Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Administrasi: Peranan Puskesmas dlm Pelayanan Program PKMS

Judul Skripsi : Peranan Puskesmas dalam Pelayanan Program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peranan UPTD Puskesmas Rawat Inap Sibela dalam pelayanan program PKMS di Surakarta)

 

A. Latar Belakang

Pembangunan kesehatan merupakan upaya untuk memenuhi hak rakyat untuk memperoleh akses atas kebutuhan pelayanan kesehatan. Berdasarkan Undang-Undang No.23 Tahun 1992 Bab II pada pasal 2 dan 3 : Pembangunan kesehatan diselenggarakan berasaskan prikemanusiaan yang berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa, manfaat, usaha bersama dan kekeluargaan, adil dan merata, prikehidupan dalam keseimbangan, serta kepercayaan akan kemampuan dan kekuatan sendiri yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat, diselenggarakan upaya kesehatan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif) yang dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan (UU RI No. 23 Tahun 1992 Bab V Pasal 10).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana peranan UPTD Puskesmas Rawat Inap Sibela Surakarta dalam pelayanan program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS)?
  2. Faktor apa saja yang menghambat pelaksanaan peran UPTD Puskesmas Rawat Inap Sibela Surakarta dalam pelayanan program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS)?

 

C. Kajian Pustaka Skripsi

Peranan

Dr. Phil Astrid S.Susanto berpendapat bahwa role atau peranan merupakan dinamika dari status atau penggunaan dari hak dan kewajiban atau bias disebut juga status subyektif (1983 : 75). Menurut Miftah Thoha peranan adalah sebagai suatu rangkaian perilaku yang terwujud, yang ditimbulkan karena suatu jabatan tertentu (1983 : 187).

Pelayanan

Menurut H.A.S Moenir (2006: 16-17) yang dimaksud pelayanan adalah proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain yang langsung. Sebab untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya, manusia senantiasa berusaha, baik melalui aktivitas sendiri, maupun secara tidak langsung melalui aktivitas orang lain. Sehingga pelayanan dapat diartikan sebagai tindakan atau perbuatan melayani atau menyediakan apa yang diperlukan oleh orang lain.

Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS)

PKMS adalah suatu Program Pemeliharaan Kesehatan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Kesehatan Kota Surakarta yang berwujud bantuan pengobatan rawat jalan di Puskesmas dan RSD Surakarta maupun rawat inap di Puskesmas rawat inap, RSD Surakarta dan Rumah Sakit yang ditunjuk. Pemberian pemeliharaan pelayanan kesehatan ini meliputi upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang diberikan oleh Pemerintah bagi masyarakat Surakarta pemegang kartu berobat berlangganan. PKMS sendiri dimulai pada tahun 2008 sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kota Surakarta terhadap kesehatan masyarakat baik dari pelayanan yang didapat maupun dari segi pembiayaan.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa observasi, dokumentasi dan wawancara.

Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Penentuan informan menggunakan purposive sampling.

Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data digunakan triangulasi data.

 

E. Kesimpulan

  1. Pelayanan rawat jalan tingkat pertama

Rawat Jalan merupakan pelayanan keperawatan kesehatan perorangan yang meliputi observasi, diagnosa, pengobatan, rehabilitasi medik tanpa tinggal di ruang rawat inap pada sarana kesehatan.

Tujuan dari pelayanan rawat jalan adalah memberikan pelayanan yang lebih komplit dan accessible bagi seluruh lapisan masyarakat sesuai dengan salah satu tujuan umum PKMS yaitu meningkatkan kualitas/ kuantitas/ pemerataan/ dan keterjangkauan pelayanan kesehatan yang masih rendah terutama untuk masyarakat miskin. Indikator yang digunakan dalam menjelaskan peranan puskesmas dalam pelayanan rawat jalan antara lain:

  1. Prosedur pelayanan
  2. Sarana pelayanan
  3. Waktu Pelayanan
  4. Biaya Pelayanan
  1. Pelayanan rawat inap tingkat pertama

Rawat Inap merupakan pelayanan kesehatan perorangan yang meliputi pelayanan kesehatan perorangan yang meliputi observasi, diagnosa, pengobatan, keperawatan, rehabilitasi medik dengan menginap di ruang rawat inap pada sarana kesehatan rumah sakit pemerintah dan swasta, serta puskesmas perawatan dan rumah bersalin, yang oleh karena penyakitnya penderita harus menginap.

 

Contoh Skripsi Administrasi

  1. Strategi Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta dalam Mengoptimalkan Penerimaan Retribusi Pasar Tahun 2008 Melalui Pemberdayaan Pasar Tradisional
  2. Peranan Puskesmas dalam Pelayanan Program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Peranan UPTD Puskesmas Rawat Inap Sibela dalam Pelayanan Program PKMS di Surakarta)
  3. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Alokasi Dana Desa (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Alokasi Dana Desa di Desa Jatipuro Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun 2007)
  4. Kualitas Pelayanan Perijinan Dinas Kesehatan Kota Surakarta
  5. Peranan Kepala Desa dalam Pembangunan di Desa Ngringo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun 2007