Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Rasio Leverage dan Informasi Arus Kas dlm Memprediksi Laba Perusahaan yg Akan Datang

Judul Skripsi : Analisis Kemampuan Rasio Leverage dan Informasi Arus Kas dalam Memprediksi Laba Perusahaan yang Akan Datang (Studi pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar dalam Jakarta Islamic Index di BEI Periode 2008-2010)

 

A. Latar Belakang Skripsi

Penelitian Fardiansyah (2006) dengan judul “Evaluasi Nilai Intrinsik Saham dengan Pendekatan Fundamental”. Target dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui saham yang undervalued, dengan memprediksi nilai intrinsik saham yang merupakan nilai variabel-variabel fundamental yang meliputi ROE, EPS, PER, PBV terhadap harga pasar saham. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa hampir dari nilai intrinsik saham pada saham-saham Jakarta Islamic Index (JII) lebih besar dari harga pasar saham, oleh karena itu saham yang undervalued lebih besar dari saham overvalued. Sehingga proporsi saham yang undervalued setiap periode lebih dari 50%.

Berdasarkan beberapa penelitian sebelumnya yang menganalisis pengaruh rasio keuangan maupun arus kas terhadap prediksi laba yang akan datang pada indeks saham umum, maupun beberapa penelitian pada Jakarta Islamic Index (JII), peneliti ingin menguji kembali pengaruh rasio keuangan maupun arus kas terhadap perubahan relatif laba satu tahun yang akan datang pada perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII) pada Bursa Efek Indonesia untuk periode tahun 2008, 2009, dan 2010. Adapun dalam meneliti rasio keuangan, peneliti mengambil salah satu jenis rasio, yaitu rasio leverage. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara rasio keuangan (khususnya rasio leverage) dan arus kas dalam memprediksi laba perusahaan.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah rasio leverage (Long Term Debt to Total Assets / LTD-TA) mampu memprediksi laba perusahaan di masa yang akan datang?
  2. Apakah informasi arus kas (arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan) mampu memprediksi laba perusahaan di masa yang akan datang?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Menganalisis kemampuan leverage (Long Term Debt to Total Assets / LTD-TA) dalam memprediksi laba perusahaan di masa yang akan datang.
  2. Menganalisis kemampuan informasi arus kas (arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan) dalam memprediksi laba perusahaan di masa yang akan datang.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan Berdasarkan hasil uji F, diketahui bahwa sig F hitung < 0,05. Hal ini berarti bahwa Long Term Debt to Total Assets (LTD-TA), arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan berpengaruh signifikan terhadap laba di masa yang akan datang secara bersamasama. Hasil output pengujian SPSS juga menjelaskan bahwa variabel dependen dalam hal ini Laba Akuntansi (LA) dapat dijelaskan sebesar 59,2% oleh variabel-variabel independennya. Hal itu terlihat dari nilai adjusted R Square sebesar 0,592. Sedangkan sebesar 40,8% variabel LA dijelaskan oleh variabel lain yang tidak tercantum dalam model.

 

E. Saran

Hasil penelitian ini memberikan saran bagi penelitian yang akan datang untuk melakukan pengkajian lebih lanjut terkait dengan pemilihan rasio keuangan leverage yang lainnya yang memiliki karakteristik yang sama dengan Long Term Debt to Total Assets (LTDTA) dalam memprediksi laba yang akan datang, dan juga untuk membuktikan secara nyata tentang adanya perbedaan karakteristik antara arus kas operasional, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan, khususnya jika dihubungkan dengan kemampuan prediksinya terhadap laba maupun yang sejenisnya.