Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Sikap Tentang Kesehatan Reproduksi trhdp Perilaku Seksual Pra Nikah

Judul Skripsi : Hubungan Pengetahuan Keagamaan dan Sikap tentang Kesehatan Reproduksi terhadap Perilaku Seksual Pra Nikah pada Mahasiswa (Tingkat III Semester V) Akper Giri Satria Husada Wonogiri

 

A. Latar Belakang Masalah

Dari hasil data yang didapat dari Akper GSH Wonogiri, jumlah mahasiswa pada bulan September 2008 adalah 290 , dengan jumlah masing – masing mahasiswa tingkat I : 118, tingkat II : 96, tingkat III : 76. Pada bulan september 2009 adalah 325, dengan jumlah masing – masing mahasiswa tingkat I : 111, tingkat II : 118, tingkat III : 96. Pada bulan september 2010 adalah 348, dengan jumlah masing – masing mahasiswa tingkat I : 119, tingkat II : 111, tingkat III : 118. Dalam tiga tahun terakhir ini didapatkan lima orang mahasiswi cuti dari proses perkuliahan karena hamil diluar nikah, ini terjadi pada tahun 2008 dan tahun 2009. Selain itu, mahasiswa mulai tinggal jauh dari orang tua karena harus hidup di tempat kos. Ada 15 tempat kos yang berada di sekitar kampus tanpa induk semang, sehingga mahasiswa bebas keluar masuk tempat kos tanpa ada pengawasan.

Dari fenomena tersebut, maka penulis ingin meneliti hubungan antara pengetahuan keagamaan dan sikap tentang kesehatan reproduksi dengan perilaku seksual pra nikah di Akper Giri Satri Husada Wonogiri.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Apakah ada hubungan antara pengetahuan tentang keagamaan dengan perilaku seksual pra nikah pada mahasiswa Akper Giri Satria Husada Wonogiri?
  2. Apakah ada hubungan antara sikap tentang kesehatan reproduksi dengan perilaku seksual pra nikah pada mahasiswa Akper Giri Satria Husada Wonogiri?
  3. Apakah ada hubungan antara pengetahuan keagamaan dan sikap tentang kesehatan reproduksi dengan perilaku seksual pra nikah pada mahasiswa Akper Giri Satria Husada Wonogiri?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pengetahuan keagamaan dan sikap tentang kesehatan reproduksi dengan perilaku seksual pra nikah pada mahasiswa Akper Giri Satria Husada Wonogiri.

Tujuan Khusus

  1. Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang keagamaan dengan perilaku seksual pra nikah pada mahasiswa Akper Giri Satria Husada Wonogiri.
  2. Untuk mengetahui hubungan antara sikap tentang kesehatan reproduksi dengan perilaku seksual pra nikah pada mahasiswa Akper Giri Satria Husada Wonogiri.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab IV, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :

1. Terdapat hubungan yang signifikan (bermakna) antara pengetahuan keagamaan terhadap perilaku seksual pranikah pada mahasiswa tingkat III semester V Akper Giri Satria Husada.

2. Terdapat hubungan yang signifikan (bermakna) antara pengetahuan keagamaan dengan perilaku seksual pranikah pada mahasiswa tingkat III semester V Akper Giri Satria Husada.

3. Terdapat hubungan yang signifikan (bermakna) antara pengetahuan keagamaan dan sikap tentang kesehatan reproduksi terhadap perilaku seksual pranikah pada mahasiswa tingkat III semester V Akper Giri Satria Husada.