Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Administrasi: Evaluasi Dampak Program Penanggulangan Flu Burung

Judul Skripsi : Evaluasi Dampak Program Penanggulangan Flu Burung Kabupaten Sragen

 

A. Latar Belakang

Pembangunan merupakan usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat. Hakekat dari tujuan pembangunan nasional adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya. Sehingga manusia memiliki peran yang sangat penting dan sangat menentukan dalam pembangunan. Tersedianya kualitas sumber daya manusia yang baik akan dapat mendukung tercapainya tujuan nasional secara maksimal. Pembangunan dilaksanakan bukan hanya pada satu atau beberapa golongan masyarakat tertentu saja, tetapi pembangunan harus dilaksanakan pada seluruh lapisan masyarakat.

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa manusia sebagai individu maupun kelompok selalu memiliki keterkaitan dengan proses yang terjadi dalam pembangunan. Pembangunan dapat berjalan jika ada keikutsertaan semua masyarakat dalam memberikan sumbangan yang berupa pikiran, tenaga, ilmu pengetahuan, serta keterampilan yang mereka miliki.

 

B. Rumusan Masalah

“Apakah Program Penanggulangan Flu Burung Kabupaten Sragen telah memberikan dampak sesuai dengan tujuan awal yang diharapkan?”

 

C. Landasan Teori

Kebijakan

Richard Rose mendefinisikan kebijakan sebagai serangkaian kegiatan yang sedikit banyak berhubungan beserta konsekuensikonsekuensinya bagi mereka yang bersangkutan daripada sebagai suatu keputusan sendiri (Budi Winarno, 2004:15-16).

Evaluasi Kebijakan

James Anderson mengungkapkan evaluasi sebagai kegiatan yang menyangkut estimasi atau penilaian kebijakan yang mencakup substansi, implementasi, dan dampak. Dalam hal ini, evaluasi kebijakan tidak hanya dilakukan pada tahap akhir saja melainkan dilakukan dalam seluruh proses kebijakan.dengan demikian, evaluasi kebijakan bisa meliputi perumusan masalah-masalah kebijakan, program-program yang diusulkan untuk menyelesaikan masalah kebijakan, implementasi, maupun dampak kebijakan (Budi Winarno, 2004:166).

Program Penanggulangan Flu Burung Kabupaten Sragen

Sesuai dengan Keputusan Gubernur No: 493.05/16/06 tanggal 19 Maret 2006 tentang Pembentukan Komite Pengendalian Dan Penanggulangan Penyakit Flu Burung Dan Kesiapsiagaan Menghadapi Pandemi Influenza Di Propinsi Jawa Tengah telah dilakukan Program Flu Burung Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah yang dibiayai oleh Unicef.

 

D. Metode Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian evaluasi.

Lokasi penelitian ini adalah Di Kantor Dinas Kesehatan serta Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sragen.

Ada dua sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder.

Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi.

Penelitian menggunakan trianggulasi data dalam menganalisis data.

 

E. Kesimpulan Skripsi

Efektivitas program

Efektivitas program berhubungan dengan apakah tujuan program telah tercapai. Tujuan program yang berupa mencegah perkembangan flu burung ke tahap berikutnya, penanganan sebaik-baiknya pasien korban flu burung pada manusia dan hewan, meminimalkan kerugian akibat perkembangan flu burung, pengelolaan pengendalian flu burung secara berkelanjutan, mengefektifkan kesiapsiagaan menghadapi pandemic influenza, dan mengembangkan jejaring lokal, nasional dan internasional.

Kecukupan Program

Kecukupan program berhubungan dengan seberapa jauh hasil yang telah tercapai dapat memecahkan masalah. Program pengendalian flu burung di Kabupaten Sragen tidak terbatas pada penyuluhan dan himbauan untuk mencegah terjadinya penularan virus, namun juga telah mencapai pada tahap penanganan dan pengobatan pasien. Berdasarkan hasil wawancara menunjukkan bahwa program penanggulangan flu burung di Kabupaten Sragen merupakan kepanjangan dari program pemerintah pusat.

Pemerataan Program

Pemerataan berhubungan dengan apakah biaya dan manfaat dapat didistribusikan secara merata kepada semua kelompok masyarakat. Kebijakan pengelolaan obat antiviral dalam penanganan kasus flu burung di Kabupaten Sragen dibuat secara luas serta pada pelaksanaannya mencakup pada keseluruhan lini yang memerlukan, sehingga dapat menjangkau seluruh daerah di kabupaten Sragen.

 

Contoh Skripsi Administrasi

  1. Pelaksanaan Kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Kagokan Kecamatan Gatak
  2. Peranan Kantor Lingkungan Hidup dalam Menjaga Konservasi Sumber Daya Air Di Kota Salatiga
  3. Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta
  4. Evaluasi Dampak Program Penanggulangan Flu Burung Kabupaten Sragen
  5. Akuntabilitas Pelayanan Kepabeanan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe A3 Surakarta