dan keahlian untuk menghitung resiko atas investasi mereka. Menurut Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995 pasal 1 ayat 27 telah diberikan definisi “Reksa Dana adalah suatu wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi”. Dengan kata lain, Reksa Dana merupakan wadah berinvestasi secara kolektif untuk ditempatkan dalam portofolio berdasarkan kebijakan investasi yang ditetapkan oleh fund manajer atau manajer investasi.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Berapa resiko dan tingkat pengembalian Reksa Dana Syariah Berimbang dan Reksa Dana Anggrek ?
  2. Berapa resiko dan tingkat pengembalian masing-masing pasar yang menjadi tolak ukur Reksa Dana Syariah dan Reksa Dana Anggrek ?
  3. Berapa risk adjust performance Reksa Dana Syariah dan Reksa Dana Anggrek ?

 

C. Landasan Teori Skripsi 

Pengertian Investasi

Menurut Jogianto (Jogianto, 2000 : 109) dalam bukunya berjudul “Teori Portofolio dan Analisis Investasi” memberi pengertian bahwa Investasi adalah penundaan konsumsi sekarang untuk digunakan didalam produksi yang efisien selama periode waktu tertentu. Sedangkan menurut William F. Sharpe (Sharpe, Alexander dan Bailey, 1995 : 1), Investasi dalam arti luas berarti mengorbankan dolar sekarang untuk dolar pada masa depan. Ada dua atribut berbeda yang melekat yaitu resiko dan waktu. Pengorbanan terjadi pada saat sekarang ini dan memiliki kepastian.

 

Perantara keuangan

Perantara keuangan yang juga dikenal sebagai lembaga keuangan adalah organisasi yang menerbitkan klaim finansial terhadap diri mereka sendiri (artinya mereka menjual asset finansial yang mewakili klaim finansial terhadap diri mereka sendiri untuk imbalan uang tunai) dan menggunakan dana dari penerbitan tersebut terutama untuk membeli aset keuangan pihak lain. Perantara keuangan menyediakan dua metode investasi secara langsung dan tidak langsung bagi perusahaan untuk memperoleh dana.

 

Pengertian Reksa Dana

Unit trust dan Mutual fund atau Investment fund adalah istilah-istilah yang memiliki pengertian sama dengan Reksa Dana. Hal itu dapat dilihat darai pengertiannya dibawah ini :

Dalam a guide to understanding mutual fund : 1998, dari investment company institute (Eko Priyo, 2003 : 33) memberikan pengertian sebagai berikut “Mutual fund is a company that invest in a difersified portofolio of securities”. Definisi yang diberikan Choong : 1991 (Iggi H. Achsien, 2003 : 74) adalah sebagai berikut ”Unit trust is an investment scheme that pools money from many investor who share similar finansial objectivities, investment strategy and risk tolerance”.

 

D. Metodelogi Penelitian

Mengenai lokasi penelitian yang dipergunakan sebagai tempat penulis mengadakan penelitian untuk mendapatkan data dalam penyusunan skripsi ini adalah pada Riset – Biro PIR BAPEPAM.

Data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.

Teknik Analisis Data dalam penelitian ini di bagi menjadi 2 yaitu teknik analisa data kualitatif dan teknik analisa data kuantitatif.

 

E. Kesimpulan

Selama periode penelitian, Reksa Dana Syariah Berimbang menghasilkan tingkat pengembalian total sebesar 0,286325 dan tingkat pengembalian rata-rata 0,007953 sedangkan nilai penyimpangan return berupa risiko total yang tercerminkan dalam standar deviasi sebesar 0,0317611. Penggunaan multiple benchmark index menghasilkan risiko pasar (beta) 0,303798, untuk hasil risk adjut performance dengan metode indeks Sharpe menghasilkan return –0,152366, indeks Treynor –0,021494 dan indeks Jensen sebesar –0,012929. Single benchmark index untuk Reksa Dana Syariah Berimbang menghasilkan beta 0,375636, sedangkan hasil risk adjust performance dengan metode indeks Sharpe menghasilkan return sebesar –0,001399, indeks Treynor –0,000118 dan indeks Jensen –0,003362.

Hasil kinerja Reksa Dana Anggrek dengan multiple benchmark index maupun single benchmark index adalah sama, karena IHSG sebagai pasar yang dijadikan benchmarknya adalah pasar umum yang digunakan di Indonesia. Tingkat pengembalin total investasi selama periode penelitian sebesar 0,041569 dan tingkat pengembalian rata-ratanya 0,001155. Nilai penyimpangan risiko total berupa standar deviasi sebesar 0,068050 sedangkan resiko pasar yang dihasilkan oleh beta adalah 0,482384. Tingkat pengembalin dengan penyesuaian risiko yang dihasilkan Anggrek untuk metode indeks Sharpe sebesar –0,152366, indeks Treynor –0,021494 dan indeks Jensen –0,012929.

 

Contoh Skripsi Akutansi

  1. Analisis Dampak Pengumuman Right Issue Terhadap Return Saham dan Likuiditas Saham di Bursa Efek Jakarta
  2. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Perusahaan Go Public di BEJ
  3. Analisis Perbandingan Resiko dan Tingkat Pengembalian Reksa Dana Syariah dan Reksa Dana Konvensional
  4. Dampak Pengumuman Bond Rating terhadap Return  Saham pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta
  5. Dampak Pengumuman Bond Rating terhadap Return Saham Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEJ 2001-2005