Perencanaan dan Pengembangan Karier

Perencanaan Karir
Perencanaan Karir

Perencanaan Karir~ Dalam masalah pekerjaan pasti seseorang menginginkan sebuah karir yang bagus. Dalam pencapaian karir yang bagus tentu dibutuhkan suatu perencanaan yang matang.

Selain perencanaan yang matang, dibutuhkan pula pengembangan yang dapat memberikan kontribusi bagi diri sendiri.

Dalam ulasan di atas Pusat Tesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Skripsi, Tesis  tertarik membahas lebih jauh mengenai perencanaan dan pengembangan karir.

Karier adalah semua jabatan/pekerjaan yang dimiliki/dipegang selama kehidupan kerja seseorang. Perencanaan karier adalah suatu perencanaan tentang kemungkinan seorang karyawan suatu organisasi atau perusahaan sebagai individu meniti proses kenaikan pangkat atau jabatan sesuai persyaratan dan kemampuannya.

Keberhasilan karier seseorang dipengaruhi oleh hal-hal sebagai berikut:

  1. Pendidikan formalnya
  2. Pengalaman kerjanya
  3. Sikap atasannya
  4. Prestasi kerjanya
  5. Bobot pekerjaanya
  6. Adanya lowongan jabatan
  7. Produktifitas kerjanya

Pengembangan karir merupakan suatu usaha atau kondisi yang menunjukkan suatu peningkatan kinerja atau status dalam suatu organisasi atau perusahaan. Program karir sangat perlu dilakukan karena akan mempermudah tahapan yang ada dalam pengembangan karir.

Akan tetapi seringkali kita menemui berbagai macam hambatan yang menghambat pengembangan karir kita sendiri. hal tersebut bisa disebabkan oleh:

  1. Frustasi
  2. Kegagalan dalam lingkungan kerja
  3. Ketegangan satu sama lainnya
  4. ketidakpastian akan loyalitas
  5. Kegelisahan yang ada pada tiap individu

Pengembangan karir yang ada selalu memiliki berbagai jalur serta pilihannya masing-masing untuk memberikan perkembangannya masing-masing.

Arahan yang ada pengembangan gtersebut biasanya berupa suatu upaya. Adapun jalur atau arah pengembangan karir bisa berupa:

  1. Enrichment
  2. Lateral
  3. Vertical
  4. Relocation
  5. Exploration
  6. Realignment

Lateral merupakan suatu pergerakkan yang telah dilakukan dengan berbagai keterampilan dan dari situ dapat memberikan berbagai pelayanan yang ada. Sehingga peluang untuk berhasil akan semakin mudah.

Sedangkan Realignment merupakan perubahan atau jalur yang dilakuakan dengan berbagai peralihan atau pertukaran prioritas dengan berbagai karyawan resiko, tanggung jawab, dan stress.

Demikian artikel yang membahas mengenai Perencanaan Dan Pengembagan Karir, Keberhasilan Karir, Manfaat Perencanaan Karir, Hamatan Pengembangan Karir. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Artikel Yang Terkait:

Incoming search terms: