Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Penguasaan Kalimat Efektif dan Motivasi Menulis

Judul Skripsi : Hubungan Penguasaan Kalimat Efektif dan Motivasi Menulis dengan Keterampilan Menulis Surat Niaga

 

A. Latar Belakang Masalah Skripsi

Semua jenis keterampilan harus diawali dengan motivasi yang kuat dari siswa untuk berhasil. Tanpa motivasi yang kuat semua keterampilan khususnya menulis surat niaga yang erat dalam dunia usaha kelak juga tidak akan maksimal. Selain motivasi dari siswa juga tak lepas bimbingan guru untuk menekankan betapa pentingnya surat niaga ini dalam dunia usaha. Selain itu untuk menulis surat niaga dibutuhkan kecermatan dan kejelasan pada kalimat-kalimat dalam surat, baik kalimat pembuka, inti maupun penutup. Siswa yang tidak mampu menguasai penulisan kalimat efektif tentu akan kesulitan menyusun surat niaga ini secara sistematis, tepat dan mengandung ketersampaian maksud pada pihak yang akan menerima surat niaga tersebut, dalam hal ini pihak-pihak yang berada dalam lingkup dunia usaha atau dunia kerja.

Penelitian ini diharapkan dapat menunjukkan keterkaitan penguasaan kalimat efektif yang sesuai tujuan maupun sasaran, dan motivasi siswa menulis berbagai macam jenis surat dengan keterampilan siswa menulis surat niaga sehingga maksud dan tujuan penulisan surat niaga tersebut bisa disampaikan dengan jelas dan tepat pada pihak penerima surat.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah hubungan antara penguasaan kalimat efektif dan keterampilan menulis surat niaga?
  2. Adakah hubungan antara motivasi menulis dan keterampilan menulis surat niaga?
  3. Adakah hubungan secara bersama-sama antara penguasaan kalimat efektif dan motivasi menulis dengan keterampilan menulis surat niaga?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Hubungan antara penguasaan kalimat efektif dan keterampilan menulis surat niaga
  2. Hubungan antara motivasi menulis dan keterampilan menulis surat niaga
  3. Hubungan secara bersama-sama antara penguasaan kalimat efektif dan motivasi menulis dengan keterampilan menulis surat niaga.

 

D. Simpulan

1. Ada hubungan positif yang signifikan antara penguasaan kalimat efektif dan keterampilan menulis surat niaga pada siswa kelas XII SMK Negeri Kecamatan Pacitan. Keduanya berjalan seiring, artinya makin baik penguasaan kalimat efektif makin baik pula keterampilan menulis surat niaga mereka.

2. Ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi menulis dan keterampilan menulis surat niaga pada siswa kelas XII SMK Negeri Kecamatan Pacitan. Keduanya berjalan seiring, artinya makin baik motivasi menulis makin baik pula keterampilan menulis surat niaga mereka.

3. Ada hubungan positif yang signifikan antara penguasaan kalimat efektif dan motivasi menulis secara bersama-sama dengan keterampilan menulis surat niaga pada siswa kelas XII SMK Negeri Kecamatan Pacitan. Kedua variabel bebas (prediktor) yaitu penguasaan kalimat efekktif dan motivasi menulis berjalan seiring dengan variabel terikat (respon) yaitu keterampilan menulis surat niaga Hal ini berarti makin baik penguasaan kalimat efektif dan motivasi menulis makin baik pula keterampilan menulis surat niaga mereka.