Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Askeb

Judul Skripsi : Hubungan Kecerdasan Emosi dan Kesiapan Belajar dengan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan I Mahasiswa Semester II Akbid Mitra Husada Karanganyar

A. Latar Belakang Masalah Skripsi

Prestasi belajar pada sebagian mahasiswa yang kurang memuaskan pada mata kuliah Asuhan Kebidanan I (kehamilan) ini kemungkinan dipengaruhi oleh kemampuan mengatur emosi dan kesiapan belajar mereka yang kurang, karena aspek kesiapan antara lain kondisi fisik, mental, kebutuhan, motif dan tujuan, keterampilan dan aspek emosional walaupun pada penelitian ini emosional ditinjau dari kecerdasan emosi (Slameto, 2003). Hasil wawancara yang dilakukan oleh penulis terhadap beberapa dosen menyatakan bahwa pada mata kuliah asuhan kebidanan I masih ada mahasiswa yang menampakkan perhatian yang kurang terhadap perkuliahan karena tidak ada kesiapan belajar sebelumnya, kurangnya semangat, motivasi, keuletan untuk belajar, hal ini mencerminkan kurangnya kecerdasan emosi mahasiswa. Ini didukung oleh pernyataan beberapa mahasiswa bahwa kurangnya kesiapan mereka dalam belajar sehingga banyak diantara mereka yang dalam mengikuti perkuliahan belum maksimal.

Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk meneliti “Hubungan Kecerdasan Emosi dan Kesiapan Belajar dengan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan I Mahasiswa Semester II Akbid Mitra Husada Karanganyar”.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar pada mata kuliah Askeb I mahasiswa semester II di AKBID Mitra Husada Karanganyar?
  2. Adakah hubungan kesiapan belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah Askeb I mahasiswa semester II di AKBID Mitra Husada Karanganyar?
  3. Adakah hubungan kecerdasan emosi dan kesiapan belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah Askeb I mahasiswa semester II di AKBID Mitra Husada Karanganyar?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan kecerdasan emosi dan kesiapan belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah Askeb I mahasiswa semester II di AKBID Mitra Husada Karanganyar.

Tujuan Khusus

Menganalisa hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar pada mata kuliah Askeb I mahasiswa semester II di AKBID Mitra Husada Karanganyar.

 

D. Simpulan

1. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Askeb I mahasiswa semester II Akbid Mitra Husada Karanganyar. Hal ini berarti mahasiswa yang mempunyai kecerdasan emosi yang baik maka akan semakin baik juga prestasi belajarnya.

2. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Askeb I mahasiswa semester II Akbid Mitra Husada Karanganyar. Hal ini berarti mahasiswa yang mempunyai kesiapan belajar yang baik maka akan semakin baik juga prestasi belajarnya.

3. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dan kesiapan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Askeb I mahasiswa semester II Akbid Mitra Husada Karanganyar. Hal ini berarti mahasiswa yang mempunyai kecerdasan emosi dan kesiapan belajar yang baik maka akan semakin baik juga prestasi belajarnya.kesiapan belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah Askeb I mahasiswa semester II di AKBID Mitra Husada Karanganyar.