Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Administrasi: Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum

Judul Skripsi : Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta

 

A. Latar Belakang

Masyarakat memang sudah dimanjakan dengan air yang melimpah karena negara kita berada di wilayah tropika basah yang curah hujannya cukup tinggi. Akan tetapi masyarakat banyak yang tidak tahu kalau Negara Indonesia termasuk salah satu negara yang terancam krisis air pada sepuluh tahun kedepan. Hal ini disebabkan karena semakin meluas dan parahnya kerusakan DAS (Daerah Aliran Sungai), sehingga kemampuan menyerap, menyimpan dan melepas air menjadi sangat rendah. Banjir di musim hujan dan kekeringan di musim kemarau adalah indikator yang sangat nyata. Selain itu pertambahan penduduk, penebangan liar, dan makin tipisnya lahan untuk menampung air merupakan ancaman serius ketersediaan air di masa sekarang dan masa depan.

Mengingat air merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan seharihari, air memiliki peranan penting untuk mendukung kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Tersedianya air yang memadai akan mendorong perkembangan sektor pembangunan di masyarakat. Program yang dilakukan oleh PDAM baik didaerah perkotaan maupun dipedesaan mempunyai tujuan untuk  memberikan pelayanan pada masyarakat mendapatkan air bersih yang sehat dan memadai untuk keperluan rumah tangga maupun industri untuk menunjang perkembangan ekonomi dan derajat kesehatan penduduk.

 

B. Perumusan Masalah

“Bagaimana kualitas pelayanan dalam penyediaan air bersih oleh PDAM Kota Surakarta?”

 

C. Tinjauan Pustaka Skripsi

Kualitas

Kualitas adalah sebuah kata bagi penyedia jasa merupakan sesuatu yang harus dikerjakan dengan baik. Aplikasi kualitas sebagai sifat dari penampilan produk barang atau jasa merupakan bagian utama strategi perusahaan dalam rangka meraih keunggulan yang berkesinambungan, baik sebagai pemimpin pasar ataupun sebagai strategi untuk terus tumbuh. Maka dari itu, yang perlu diperhatikan dalam pengembangan dan peningkatan adalah sistem kualitas yang meliputi, perencanaan, pengendalian, dan perbaikkan kualitas.

Pelayanan

Definisi pelayanan menurut Ivancevich, Lorezi, Skinner dan Crosby (dalam Ratminto dan Atik Septi W., 2007:2) pelayanan adalah produk-produk yang tidak kasat mata (tidak dapat diraba) yang melibatkan usaha-usaha manusia dan menggunakan peralatan. Sedangkan definisi yang lebih rinci lagi diberikan oleh Gronroos yaitu: pelayanan adalah suatu aktivitas atau serangakaian aktivitas yang bersifat tidak kasat mata (tidak dapat diraba) yang terjadi sebagai akibat adanya interaksi anatara konsumen dengan karayawan atau hal-hal lain yang dimaksudkan untuk memecahkan permasalahan konsumen / pelanggan.

 

Perusahaan Daerah

Perusahaan Daerah adalah semua perusahaan yang didirikan berdasarkan UU No.5 tahun 1962 yang seluruh atau sebagian modalnya merupakan kekayaan daerah yang dipisahkan, kecuali jika ditentukan lain dengan atau berdasarkan Undang-Undang.

 

D. Metode Penelitian

Lokasi penelitian ini dilakukan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di jalan LU. Adi Sucipto No. 143 Surakarta.

Jenis penelitian yang ditulis oleh penulis merupakan penelitian deskriptif kualitatif.

Sumber Data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder.

Tehnik Pengumpulan Data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.

Dalam analisis model interaktif ada tiga hal pokok yang harus diperhatikan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

 

E. Kesimpulan

Bukti Langsung (Tangible)

PDAM Kota Surakarta sudah melengkapi sarana dan prasarana dengan adanya peralatan kerja yang terdiri dari sembilan unit komputer, dua komputer untuk melayani pembayaran rekening, dua komputer untuk melayani tunggakan rekening, dan lima komputer untuk keperluan pegawai PDAM. Di dalam ruangan terdapat fasilitas yang diperuntukkan pelanggan anatara lain: AC, TV, kursi, koran untuk membuat pelanggan nyaman pada saat sedang antri dan tempat parker yang cukup luas.

Kehandalan (Reliability)

Pelayanan PDAM Kota Surakarta yang terdiri dari pemasangan, buka kembali, ganti nama, pindah meter ataupun permohonan lainnya sudah dapat diselesaikan sesuai prosedur dan persyaratan serta waktu yang telah ditentukan. Dalam melayani pelanggan berdasarkan antrian, tidak membeda-bedakan pelanggan. Untuk meningkatkan kemampuan pegawai PDAM, pemberian kursus, diklat disesuaikan dengan keperluan dan jabatan. Pegawai diikutsertakan dalam seminar yang berkaitan dengan pelayanan dan sumber daya air.

Daya Tanggap (Responseviness)

Ketanggapan pegawai dalam memberikan pelayanan sudah sesuai dengan prosedur. Kalaupun pelanggan diharuskan menunggu lebih lama dikarenakan banyaknya jumlah pelanggan PDAM dan terbatasnya petugas PDAM sehingga pelanggan harus mengantri. Daya tanggap pegawai juga ditunjukkan dengan adanya sarana untuk menyampaikan keluhan atau laporan melalui telepon, kotak saran, on line dan bisa juga datang langsung ke PDAM. PDAM juga meningkatkan pelayanannya dengan berkomunikasi secara langsung kepada pelanggan melalui kegiatan-kegiatan penyuluhan, talk show. Dan media massa, media elektronik, brosur untuk memberitahukan informasi kepada pelanggan.

 

Contoh Skripsi Administrasi

  1. Pelaksanaan Kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Kagokan Kecamatan Gatak
  2. Peranan Kantor Lingkungan Hidup dalam Menjaga Konservasi Sumber Daya Air Di Kota Salatiga
  3. Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta
  4. Evaluasi Dampak Program Penanggulangan Flu Burung Kabupaten Sragen
  5. Akuntabilitas Pelayanan Kepabeanan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe A3 Surakarta

 

Incoming search terms: