Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Minat Belajar dgn Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Ibu III

Judul Skripsi : Hubungan Persepsi tentang Kualitas Proses Pembelajaran dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Ibu III/ Ibu Nifas pada Mahasiswa Reguler Semester III di Akademi Kebidanan Harapan Mulya

A. Latar Belakang Masalah

Mata kuliah asuhan kebidanan ibu III/Nifas merupakan salah satu mata kuliah yang paling pokok dan dominan untuk menjadi seorang Bidan disamping mata kuliah yang lainnya. Mata kuliah ini memberikan asuhan kebidanan pada ibu dalam masa nifas dengan pendekatan managemen kebidanan didasari konsep-konsep, sikap dan ketrampilan serta hasil evidence based dengan pokok bahasan konsep dasar nifas, beberapa faktor yang mempengaruhi masa nifas, proses adaptasi psikologi dalam masa nifas, kebutuhan dasar pada ibu dalam masa nifas. Asuhan dalam masa nifas, deteksi dini, komplikasi dalam masa nifas dan penanganannya, dan cara pendokumentasian asuhan masa nifas (Depkes RI, 2002;14).

Penelitian mengenai hubungan persepsi tentang kwalitas proses pembelajaran dan minat belajar terhadap prestasi belajar pada mata kuliah Asuhan Ibu Masa nifas perlu dilakukan, terlebih pada Akademi Kebidanan yang merupakan suatu aset dalam mewujutkan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada umumnya dan pelayanan pada khususnya. Akademi Kebidanan perlu mematangkan proses kegiatan belajar mengajar di ruang kelas tanpa mengabaikan praktek klinik di lapangan. Peningkatan kwalitas belajar mengajar di kelas sangat menunjang peningkatan kemampuan mahasiswa Akademi Kebidanan untuk praktek klinik di lapangan maupun di masyarakat.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah hubungan persepsi tentang kwalitas proses pembelajaran dengan prestasi belajar pada mata kuliah Asuhan kebidanan Ibu III/Ibu Nifas pada mahasiswa reguler semester III di Akademi kebidanan Harapan Mulya Ponorogo?
  2. Adakah hubungan minat dengan prestasi belajar pada mata kuliah Asuhan kebidanan Ibu III/ Ibu Nifas pada mahasiswa reguler semester III di Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo?
  3. Adakah hubungan persepsi tentang kualitas proses pembelajaran dan minat belajar Dengan prestasi belajar pada mata kuliah Asuhan kebidanan Ibu III/ Ibu Nifas pada mahasiswa reguler semester III di Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo?

C. Tujuan Penelitian 

Tujuan Umum

Untuk mengetahui hubungan persepsi tentang kualitas proses pembelajaran dan minat dengan prestasi belajar pada mata kuliah Asuhan kebidanan Ibu III/ Nifas pada mahasiswa reguler semester III di Akademi Kebidanan Harapan Mulia tahun 2010.

Tujuan Khusus

  1. Mengetahui hubungan persepsi tentang kualitas proses pembelajaran dengan prestasi belajar pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Ibu III/ Nifas di Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo tahun 2010.
  2. Mengetahui hubungan Minat dengan prestasi belajar pada mata kuliah asuhan kebidanan ibu III/nifas pada mahasiswa reguler semester III di Akademi Kebidanan Harapan Mulya tahun 2010.

 

D. Simpulan Skripsi

1. Terdapat hubungan positif dan signifikan persepsi tentang kualitas proses pembelajaran dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Askeb ibu III/Nifas di Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo.

2. Terdapat hubungan positif dan signifikan minat belajar mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa di Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo.

3. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi tentang kualitas proses pembelajaran dan minat belajar mahasiswa dengan prestasi belajar di Akademi Kebidanan Harapan Mulya Ponorogo.