Prestasi Belajar Mata Kuliah KDPK di Prodi D-III Kebidanan

Judul Skripsi : Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah KDPK pada Mahasiswa Prodi D-III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan

A. Latar Belakang 

Fenomena yang terjadi pada Prodi D-III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan  pada tahun ajaran 2009 / 2010, dari hasil evaluasi mahasiswa semester I sebanyak 77 mahasiswa didapatkan 40 mahasiswa (51,9%) yang tidak lulus pada ujian utama dengan indeks prestasi di bawah 2,00 sehingga harus mengikuti uji perbaikan. Setelah uji perbaikan barulah bisa dinyatakan lulus dengan hasil Indeks Prestasi antara 2,00 – 2,75.

Berdasarkan data diatas menunjukkan Prestasi belajar mahasiswa yang masih kurang maksimal. Hal ini mendorong peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hubungan kecerdasan emosional dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar belajar mata kuliah KDPK pada mahasiswa Prodi D-III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mata kuliah KDPK?
  2. Apaka ada hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata kuliah KDPK?
  3. Apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dan kemandirian belajar secara bersama – sama dengan prestasi belajar mata kuliah KDPK pada Mahasiswa Prodi D-III Kebidanan?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Menganalisis hubungan kecerdasan emosional dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata kuliah KDPK pada Mahasiswa Prodi D-III Kebidanan.

Tujuan Khusus

  • Menganalisis hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mata kuliah KDPK.
  • Menganalisis hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata kuliah KDPK.

 

D. Kesimpulan

1. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar mata kuliah ketrampilan dasar praktek klinik kebidanan pada mahasisawa semester I Prodi D-III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Jombang tahun 2011. Hal ini berarti mahasiswa yamg mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi maka akan semakin tinggi juga prestasi belajarnya.

2. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemandirian belajar dan prestasi belajar mata kuliah ketrampilan dasar praktek klinik kebidanan pada mahasiswa Prodi D-III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Jombang tahun 2011. Hal ini berarti mahasiswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi maka akan semakin tinggi juga prestasi belajarnya.

3. Terdapat hubungan positif yang signifikan kecerdasan emosional dan kemandirian belajar secara bersama – sama dengan prestasi belajar mata kuliah ketrampilan dasar praktek klinik kebidanan pada mahasiswa Prodi D-III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Jombang tahun 2011. Hal ini berarti mahasiswa yang mempunyai kecerdasan emosional dan kemandirian belajar yang tinggi maka akan semakin tinggi juga prestasi belajarnya.