Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pengetahuan dan Partisipasi Masyarakat dgn Keberhasilan Desa Siaga

Judul Skripsi : Hubungan Pengetahuan dan Partisipasi Masyarakat dengan Keberhasilan Desa Siaga di Wilayah Kerja Puskesmas Grogol Sukoharjo

 

A. Latar Belakang Masalah

Berdasarkan data yang diperoleh dari Puskesmas Grogol diketahui bahwa hanya beberapa desa saja yang dapat menjalankan program Desa Siaga diantaranya desa Gedangan dan desa Sanggrahan, sedangkan desa yang lain belum semaksimal mungkin berjalan, hal ini dikarenakan kurang meratanya sosialisasi program Desa Siaga yang adai di wilayah tersebut dan kurangnya partisipasi masyarakat dalam program Desa Siaga.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka dalam penelitian ini mengambil judul: ”HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DENGAN KEBERHASILAN DESA SIAGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GROGOL SUKOHARJO”.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

Berdasarkan latar belakang masalah yang ada maka dapat di rumuskan permasalahan sebagai berikut :

  1. Apakah ada hubungan pengetahuan dengan keberhasilan Desa Siaga di Wilayah Kerja Puskesmas Grogol Sukoharjo?
  2. Apakah ada hubungan partisipasi masyarakat dengan keberhasilan Desa Siaga di Wilayah Kerja Puskesmas Grogol Sukoharjo?
  3. Apakah ada hubungan pengetahuan dan partisipasi masyarakat dengan keberhasilan Desa Siaga di Wilayah Kerja Puskesmas Grogol Sukoharjo?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan partisipasi masyarakat dengan keberhasilan Desa Siaga di Wilayah Kerja Puskesmas Grogol Sukoharjo.

Tujuan Khusus

  1. Mengetahui hubungan pengetahuan dengan keberhasilan Desa Siaga di Wilayah Kerja Puskesmas Grogol Sukoharjo.
  2. Mengetahui hubungan partisipasi masyarakat dengan keberhasilan Desa Siaga di Wilayah Kerja Puskesmas Grogol Sukoharjo.
  3. Menganalisis hubungan pengetahuan dan partisipasi masyarakat dengan keberhasilan Desa Siaga di Wilayah Kerja Puskesmas Grogol Sukoharjo.

 

D. Simpulan

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut:

1. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan dengan keberhasilan desa siaga di wilayah kerja Puskesmas Grogol Sukoharjo. Hal ini berarti semakin tinggi dan baik tingkat pengetahuan yang dimiliki masyarakat tentang desa siaga maka semakin meningkat dan baik keberhasilan desa siaganya.

2. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara partisipasi masyarakat dengan keberhasilan desa siaga di wilayah kerja Puskesmas Grogol Sukoharjo. Hal ini berarti semakin tinggi dan baik tingkat partisipasi masyarakat dalam kegiatan desa siaga maka semakin meningkat dan baik keberhasilan desa siaganya.

3. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan dan partisipasi masyarakat secara bersama-sama dengan keberhasilan desa siaga di wilayah kerja Puskesmas Grogol Sukoharjo. Hal ini berarti semakin meningkat dan baik pengetahuan dan partisipasi masyarakat maka semakin baik dan meningkat pula tingkat keberhasilan desa siaganya.