Prestasi Belajar dgn Kompetensi Ketrampilan Dasar Praktik Klinik

Judul Skripsi : Prestasi Belajar dengan Kompetensi Ketrampilan Dasar Praktik Klinik

 

A. Latar Belakang Masalah

Penilaian dalam pendidikan tinggi menggunakan indeks prestasi (IP) N sebagai indikator dari prestasi belajar mahasiswa dalam satu atau lebih semester yang diperoleh dengan jalan membagi jumlah nilai tersebut dengan jumlah SKS (sistem kredit semester) yang ditempuh oleh mahasiswa (Depkes RI, 2002).

Hasil studi pendahuluan di Akademi Bhakti Nusantara Salatiga dengan melakukan wawancara dan studi dokumentasi pada 10 mahasiswa semester 2 yang telah mendapatkan materi dan ketrampilan KDPK dengan motivasi belajar tinggi 50%, motivasi sedang 30% dan motivasi rendah 20%. Berdasarkan prestasi belajar KDPK adalah 20% sangat memuaskan, 50% memuaskan dan 30% cukup memuaskan. Sedangkan berdasarkan kompetensi praktik klinik KDPK adalah 40% sangat memuaskan, 50% memuaskan dan 10% cukup memuaskan.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Dengan Kompetensi Ketrampilan Dasar Praktik Klinik (KDPK) Mahasiswa Tingkat I Akademi Kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga.

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Mengetahui Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Dengan Kompetensi Ketrampilan Dasar Praktik Klinik (KDPK) Mahasiswa Tingkat I Akademi Kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga.

 

Tujuan Khusus

  1. Mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kompetensi Dasar Praktik Klinik (KDPK) mahasiswa Tingkat I akademi kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga.
  2. Mengetahui hubungan antara prestasi belajar dengan kompetensi praktik Ketrampilan Dasar Praktik Klinik (KDPK) mahasiswa Tingkat I akademi kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga.

D. Kesimpulan

1. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan kompetensi Ketrampilan Dasar Praktik Klinik (KDPK) mahasiswa tingkat I Akademi kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga.

2. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara prestasi belajar dengan kompetensi Ketrampilan Dasar Praktik Klinik (KDPK) mahasiswa tingkat I Akademi Kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga.

3. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar dengan kompetensi Ketrampilan Dasar Praktik Klinik (KDPK) mahasiswa tingkat I Akademi kebidanan Bhakti Nusantara Salatiga.

E. Saran

1. Bagi Pendidikan

Untuk mengembangkan strategi belajar dalam rangka meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dengan melaksanakan tes motivasi untuk mengetahui sejauh mana motivasi mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran. Adanya nilai minimal sebagai syarat untuk melaksanakan praktek klinik  baik dilaboratorium klinik maupun dilahan praktek. Nilai minimal 3.00 dapat dijadikan nilai minimal mahasiswa untuk bisa melaksanakan praktek. klinik. Dengan prestasi yang baik, diharapkan kompetensi praktek mahasiswa juga semakin baik seperti hasil dalam penelitian ini.

2. Bagi Mahasiswa

Untuk mengembangkan prestasi dan motivasi serta berperan aktif dalam pencapaian kompetensi prakek klinik mahasiswa serta mengembangkan strategi praktek klinik khususnya praktek klinik KDPK.