Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Penguasaan Kalimat Efektif dan Persepsi Siswa

Judul Skripsi : Hubungan Penguasaan Kalimat Efektif dan Persepsi Siswa terhadap Cara Mengajar Guru dengan Kemampuan Mengembangkan Paragraf

 

A. Latar Belakang Masalah

Penguasaan kalimat efektif yang rendah, ketidak berhasilan siswa memiliki kemampuan mengembangkan paragraf, juga dapat dihubungkan dengan masalah persepsi siswa terhadap cara guru mengajar. Cara guru mengajar yang tidak menarik, monoton, menjemukan akan memberikan persepsi negatif pada siswa, yang akhirnya akan berdampak pada hasil belajar yang diperoleh. Sebaliknya, guru yang mengajar dengan kreatif, memberikan kesempatan luas pada siswa untuk berpikir, bekerja sama dalam belajar kelompok, berdiskusi, dan memberikan tantangan pada siswa untuk memecahkan masalah, akan lebioh memberikan dampak yang lebih positif, karena mau tidak mau dengan iklim yang diciptakan seperti itu akan membuat siswa lebih siap belajar.

Berdasarkan uraian di atas, agar siswa memiliki kemampuan dasar menulis dalam berbagai bentuk paragraf, siswa perlu memiliki penguasaan kalimat efektif yang cukup memadai, dan juga persepsi yang positif terhadap cara mengajar guru. Untuk itu perlu diberikan pelatihan yang cukup karena pada dasarnya menulis atau mengembangkan paragraf adalah suatu keterampilan yang harus dicoba dan dipraktikkan. Dengan banyak berlatih, siswa akan lebih berani mencoba untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, pengalaman, dan ide-ide kreatifnya secara tertulis dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif).

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Apakah ada hubungan antara penguasaan kalimat efektif dan kemampuan mengembangkan paragraf?
  2. Apakah ada hubungan antara persepsi siswa terhadap cara guru mengajar dan kemampuan mengembangkan paragraf?
  3. Apakah ada hubungan antara penguasaan kalimat efektif dan persepsi siswa terhadap cara guru mengajar secara bersama-sama dengan kemampuan mengembangkan paragraf?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penguasaan kalimat efektif dan persepsi siswa terhadap cara mengajar guru secara bersama – sama dengan kemampuan mengembangkan paragraf.

Tujuan Khusus

  1. Hubungan antara penguasaan kalimat efektif dan kemampuan mengembangkan paragraf
  2. Hubungan antara persepsi siswa terhadap cara mengajar guru dan kemampuan mengembangkan paragraf
  3. Hubungan antara penguasaan kalimat efektif dan persepsi siswa terhadap cara mengajar guru secara bersama-sama dengan kemampuan mengembangkan paragraf

D. Simpulan

Ketiga hipotesis penelitian yang diajukan oleh peneliti dapat diterima dan teruji kebenarannya secara empiris Dengan demikian penguasaan kalimat efektif dan persepsi siswa terhadap cara guru mengajar secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama memiliki hubungan positif dengan kemampuan mengembangkan paragraf. Jika dilihat besar nilai sumbangan variabel bebas (prediktor) kepada variabel terikat (respons), diketahui bahwa penguasaan kalimat efektif memberikan sumbangan atau kontribusi yang lebih besar daripada persepsi siswa terhadap cara guru mengajar.