Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Persepsi Mahasiswa tentang Kepribadian dan Kemampuan Dosen dlm Mengajar

Judul Skripsi : Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Kepribadian dan Kemampuan Dosen dalam Mengajar dengan Kebidanan Bhakti Husada Mulia Madiun

 

A. Latar Belakang Masalah

Dalam keseluruhan upaya pendidikan, proses belajar mengajar (PBM) merupakan aktivitas yang paling penting, karena melalui proses inilah tujuan pendidikan akan tercapai dalam bentuk perubahan perilaku peserta didik. Untuk mewujudkan tujuan proses belajar mengajar, banyak faktor yang dapat jadi penentu. Menurut Makmun dalam Riduwan, 2008 setidaknya ada tiga unsur yang harus terdapat dalam proses belajar mengajar yaitu (1) peserta didik (siswa/mahasiswa) dengan segala karakteristiknya untuk mengembangkan dirinya seoptimal mungkin melalui kegiatan belajar, (2) pengajar (Dosen) yang selalu mengusahakan terciptanya situasi yangyang tepat untuk belajar sehingga memungkinkan untuk terjadinya proses pengalaman belajar, dan (3) tujuan, yaitu sesuatu yang diharapkan setelah adanya kegiatan belajar. Uraian diatas menunjukkan kepada kita bahwa dalam proses belajar mengajar terdapat dua subyek yang berperan yaitu dosen dan mahasiswa. Hal ini mengimplikasikan bahwa proses belajar mengajar merupakan suatu proses interaksi dosen dan mahasiswa yang didasari oleh hubungan yang bersifat mendidik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan (Surakhmad, dalam Riduwan, 2008).

Dosen dalam proses belajar mengajar memiliki multiperan, tidak hanya terbatas sebagai pengajar, yang melakukan transfer of knowledge, tetapi juga sebagai pembimbing yang mendorong potensi, mengembangkan alternatif, dan mobilisasi mahasiswa dalam belajar (Pakpahan, dalam Riduwan, 2008). Dosen memiliki tugas dan tanggungjawab yang kompleks terhadap pencapaian belajar. Dosen tidak hanya dituntut menguasi ilmu yang akan diajarkannya, tetapi juga dituntut menampilkan kepribadian yang mampu menjadi teladan bagi mahasiswanya. Kepribadian dosen berpengaruh pada mahasiswa yang diajarnya.

 

B. Rumusan Masalah

Adakah hubungan persepsi mahasiswa tentang kepribadian dan kemampuan dosen dalam mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Bhakti Husada Mulia Madiun?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Untuk menganalisis hubungan persepsi mahasiswa tentang kepribadian dan kemampuan dosen dalam mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Bhakti Husada Mulia Madiun.

Tujuan Khusus

  1. Untuk menganalisis hubungan persepsi mahasiswa tentang kepribadian dosen dengan motivasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Bhakti Husada Mulia Madiun.
  2. Untuk menganalisis hubungan persepsi mahasiswa tentang kemampuan mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Bhakti Husada Mulia Madiun.
  3. Untuk menganalisis hubungan persepsi mahasiswa tentang kepribadian dan kemampuan dosen dalam mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Bhakti Husada Mulia Madiun.

 

D. Kesimpulan

1. Ada hubungan persepsi mahasiswa tentang kepribadian dosen dengan motivasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Bhakti Husada Mulia Madiun, Terbukti diperoleh r = 0,582 dengan sig = 0,000 < 0,01, dengan tingkat hubungan yang sedang.

2. Ada hubungan persepsi mahasiswa tentang kemampuan dosen dalam mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Bhakti Husada Mulia Madiun. Terbukti diperoleh r = 0,682 dengan sig = 0,000 < 0,01, dengan tingkat hubungan yang kuat.

3. Ada hubungan persepsi mahasiswa tentang kepribadian dan kemampuan dosen dalam mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Bhakti Husada Mulia Madiun. Terbukti diperoleh r = 0,210 dengan sig = 0,026 < 0,05, dengan tingkat hubungan yang rendah.