Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Sikap tentang Cara Menyusui dgn Praktek Menyusui Ibu

Judul Skripsi : Hubungan Pengetahuan dan Sikap tentang Cara Menyusui dengan Praktek Menyusui Ibu Post Sectio Caesaria Primipara

 

A. Latar Belakang Masalah

Sudah banyak ibu yang menyusui tapi belum benar karena dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain: adat/kebiasaan, kepercayaan, dan pengalaman menyusui dalam keluarga/kerabat (Soetjiningsih, 1997). Di Rumah Sakit Ibu dan Anak RESTU IBU Sragen pada tahun 2008 terdapat 410 persalinan primipara yang meliputi persalinan pervaginam dan sectio caesaria, dari beberapa orang ibu sectio caesaria primipara dalam praktek menyusui, ibu tidak terlihat membersihkan puting sebelum dan sesudah menyusui. Dari observasi tersebut ibu yang bersangkutan di wawancara tentang cara menyusui hasilnya ibu tersebut tidak tahu cara menyusui yang benar karena belum berpengalaman dalam menyusui bayi.  Untuk menunjang keberhasilan program Rooming In tersebut, serta supaya pemberian ASI lebih efektif, peneliti tertarik untuk meneliti hubungan pengetahuan dan sikap tentang cara menyusui dengan praktek menyusui ibu sectio caesaria primipara di Rumah Sakit Ibu dan Anak RESTU IBU Sragen.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah hubungan antara pengetahuan tentang cara menyusui dengan praktek menyusui ibu post sectio caesaria primipara?
  2. Adakah hubungan antara sikap tentang cara menyusui dengan praktek menyusui ibu post sectio caesaria primipara?
  3. Adakah hubungan antara pengetahuan dan sikap tentang cara menyusui dengan praktek menyusui ibu post sectio caesaria primipara?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Untuk menggambarkan hubungan antara pengetahuan dan sikap tentang cara menyusui dengan praktek menyusui ibu post sectio caesaria primipara di Rumah Sakit Ibu dan Anak RESTU IBU Sragen

 

Tujuan Khusus

  1. Mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang cara menyusui dengan praktek menyusui ibu post sectio caesaria primipara
  2. Mengetahui hubungan antara sikap tentang cara menyusui dengan praktek menyusui ibu post sectio caesaria primipara .
  3. Mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap tentang cara menyusui dengan praktek menyusui ibu post sectio caesaria primipara .

 

D. Kesimpulan

1. Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang cara menyusui dengan praktek menyusui ibu post sectio caesaria primipara.

2. Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap tentang cara menyusui dengan praktek menyusui ibu post sectio caesaria primipara.

3. Terdapat hubungan yang signifikan secara bersama – sama antara pengetahuan dan sikap tentang cara menyusui dengan praktek menyusui ibu post sectio caesaria

 

E. Saran Skripsi

Bagi Rumah Sakit

Agar meningkatkan program penyuluhan tentang cara menyusui yang benar pada ibu post sectio caesaria primipara.

Bagi Bidan

Dalam memberikan perawatan pada ibu post sectio caesaria atau menyusui untuk memberikan latihan-latihan yang berhubungan dengan praktek menyusui.

Bagi penelitian selanjutnya

Perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi dalam praktek menyusui.