Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Prestasi Belajar Kebutuhan Dasar Manusia pada Mahasiswa

Judul Skripsi : Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Kinerja Dosen dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Kebutuhan Dasar Manusia pada Mahasiswa Program Studi Diploma III Keperawatan

A. Latar Belakang Masalah Skripsi

Dari data diperoleh nilai UAS tahun 2009 yang mengacu pada PAP (Penilaian Acuan Patokan) dengan mata kuliah Kebutuhan Dasar Manusia pada mahasiswa tingkat I dengan jumlah 60 orang yang mendapat nilai A (5%), B (15%), C (40%), D (25%), E (15%). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan sementara bahwa nilai mata kuliah Kebutuhan Dasar Manusia pada mahasiswa tingkat I tahun 2009 adalah kurang memuaskan. Sebagai altematif solusi permasalahan diatas adalah memodifikasi proses belajar mengajar, yaitu meningkatkan kinerja dosen dalam menyampaikan materi perkuliahan, menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Diharapkan aiternatif solusi ini membawa dampak positif dalam kerberhasilan proses belajar mengajar di Institusi Program Studi Diploma III Keperawatan Universitas Bondowoso.

Berdasarkan permasalahan di atas peneliti tertarik untuk meneliti tentang “Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Kinerja Dosen Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Kebutuhan Dasar Manusia Pada Mahasiswa Program Studi Diploma III Keperawatan Universitas Bondowoso”.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan persepsi mahasiswa tentang kinerja dosen dengan prestasi belajar kebutuhan dasar manusia pada mahasiswa di Program Studi Diploma III Keperawatan Universitas Bondowoso?
  2. Apakah ada hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar kebutuhan dasar manusia pada mahasiswa di Program Studi Diploma III Keperawatan Universitas Bondowoso?
  3. Apakah ada hubungan persepsi mahasiswa tentang kinerja dosen dan motivasi belajar dengan prestasi belajar kebutuhan dasar manusia pada mahasiswa di Program Studi Diploma III Keperawatan Universitas Bondowoso?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum :

Menganalisis hubungan persepsi mahasiswa tentang kinerja dosen dan motivasi belajar dengan prestasi belajar kebutuhan dasar manusia pada mahasiswa di Program Studi Diploma III Keperawatan Universitas Bondowoso.

 

Tujuan Khusus :

  1. Mengidentifikasi hubungan persepsi mahasiswa tentang kinerja dosen dengan prestasi belajar kebutuhan dasar manusia pada mahasiswa di Program Studi Diploma III Keperawatan Universitas Bondowoso.
  2. Mengidentifikasi hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar kebutuhan dasar manusia pada mahasiswa di Program Studi Diploma III Keperawatan Universitas Bondowoso.
  3. Mengidentifikasi hubungan persepsi mahasiswa tentang kinerja dosen dan motivasi belajar dengan prestasi belajar kebutuhan dasar manusia pada mahasiswa di Program Studi Diploma III Keperawatan Universitas Bondowoso.

 

D. Kesimpulan

1. Terdapat hubungan persepsi mahasiswa tentang kinerja dosen dengan prestasi belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,534 (kekuatan korelasi cukup) dan signifikansi 0,02 lebih kecil dari a=0,05 yang bermakna korelasi antara kedua variabel signifikan dengan arah korelasi positif.

2. Terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Kebutuhan Dasar Manusia dengan koefisien korelasi sebesar 0,617 (kekuatan korelasi cukup) dan signifikansi 0,00 lebih kecil dari a=0,05 yang bermakna korelasi antara kedua variabel signifikan dengan arah korelasi positif.

3. Terdapat hubungan persepsi mahasiswa tentang kinerja dosen dan motivasi belajar dengan prestasi prestasi belajar kebutuhan dasar manusia dengan nilai F 8.611 dengan signifikansi 0,01 yang bermakna dimana variabel persepsi dan motivasi secara bersama-sama (serempak) mempengaruhi prestasi belajar kebutuhan dasar manusia.