Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Administrasi: Peranan Kantor Lingkungan Hidup dlm Mnjga Konservasi Sumber Daya Air

Judul Skripsi : Peranan Kantor Lingkungan Hidup dalam Menjaga Konservasi Sumber Daya Air di Kota Salatiga

 

A. Latar Belakang

Pembangunan mengandung perubahan besar yang meliputi struktur ekonomi, perubahan fisik wilayah, perubahan pola konsumsi, hidup, perubahan teknologi dan perubahan sistem nilai, perubahan sumber daya alam dan lingkungan. Kebijaksanaan pengelolaan sumber daya alam diperlukan karena kaitannya dengan sifat sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan dilain pihak sumber daya alam tidak mungkin diperbaharui lagi yang selama ini telah mendapatkan tekanan daya tampung dan daya dukung lingkungan. Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan hidup yang baik dan sehat, menuntut tanggung jawab Pemerintah, Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk menangani berbagai pengaduan kasus pencemaran dan atau perusakan lingkungan hidup. Oleh karena itu dikelurkanlah UU tentang lingkungan hidup Nomor 19 tahun 2004 tentang pedoman pengelolaan pengaduan kasus pencemaran dan atau perusakan lingkungan hidup.

Tekanan terhadap lingkungan yang makin sarat tersebut disebabkan antara lain oleh jumlah penduduk yang meningkat, meningkatnya aktifitas usaha dan/atau kegiatan yang telah menimbulkan dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan yang serius, terjadinya degradasi lingkungan sangat memprihatikan karena eksploitasi sumber daya alam yang kurang memperhatikan konservasi dan berkelanjutan.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Bagaimana Peranan Kantor Lingkungan Hidup Kota Salatiga dalam usaha konservasi sumber daya air di Salatiga ?
  2. Program – program apa saja yang sudah dilaksanakan Kantor Lingkungan Hidup Kota Salatiga dalam konservasi sumber daya air di Kota Salatiga?
  3. Faktor – faktor apa saja yang mendukung serta menghambat peranan Kantor Lingkungan Hidup Kota Salatiga dalam konservasi sumber daya air di Kota Salatiga ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Peranan

Miftah Thoha (1985: 187) memberi batasan bahwa peranan adalah sebagai suatu rangkaian perilaku yang terwujud, yang ditimbulkan karena jabatan tertentu. Selain itu, menurut Adam Indrawijaya (1986: 131) mendefinisikan peranan sebagai suatu pola perilaku yang diharapkan dari seseorang oleh orang lain dalam melakukan interaksi dengan mereka.

Pembinaan

Pembinaan merupakan suatu, proses, hasil atau penataan menjadi lebih baik. Dalam hal ini pembinaan mengacu kepada adanya kemajuan, peningkatan, pertumbuhan, evaluasi atas berbagai kemungkinan, perkembangan atau peningkatan atas sesuatu (Miftah Thoha, 1985: 7).

Peranan Kantor Lingkungan Hidup

Kantor Lingkungan Hidup merupakan unsur pelaksana pemerintah yang berada didaerah yang berperan dalam hal yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Mengacu pada teori tentang peranan yang sudah dikemukakan diatas maka yang dimaksud peranan kantor lingkungan hidup adalah suatu rangkaian perilaku yang dilaksanakan oleh kantor lingkungan hidup menurut hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya.

 

D. Metode Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun lokasi penelitian ini dilakukan di kantor Lingkungan Hidup Kota Salatiga Teknik pengumpulan datanya adalah melalui wawancara langsung dan dokumentasi.

Sumber data dalam penelitian ini dipilih berdasarkan teknik purposive sampling.

Peneliti menguji validitas data dengan menggunakan metode trianggulasi data.

 

E. Kesimpulan

Peranan Kantor Lingkungan Hidup dalam menjaga konservasi sumber daya air di realisasikan dalam pelaksanaan program- program yang meliputi pembinaan, penyuluhan, pengaturan dan pelayanan.

  • Pembinaan

Untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat, baik meliputi petani maupun pengusaha atau industri kecil maupun industri menegah keatas, Kantor Lingkungan Hidup pada tahun 2007 – 2008 melakukan pembinaan yang meliputi pembinaan teknis.

  • Penyuluhan

Penyuluhan tentang konservasi sangat dibutuhkan antara masyarakat dengan pemerintah dalam usaha konservasi sumber daya air. Sehubungan dengan hal ini Kantor Lingkungan Hidup memberikan penyuluhan yang berupa sosialisasi dan pelatihan penyuluhan kepada masyarakat di sekitar sumber mata air dan sosialisasi LRB (Liang Resapan Biopori).

  • Pengaturan

Pengaturan yang diberikan Kantor Lingkungan Hidup Kota Salatiga yakni dengan dikeluarkannya kebijakan teknis meliputi pengaturan dan pengawasan pembuangan limbah industri tahu melalui PPNSLHD (pegawai yang telah ditunjuk sebagai petugas pengawas lingkungan hidup) yang merupakan staf Kantor Lingkungan Hidup Kota Salatiga dan pembuatan Raperda yang berkaitan dengan Lingkungan.

  • Pelayanan

Sebagai abdi masyarakat, Kantor Lingkungan Hidup memberikan bentuk- bentuk pelayanan yang meliputi : pemberian bantuan air bersih. KLH bekerjasama dengan PDAM kota Salatiga mengadakan pemberian bantuan air bersih seperti di daerah randuacir, isep-isep dan didaerah salatiga bagian atas.

 

Contoh Skripsi Administrasi

  1. Pelaksanaan Kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Kagokan Kecamatan Gatak
  2. Peranan Kantor Lingkungan Hidup dalam Menjaga Konservasi Sumber Daya Air Di Kota Salatiga
  3. Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta
  4. Evaluasi Dampak Program Penanggulangan Flu Burung Kabupaten Sragen
  5. Akuntabilitas Pelayanan Kepabeanan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe A3 Surakarta