Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Penilaian Kinerja dan Prestasi Kerja Sumber Daya Manusia

Penilaian Kinerja

Penilaian Kinerja

Penilaian Kinerja~Dalam penilaian tingkat kualitas sumber daya manusia juga dapatdilihat dari segi prestasi kinerjanya tersebut. Agar dapat mengetahui secara pasti kinerja dan prestasi sumber daya manusia dibutuhkan metode yang dapat dijadikan pedoman penilaian.

Dari ulasan singkat di atas, akan di bahas lebih lanjut oleh Pusat Tesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Skripsi, Tesis  yang bertujuan agar artikel ini dapat menambah wawasan ntuk anda.

Kinerja merupakan hasil dari suatu pekerjaan yang dapat dinilai berdasakan kualitas hasil pekerjaan tersebut. Kinerja juga berhubungan dengan berbagai tanggung jawab yang ada.

Penilaian kinerja sendiri lebih mengarah pada suatu sistem yang formal dan memiliki struktur penilaian sendiri, menilai berbagai masukan juga hasil dari penilaian kinerja.

Sedangkan dalam kinerja tentu saja menghasilkan prestasi. Penilaian prestasi juga dilakukan berdasarkan apa yang telah dicapai oleh individu tersebut.

Hal senada disampaikan oleh Handoko:

Penilaian prestasi kerja ( performance appraisal ) proses melalui nama organisasi- oraganisasi mengevaluasi atau menilai prestasi kerja karyawan. Kegiatan ini dapat memperbaiki keputusan- keputusan personalia dan memberikan umpan balik kepada para karyawan tentang pelaksanaan kerja mereka.

Penilaian kinerja pda intinya untuk menilai segala tata perilaku yang dilakuakan oleh tiap-tiap individu. Penilaian kinerja juga dilakukan untuk meminimilkan perilaku yang menyimpang sehingga individu akan memperoleh imbal balik berupa penghargaan.

Dalam penilaian kinerja juga dilakukan dengan berbagai metode. Metode tersebut dapat berupa:

  1. Pendekatan perbandingan (Comparative approach).
  2. Pendekatan berdasarkan sifat (attribute approach).
  3. Pendekatan Berdasarkan Hasil (Result approach)
  4. Pendekatan berdasarkan perilaku.

Demikian artikel yang membahas tentang Penilaian Kinerja, Penilaian Prestasi Kerja, Metode Penilaian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Artikel Yang Terkait: