Profesionalitas Guru pada Sekolah Dasar Negeri

Judul Skripsi : Hubungan Keefektifan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Profesionalitas Guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri

A. Latar Belakang Masalah

Kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan profesionalitas guru pada masing–masing SD Negeri di Kecamatan Ngadirojo tentunya berbeda satu dengan lainnya menurut persepsi para guru atau orang-orang didalam argumentasi SD tersebut, hal ini tentunya setelah diadakan penelitian akan ditemukan sebuah kondisi yang menggambarkan dalam analisis deskriptifnya tentang efektifitas kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri seKecamatan Ngadirojo nilai sekolah dan profesionalitas guru secara keseluruhan di SD Negeri Kecamatan Ngadirojo.

Dari beberapa kenyataan di atas itulah maka menimbulkan ide bagi peneliti untuk meneliti lebih lanjut mengenai pengaruh efektifitas kepemimpinan kepala sekolah yang sering kali dipersepsikan berbeda-beda oleh para guru yang berkaitan pada perbedaan profesionalitas para guru.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

Berdasarkan identifikasi dan pembatasan masalah tersebut di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Apakah ada hubungan yang signifikan keefektifan kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalitas guru di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngadirojo?
  2. Apakah ada hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dengan profesionalitas guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ngadirojo?
  3. Apakah ada hubungan yang signifikan keefektifan kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah dengan profesionalitas guru pada Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ngadirojo?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dn profesionalitas guru pada SD Negeri, serta ingin mengetahui adanya hubungan keefektifan kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah dengan profesionalitas guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian yang telah dilakukan terhadap guru-guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri dengan menggunakan taraf signifikansi 5%, maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalitas guru.
  2. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara iklim sekolah dengan profesionalitas guru.
  3. Terdapat hubungan yang positif dan signifikans antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah dengan profesionalitas guru.

 

E. Saran

  1. Kepala sekolah hendaknya selalu melakukan supervisi terhadap guru dan membimbing serta membina guru agar selalu melaksanakan tugasnya secara optimal.
  2. Kepala sekolah dan guru-guru hendaknya selalu berusaha untuk memanfaatkan sumberdaya yang ada disekolah semaksimal mungkin sehingga proses belajar mengajar agar berjalan dengan baik dan menyenangkan.
  3. Kepala sekolah, guru dan staf lainya hendaknya mampu menciptakan lingkungan sekolah yang positif dan menyenangkan sehingga suasana sekolah selalu dalam keadaan aman, damai dan menyenangkan untuk belajar.
  4. Guru-guru hendaknya selalu meningkatkan profesionalismenya dengan selalu membuat perencanaan pembelajaran dengan baik, memilih dan menggunakan media dan metode pembelajaran yang tepat, merancang skenario pembelajaran yang baik , selalu memotivasi siswa, merancang pengelolaan kelas dengan baik, menyusun rencana pembelajaran yang rapi, praktis, dan mudah dipahami, melaksanakan pembelajaran dengan baik, mengelola ruang, waktu, media, dan sumber belajar dengan baik, efektif dan efisien, menggunakan strategi pembelajaran yang baik, bersikap terbuka, luwes, dan mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar, serta melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar.