Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Problem Posing – Tipe STAD terhadap pada Materi Pythagoras dari Aktivitas Belajar Siswa

Judul Skripsi : Efektivitas Pembelajaran Problem Posing – Tipe STAD terhadap pada Materi Pythagoras Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa

 

A. Latar Belakang Masalah

Agar proses pembelajaran berhasil, guru diharapkan mampu menerapkan metode yang tepat dan sesuai dengan pengajaran matematika, guru diharapkan menanamkan prinsip atau konsep yang ada. Dalam hal ini sebelum siswa menyelesaikan sebuah soal, siswa harus memahami soal tersebut secara menyeluruh. Ia harus tahu apa yang diketahui, apa yang dicari, rumus atau teorema yang harus digunakan dan cara penyelesaiannya. Untuk itu dalam mengerjakan soal-soal matematika diperlukan siasat atau strategi dalam penyelesaiannya.

Mengingat begitu pentingnya strategi dalam penyelesaian masalah matematika, maka untuk menyelesaikan sebuah soal cerita yang pada kenyataannya siswa masih kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal tersebut, sangat diperlukan langkah-langkah untuk mempermudah pemahamannya. Salah satu strategi yang efektif dalam menciptakan pembelajaran aktif dan menyenangkan tentunya dengan melibatkan peserta didik dalam kegiatan diskusi di kelas. Pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik dalam kegiatan diskusi kelas dengan suasana belajar aktif telah mulai dilakukan oleh guru yaitu dengan model pembelajaran kooperatif salah satunya yaitu dengan tipe STAD tetapi ternyata masih belum cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada suatu konsep, oleh karena itun perlu dicobakan lagi pembelajaran kooperatif yang melibatkan peserta didik dengan suasana belajar aktif dan memberikan strategi dalam penyelesaian soal, dapat diterapkan yaitu dengan model pembelajaran Problem Posing.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah pembelajaran model Problem Posing lebih efektif daripada pembelajaran dengan model konvensional pada pokok bahasan Teorema Pythagoras pada peserta didik SMP di Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2010/2011?
  2. Apakah pembelajaran model Cooperative Learning tipe STAD lebih efektif daripada pembelajaran dengan model konvensional pada pokok bahasan Teorema Pythagoras pada peserta didik SMP di Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2010/2011?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Efektivitas pembelajaran dengan model Problem Posing dibandingkan model konvensional
  2. Efektivitas pembelajaran dengan model Cooperative Learning tipe STAD dibandingkan model konvensional

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan landasan teori dan didukung hasil analisis yang telah disajikan dalam BAB IV serta mengacu pada perumusan masalah yang telah dikemukakan di depan, maka kesimpulan yang dapat ditarik adalah bahwa pada kelas VIII SMP di Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2010/2011 pada pokok bahasan Teorema Pythagoras:

1. Pada peserta didik yang diberi model pembelajaran Problem Posing memiliki prestasi lebih baik daripada peserta didik yang diberi model pembelajaran Konvensional, berarti bahwa model pembelajaran Problemn Posing lebih efektif daripada model pembelajaran Konvensional.

2. Pada peserta didik yang diberi model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD memiliki prestasi lebih baik daripada peserta didik yang diberi model pembelajaran Konvensional, berarti bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD lebih efektif daripada model pembelajaran Konvensional.

3. Pada peserta didik yang diberi model pembelajaran Problem Posing memiliki prestasi lebih baik daripada peserta didik yang diberi model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD, berarti bahwa model pembelajaran Problem Posing lebih efektif daripada model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD.