Perilaku Mahasiswa Kebidanan dlm Pembelajaran Praktik Asuhan Persalinan Normal

Judul Skripsi : Hubungan Minat Belajar dan Kompetensi dengan Perilaku Mahasiswa D III Kebidanan dalam Pembelajaran Praktek APN di Laboratorium Akademi Kebidanan Kutai Husada Tenggarong

 

A. Latar Belakang Masalah

Hasil evaluasi pembelajaran mahasiswa Akademi kebidanan tahun Akademik 2008-2009 dalam pembelajaran APN masih ditemukan kelamahan-kelamahan hasil belajar mahasiswa, termasuk di dalamnya nilai kompetensi. Didapatkan data dari 23 mahasiswa (28,3%) kurang baik perilakunya terhadap klien pada pembelajaran APN di laboratorium. Penjabaranya adalah sebagai berikut: (1) tidak menjelaskan prosedur tindakan yang akan dilakukan kepada klien sebanyak 2 orang (8,69%), (2) tidak bersikap sopan kepada klien saat melayani = 4 orang (17,39%), (3) tidak memposisikan klien dengan benar dalam memberikan asuhan kebidanan pada klien sebanyak 2 orang (8,39%), (4) tidak ada respon mahasiswa baik terhadap keluhan atau reaksi klien sebanyak 7 orang (30,43%), kurang atau tidak sabar dalam memberikan asuhan kebidanan serta kurang teliti dalam melayani klien sebanyak 8 orang (34,78%). Dari keseluruhan uji OSCA Asuhan Persalinan Normal (APN) yang dilakukan terhadap mahasiswa semester III sebanyak 23 orang (38.33%) harus melakukan ujian ulang. Ketidakberhasilan ini patut diduga ada kaitannya dengan minat terhadap mata materi APN ini.

Berpijak dari gambaran diatas, peneliti bermaksud untuk mengetahui hubungan minat belajar dan kompetensi dengan perilaku mahasiswa dalam pembelajaran praktek APN di laboratorium, maka peneliti perlu pembuktian secara ilmiah melalui penelitian ini dengan judul ”Hubungan Minat Belajar dan Kompetensi dengan perilaku Mahasiswa D III Kebidanan Dalam Pembelajaran Praktek APN di Laboratorium Akademi Kebidanan Kutai Husada Tenggarong ”.

 

B. Perumusan Masalah Skripsi

  1. Apakah ada hubungan minat belajar perilaku Mahasiswa Akademi Kebidanan dalam pembelajran praktek asuhan persalinan normal (APN) di Laboratorium Akademi Kebidanan Husada Tenggarong?
  2. Apakah ada hubungan kompetensi dengan perilaku Mahasiswa Akademi Kebidanan dalam praktek Asuhan Persalinan Normal (APN) di Laboratorium Akademi Kebidanan Husada Tenggarong?
  3. Apakah ada hubungan minat belajar dan kompetensi dengan perilaku Mahasiswa Akademi Kebidanan dalam pembelajaran Praktek Asuhan Persalinan Normal (APN) di Laboratorium Akademi Kebidanan Husada Tenggarong?

 

C. Tujuan Penilitian

Tujuan Umum

Untuk mengetahui hubungan minat belajar dan kompetensi dengan perilaku mahasiswa akademi kebidanan dalam pembelajaran praktek Asuhan Persalinan Normal (APN) di laboratorium Akademi Kebidanan Husada Tenggarong tahun 2010.

 

Tujuan Khusus

  1. Untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan perilaku mahasiswa akademi kebidanan praktek Asuhan Persalinan Normal di Laboratorium Akademi Kebidanan Kutai Husada Tenggarong .
  2. Untuk mengetahui hubungan kompetensi dengan perilaku mahasiswaAkademi Kebidanan dalam pembelajaran Praktik Asuhan Persalinan Normal di Laboratorium Akademi Kebidanan Kutai Husada Tenggarong .

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat kesimpilan sebagai berikut :

1. Terdapat hubungan yang signifikan (p=0,002) antara minat belajar dengan perilaku mahasiswa D III Kebidanan dalam pembelajaran praktik asuhan persalinan normal di Laboratorium Akademi kebidanan Kutai Husada Tenggarong.

2. Terdapat hubungan yang signifikan (p=0,000) antara kompetensi dengan perilaku mahasiswa D III Kebidanan dalam pembelajaran praktik asuhan persalinan normal di Laboratorium Akademi kebidanan Kutai Husada Tenggarong.

3. Terdapat hubungan yang signifikan (p=0,000) antara minat belajar dan kompetensi dengan perilaku mahasiswa D III Kebidanan dalam pembelajaran praktik asuhan persalinan normal di Laboratorium Akademi kebidanan Kutai Husada Tenggarong.