Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pengetahuan, Sikap dan Perilaku dgn Pemberantasan Sarang Nyamuk DBD

Judul Skripsi : Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk DBD di RT. 02 Desa Loa Janan Ulu Puskesmas Loa Janan Kutai Kertanegara Kalimantan Timur

A. Latar Belakang Masalah

Di Desa Loa Janan Ulu tingkat mobilitas penduduk ke dan dari wilayah cukup tinggi dan topografis yang bersifat tropis dimana sangat ideal bagi perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti sebagai vektor virus Dengue penyebab penyakit Demam Berdarah. Berdasarkan laporan Puskesmas Loa Janan, wilayah yang terbesar kasus DBD terjadi di Desa Loa Janan Ulu RT. 02. Pada tahun 2008 terdapat 31 kasus, tahun 2009 terdapat 8 kasus dan masih ditemukannya kasus DBD pada bulan Januari tahun 2010 terdapat 2 kasus. Selama ini upaya yang dilakukan oleh petugas kesehatan dalam mencegah penyakit demam berdarah sudah cukup optimal dengan penyuluhan dan pendidikan kesehatan di keluarga daerah endemis, tetapi kejadian demam berdarah selalu berulang setiap tahun.

Sehingga bila dikaitkan dengan teori L. Bloom bahwa perilaku berperan dalam status kesehatan masyarakat, maka dari uraian diatas maka peniliti tertarik untuk melakukan penelitian “Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Dengan Pelaksanaan Pemberantasan Sarang Nyamuk di RT. 02 Desa Loa Janan Ulu Puskesmas Loa Janan tahun.

 

B. Rumusan Masalah

Apakah ada hubungan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku dengan Pelaksanaan Pemberantasan Sarang Nyamuk di RT. 02 Desa Loa Janan Ulu Puskesmas Loa Janan?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Untuk mengetahui apakah ada hubungan Pengetahuan Sikap dan Prilaku dengan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di RT. 02 Desa Loa Janan Ulu Puskesmas Loa Janan.

Tujuan Khusus

  1. Untuk mengetahui apakah ada hubungan Pengetahuan, Dengan Pelaksanaan Pemberantasan Sarang Nyamuk DBD (PSN DBD) di RT. 02 Desa Loa Janan Ulu Puskesmas Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara.
  2. Untuk mengetahui apakah ada hubungan Sikap dengan Pelaksanaan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN DBD) di RT. 02 Desa Loa Janan Ulu Puskesmas Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara.
  3. Untuk mengetahui apakah ada hubungan Perilaku denngan Pelaksanaan Pemberantasan Sarang Nyamuk DBD (PSN DBD) di RT. 02 Desa Loa Janan Ulu Puskesmas Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara.
  4. Untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh dengan pelaksanaan pemberantasan sarang nyamuk (PSN DBD).

 

D. Kesimpulan

1. Ada hubungan antara Pengetahuan dengan pelaksanaan PSN DBD di RT 02 Desa Loa Janan Ulu Puskesmas Loa Janan Kutai Kertanegara Kalimantan Timur.

2. Ada hubungan antara Sikap dengan pelaksanaan PSN DBD di RT 02 Desa Loa Janan Ulu Puskesmas Loa Janan Kutai Kertanegara Kalimantan Timur.

3. Ada hubungan antara Perilak dengan pelaksanaan PSN DBD di RT 02 Desa Loa Janan Ulu Puskesmas Loa Janan Kutai Kertanegara Kalimantan Timur.

4. Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan pelaksanaan PSN-DBD di RT 02 Desa Loa Janan Ulu Puskesmas Loa Janan Kutai Kertanegara Kalimantan Timur.