Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Sikap Orang Tua Bayi dgn Penerapan Perilaku Hidup Bersih

Judul Skripsi : Hubungan Pengetahuan dan Sikap Orang Tua Bayi dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Puskesmas Pasundan Samarinda Kalimantan Timur

A. Latar Belakang Masalah

Seiring dengan cepatnya perkembangan dalam era gobalisasi, serta adanya transisi demografi dan epidemiologi penyakit, maka masalah penyakit akibat perilaku dan perubahan gaya hidup yang berkaitan dengan perilaku dan sosial budaya cenderung akan semakin kompleks. Perbaikan tidak hanya dilakukan pada aspek pelayanan kesehatan, perbaikan pada lingkungan dan merekayasa kependudukan atau faktor keturunan, tetapi perlu memperhatikan faktor perilaku yang secara teoritis memiliki andil 30-35% terhadap derajat kesehatan. (DKK Samarinda 2009).

Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul: “Hubungan Pengetahuan dan Sikap Orang Tua Bayi dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Puskesmas Pasundan Tahun 2010”.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas maka dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Apakah ada hubungan pengetahuan dengan penerapan perilaku hidup bersih dan Sehat di Puskesmas Pasundan Tahun 2010?
  2. Apakah ada hubungan sikap dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di Puskesmas Pasundan Samarinda 2010?
  3. Apakah ada hubungan pengetahuan dan sikap dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di puskesmas Pasundan?

 

C. Tujuan

Tujuan Umum

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan pengetahuan dan sikap orang tua bayi dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di Puskesmas Pasundan Tahun 2010.

Tujuan Khusus

  1. Untuk menganalisa hubungan pengetahuan orang tua bayi dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rumah tangga di Puskesmas Pasundan Samarinda
  2. Untuk menganalisa hubungan sikap orang tua bayi dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rumah tangga di Puskesmas Pasundan Samarinda.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan dalam BAB IV (empat), maka dapat diambil kesimpulan yang tentang hubungan pengetahuan dan sikap dengan penerapan PHBS di Puskesmas Pasundan tahun 2010, sebagai berikut :

1. Terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan dengan penerapan PHBS di Puskesmas Pasundan dengan nilai Chi Square hitung (21,391) > nilai Chi Square tabel (2,706) dan p=0,000<0,10. Besarnya hubungan antara penerapan PHBS dengan pengetahuan adalah sebesar 0,471 atau 47,1%

2. Terdapat hubungan bermakna antara sikap dengan penerapan PHBS di Puskesmas Pasundan, dengan nilai Chi Square hitung (18,630) > Chi Square tabel (2,706) dan nilai p = 0,000 < 0,10. Dimana besarnya hubungan antara sikap dengam penerapan PHBS adalah sebesar 0,446 atau 44,6%.

3. Berdasarkan hasil analisis Chi Square dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara Pengetahuan dan Sikap dengan Penerapan PHBS di Puskesmas Pasundan tahun 2010.