Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Hubungan Penguasaan Materi Dan Metode Pembelajaran Dosen Dengan Prestasi Belajar

Latar Belakang Masalah Materi Pembelajaran Dosen Dengan Pengaruh Prestasi Mahasiswa

Banyaknya jumlah mahasiswa yang gagal dapat disebabkan oleh beberapa faktor antaralai: faktor mahasiswa, faktor organisasi, faktor dosen dan faktor lingkungan. Idealnya bila motivasi mahasiswa bagus, sarana prasarana lengkap, metode pembelajaran tepat, penguasaan materi dosen tinggi dan lingkungan yang kondusif, akan menghasilkan prestasi belajar mahasiswa yang bagus juga. Tetapi kenyataanya masih ada 31,25 % mahasiswa yang mempunyai IPK kurang dari 3,00. Hal ini menimbulkan keprihatinan bagi pengelola pendidikan, apakah dari mahasiswanya kurang motivasi untuk belajar atau dosennya kurang mampu menyampaikan materi secara tepat dan kurang mampu menguasai materi dalam proses belajar mengajar.

Hasil wawancara pada tanggal 20 Mei 2011 yang dilakukan oleh peneliti pada 10 mahasiswa, menyatakan bahwa ada 6 dosen dalam memberikan materi kurang menarik dan kurang mampu menguasai materi dalam proses belajar mengajar. Terbukti setiap mahasiswa bertanya 60% dosen menjawab “Pertanyaannya kita bahas pada pertemuan yang akan datang”, bahkan parahnya ada dosen yang sms teman dosen lainnya ketika  akan menjawab pertanyaan sehingga mahasiswa malas dan bosan untuk mengikuti proses pembelajaran. Dari latar belakang masalah diatas peneliti tertarik untuk mengetahui Hubungan antara persepsi mahasiswa tentang penguasaan materi dan metode pembelajaran dosen dengan prestasi belajar mahasiswa DIII kebidanan STIKes A. Yani Yogyakarta.

Rumusan Masalah

“Apakah ada hubungan antara persepsi mahasiswa tentang penguasaan materi dan metode pembelajaran dosen dengan prestasi belajar mahasiswa DIII kebidanan STIKes A. Yani Yogyakarta?”

Tujuan

  1. Untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa tentang penguasaan materi dosen dengan prestasi belajar mahasiswa.
  2. Untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa tentang metode pembelajaran dosen dengan prestasi belajar mahasiswa.
  3. Untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa tentang penguasaan materi dan metode pembelajaran dosen dengan prestasi belajar mahasiswa DIII kebidanan STIKes A. Yani Yogyakarta.

Kesimpulan

Dari pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang penguasaan materi dosen dengan prestasi belajar mahasiswa. Yaitu semakin baik persepsi mahasiswa tentang penguasaan materi dosen, semakin baik prestasi belajar mahasiswa.
  2. Ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang metode pembelajaran dosen dengan prestasi belajar mahasiswa. Yaitu semakin baik persepsi mahasiswa tentang metode pembelajaran dosen, semakin baik prestasi belajar mahasiswa.
  3. Ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang penguasaan materi dan metode pembelajaran dosen dengan prestasi belajar mahasiswa. Yaitu semakin baik persepsi mahasiswa tentang penguasaan materi dan metode pembelajaran dosen, semakin baik prestasi belajar mahasiswa DIII Kebidanan STIKes A Yani Yogyakarta.

Saran

  1. Perlu dilakukan penelitian yang sama dengan menggunakan desain penelitian kohort.
  2. Bagi institusi STIKes A Yani Yogyakarta , perlu dilakukan pelatihan, seminar ataupun workshop terhadap keseluruhan dosen DIII Kebidanan STIKes A Yani Yogyakarta mengenai persiapan materi yang baik dan penggunaan metode pembelajaran yang tepat sehingga bisa menaikkan rata-rata nilai Indeks Prestasi mahasiswa. Selain itu juga diperlukan penambahan sumber informasi seperti buku dan jurnal penelitian sehingga wawasan dosen bisa lebih luas.