Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas

Kualitas SDM

Kualitas SDM

Kualitas SDM~ telah banyak diketahui bahwa sember daya manusia merupakan sumber daya paling terpenting yang dapat menunjang terlaksanakannya kegiatan dalam organisasi atau perusahaan.

Karena SDM merupakan unsur terpenting, perlu diadakannya suatu upaya agar tercapainya sumber daya manusia yang berkualitas. Tingkat kulaitas sumber daya manusia dapat diukur dengan prestasi yang dicapai.

Dari ulasan di atas, kali ini Pusat Tesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Skripsi, Tesis  tertarik membahas mengenai kualitas sumber daya manusia.

Manusia yang berkualitas adalah SDM yang komperhensip dalam berfikir dan selalu mengantisipasi tuntutan di masa depan, memiliki sikap positif, berperilaku terpuji, dan berwawasan, serta memiliki kemampuan, keterampilan , dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan diberbagai bidang serta sektor pembangunan. Sifat-sifat manusia yang berkualitas, meliputi :

1. Dedikasi     

Seseorang manusia yang unggul haruslah mempunyai rasa pengabdian terhadasp tugas dan pekerjaannya. Dia harus memiliki visi jauh kedepan. Seorang yang berdedikasi adalah seorang yang disiplin karena terfokus kepada apa yang ingin diwujudkan.

2. Jujur      

Kejujuran memang penting tidak hanya jujur pada orang lain tapi jujur  pada diri sendiri. Terhadap orang lain seorang harus dapat bekerja sama, dan didalam kerjasama itu harus dilandasi rasa saling percaya. Orang juga harus jujur pada kemampuan dirinya sendiri, umpamanya saja jujur pada apa yang dapat diperbuat dan apa yang tidak dapat diperbuat.

3. Inovatif    

Seorang manusoia unggul bukan lah manusia rutin yang puas dengan apa yang telah dicapainya, melainkan manusia yng unggul adalah manusia yang kreatif, yang selalu aktif mencari hal-hal yang baru.

4. Tekun         

Manusia unggul ialah seorang yang dapat memfokuskan perhatiannya kepada sesuatu yang dikerjakannya. Ketekunan akan menghasilkan sesuatu, karena manusia unggul tidak akan berhenti sebelum dia membuahkan sesuatu.

5. Ulet  

Manusia unggul adalah manusia yang tidak mudah putus asa. Dia kan terus-menerus mencari dan mencari, dibantu sikap tekun, maka keuletan akan membawa dia kepada sesuatu dedikasi pekerjaan  yang baik dan bermutu.

Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan keseluruhan potensi tenaga kerja yang terdapat di dalam suatu negara/daerah sehingga dapat menggambarkan jumlah angkatan kerja dari suatu negara/daerah.  Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia menurut Beberapa Ahli :

1. Edwin B. Flippo  

Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dari pada pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemisahaan sumber daya manusia ke suatu titik akhir dimana tujuan-tujuan perorangan, organisasi dan masyarakat terpenuhi.

2. Andrew F. Sikula  

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah proses penarikan, penyeleksian, penempatan, indoktrinasi, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia oleh dan di dalam suatu perusahaan.

3. Wayne F. Cascio/Elias M. Awad     

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah penarikan, seleksi, penerimaan, pengembangan dan pemanfaatan sumber daya manusia dalam rangka pencapaian tujuan baik individu maupun organisasi.

Pengembangan (Development), bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan SDM yang telah dimiliki, sehingga tidak akan tertinggal oleh perkembangan organisasi serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

  1. Pelatihan dan Pengembangan (Training and Development).
  2. Pengembangan Karir (Career Development).

Demikian artikel yang membahas mengenai Sumber Daya Manusia, Ciri-Ciri SDM Berkualitas, Manajemen SDM, Pengembangan SDM. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi baha acuan refrensi anda.

Artikel Yang Terkait: