Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pengetahuan dan Sikap dgn Pelaksanaan Tindakan Universal Precautions pada Mahasiswa

Judul Skripsi : Pengetahuan dan Sikap dengan Pelaksanaan Tindakan Universal Precautions pada Mahasiswa Jurusan Keperawatan

 

A. Latar Belakang Masalah Skripsi

Berdasarkan studi awal pada jurusan keperawatan melalui wawancara dan pengamatan dengan Beberapa mahasiswa DIII Keperawatan yang dilakukan secara acak baik kelas regular,non regular maupun berlanjut didapatkan hasil hampir sebagian besar (70-80 %) Mahasiswa kurang memperhatikan standart ataupun prosedur tindakan Kewaspadaan Umum  (Universal precautions), sebagai contoh Kebiasan mencuci tangan dengan benar dan memakai alat pelindung diri. Beberapa hal lain yang didapatkan diantaranya rata-rata Mahasiswa masih bersikap kurang peduli dengan perlindungan diri dan mengangap tindakan universal precautions dilakukan hanya berhadapan dengan klien dengan penyakit menular serta didapatkan informasi yang berbeda-beda.

Dari pengamatan ketika praktek/ skill laboratorium maupun ujian OSCA mahasiswa sering lupa melakukan cuci tangan,memakai masker maupun memakai sarung tangan yang benar dan hanya berfokus pada tindakan utama,walaupun dalam instruksi kerja dari suatu tindakan keperawatan sudah tertulis secara nyata akan tindakan universal precautions yang sangat berguna bagi perlindungan diri. Berdasarkan uraian diatas peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Pelaksanaan Tindakan Universal precautions pada Mahasiswa jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Surakarta.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan antara Pengetahuan dengan pelaksanaan tindakan universal precautions pada Mahasiswa jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Surakarta?
  2. Apakah ada hubungan antara pengetahuan dan sikap secara bersama-sama dengan pelaksanaan tindakan universal precautions pada Mahasiswa jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Surakarta?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan umum

Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap Mahasiswa dengan pelaksanaan tindakan universal precautions pada Mahasiswa jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Surakarta.

Tujuan khusus

  1. Untuk mengetahui hubungan antara Pengetahuan dengan pelaksanaan tindakan universal precautions pada Mahasiswa jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Surakarta?
  2. Untuk mengetahui hubungan antara sikap dengan pelaksanaan tindakan universal precautions pada Mahasiswa jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Surakarta?

 

D. Kesimpulan

1. Ada hubungan antara Pengetahuan dengan pelaksanaan tindakan universal precautions pada Mahasiswa Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Surakarta. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan regresi pada tabel di atas menunjukkan adanya kontribusi dari variabel pengetahuan dengan pelaksanaan universal precautions yaitu sebesar 0,500%. Tanda parameter positif pada angka 0,500 dapat dimaknakan bahwa ada kontribusi positif variabel pengetahuan dengan pelaksanaan universal precautions. Hasil t-hitung variabel pengetahuan sebesar 6,387 > nilai t tabel dengan tingkat kepercayaan 95% yaitu 4,303 sehingga dapat diartikan bahwa ada kontribusi positif dan signifikan pengetahuan terhadap pelaksanaan universal precautions.

2. Ada hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan pelaksanaan tindakan universal precautions pada Mahasiswa jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Surakarta. Hal ini dibuktikan dengan pengujian statistik F yang menunjukkan angka sebesar 357, 00 lebih besar dari batas kritis (F tabel) yang mensyaratkan batas kritis F tabel sebesar 19,00. Jika dibandingkan maka F hitung > F tabel. Dengan demikian secara simultan variabel pengetahuan dan sikap berhubungan dengan pelaksanaan universal precautions pada mahasiswa Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Surakarta.