Proses Inovasi Organisasi

Proses Inovasi
Proses Inovasi

Proses Inovasi~ Seperti yang diketahui bahwa semua orang pasti akan cepeat merasa bosan melakukan kegiatan yang monoton. Begitu juga kegiatan yang ada dalam organisasi akan terasa membosankan jika pemikiran kegiatan trsebut tidak disertai dengan inovasi.

Inovasi merupakan gaya, terobosan baru yang dilakukan agar setiap kegiatan organisasi memiliki progress. Dalam inovasi organisasi tidak semata-mata lahir tanpa adanya proses.

Dalam artikel kali ini secara khusus Pusat Tesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Skripsi, Tesis  akan memberikan wawasan kepada anda mengenai proses inovasi.

Proses inovasi sendiri merupakan sederet aktivitas yang dilakukan tiap-tiap individu atau bersama dalam suatu organisasi atau kelompok mulai dari tahap sadar adanya pelaksanaan inovasi.

Kata proses mengandung arti bahwa aktivitas itu dilakukan dengan memakan waktu dan setiap saat tentu terjadi perubahan.  Berapa lama waktu yang dipergunakan selama proses itu berlangsung akan berbeda antara orang satu atau organisasi satu  dengan yang lain tergantung kepada  kepekan orang atau organisasi  terhadap inovasi. Demikian pula selama proses inovasi  itu berlangsung akan selalu terjadi perubahan yang berkesinambungan sampai proses itu dinyatakan berakhir.

Dalam mempelajari proses inovasi para ahli mencoba mengidentifikasi kegiatan apa saja yang dilakukan individu selama proses itu berlangsung serta perubahan apa saja yang terjadi dalam inovasi, maka hasilnya diketemukan pentahapan proses inovasi.

Beberapa tahapan dari proses inovasi sangatlah beragam. Di bawah ini kami jabarkan proses inovasi yang ada dalam tiap-tiap individu.

Beberapa model proses inovasi yang berorientasi pada individu :

1. Lavidge & Steiner (1961)

Menyadari – mengetahui – menyukai – memilih – mempercayai – membeli.

2. Rogers (1962)

Menyadari – menaruh perhatian – menilai – mencoba menerima (Adoption).

3. Colley (1961)

Belum menyadari – manyadari – memahami – mempercayai – menagmbil tindakan.

4. Robertson (1971)

Presepsi tentang masalah – manyadari – memahami – menyikapi – mengesahkan – mencoba – menerima  (Adoption) – disonansi.

Beberapa model proses inovasi yang berorientasi pada organisasi

1. Milo (1971)

  • Konseptualisasi
  • Tentatif Adopsi
  • Penerimaan Sumber
  • Implementasi
  • Institualisasi

2. Shepard (1967)

  • Penemu ide
  • Adopsi
  • Implementasi

Inovasi tidak hanya terjadi dalam masyarakat terbuka dan masyarakat luas, tetapi juga terjadi dalam sebuiah organisasi. Proses inovasi dalam sebuah organisasi memiliki beberapa tantangan positif dan negatif, dimana diantaranya adalah kepekaan anggota-anggota organisasi terhadap inovasi tersebut serta besar kecilnya ukuran sebuah organisasi juga turut menentukan sulit atau tidaknya inovasi diterima dalam sebuah organisasi tersebut.

Demikian artikel yang berisi tentang Proses Inovasi, Model Inovasi Individu, Model Inovasi Organisasi. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Artikel Yang Terkait: