Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja dan Keintiman Keluarga dgn Sikap Seksual Pranikah

Judul Skripsi  : Hubungan  Reproduksi Remaja dan Keintiman Keluarga dengan Sikap Seksual Pranikah di SMAN 1 Sukoharjo

A. Latar Belakang Masalah 

Hubungan orang tua dengan remaja, mempunyai pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap perilaku seksual pranikah remaja (Darmasih, 2009). Saat ini, banyak keluarga sangat sibuk dengan aktifitas masing-masing seperti tingginya beban kerja orang tua serta anak-anak yang lebih banyak melakukan aktifitas di luar rumah. Dari hasil penelitian beberapa dekade terkhir ini menunjukkan bahwa kesadaran setiap anggota keluarga telah menurun dibuktikan dengan waktu yang dihabiskan bersama keluarga sangat sedikit. Hal ini menunjukkan bahwa sekarang sangat sulit untuk mempertahankan hubungan sosial dan keintiman yang kuat dengan anggota keluarga (Dalsgaard, 2006). Penelitian lain yang dilakukan oleh Soetjiningsih (2006) menunjukkan hasil, makin baik hubungan orang tua dengan remaja maka makin rendah perilaku seksual pranikah remaja.

Berdasarkan data di atas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian mengenai hubungan tingkat pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja dan keintiman keluarga dengan sikap seksual pranikah di SMAN 1 Sukoharjo. Sekolah ini merupakan SMAN favorit di Kabupaten Sukoharjo dimana kualitas input dari aspek kognitif sangat bagus. Akan tetapi, tingginya kualitas aspek kognitif yang dimiliki siswa-siswi belum bisa menjamin tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi akan tinggi juga. Selain itu jika pengetahuan kesehatan reproduksi yang mereka miliki itu baik juga belum menjamin mereka akan berperilaku baik pula (Bakti, 2010).

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

Apakah terdapat hubungan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja dan keintiman keluarga dengan sikap seksual pranikah di SMAN 1 Sukoharjo?

 

C. Tujuan Penelitian 

Tujuan Umum

Menganalisis hubungan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja dan keintiman keluarga dengan sikap seksual pranikah di SMAN 1 Sukoharjo.

Tujuan Khusus

  1. Menganalisis hubungan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja dengan sikap seksual pranikah di SMAN 1 Sukoharjo
  2. Menganalisis hubungan keintiman keluarga dengan sikap seksual pranikah di SMAN 1 Sukoharjo
  3. Menganalisis bersama-sama hubungan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja dan keintiman keluarga dengan sikap seksual pranikah di SMAN 1 Sukoharjo

 

D. Kesimpulan

  1. Ada hubungan antara pengetahuan kesehatan reproduksi remaja dengan sikap seksual pranikah. Setiap peningkatan skor pengetahuan kesehatan reproduksi remaja sebanyak 1 unit akan menurunkan skor sikap seksual pranikah sebanyak 0,37 unit. Penurunan ini secara statistik tidak signifikan (-b=0,37; CI 95% -3,74 s.d. 3,01; p=0,828).
  2. Ada hubungan antara keintiman keluarga dengan sikap seksual pranikah. Setiap peningkatan skor keintiman keluarga sebanyak 1 unit akan menurunkan skor sikap seksual pranikah sebanyak 1,05 unit. Penurunan ini secara statistik signifikan (b = 1,05, CI 95 % 0,45 s.d. 1,66; p=0,001).