Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pengetahuan dan Motivasi Ibu terhadap Perawatan Gigi Anak

Judul Skripsi : Hubungan Pengetahuan dan Motivasi Ibu terhadap Perawatan Gigi Anak Usia 1- 3 Tahun di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun 2010

 

A. Latar Belakang Masalah

Sebagai solusi dari permasalahan ini maka perlu penyuluhan kepada ibu tentang perawatan gigi pada anak. Hal ini harus dilakukan secara berulang-ulang dengan berbagai metode penyuluhan agar tidak membosankan. Harapannya ibu akan memahami perawatan gigi pada anak usia 1-3 tahun maka ibu dapat termotivasi untuk melakukannya dengan benar serta tidak akan melupakan perawatan gigi pada anak dalam kehidupannya setiap hari.

Mengingat permasalahan yang sudah dipaparkan diatas maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian hubungan pengetahuan ibu terhadap perawatan gigi pada anak dengan merumuskan dalam judul penelitian: “Hubungan Pengetahuan dan Motivasi Ibu terhadap Perawatan Gigi Anak Usia 1- 3 Tahun di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun 2010”.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

Berdasarkan uraian diatas, dapat dirumuskan masalahnya sebagai berikut :

  1. Apakah ada hubungan pengetahuan ibu terhadap perawatan gigi anak usia 1-3 tahun di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung?
  2. Apakah ada hubungan motivasi ibu terhadap perawatan gigi anak usia 1-3 tahun di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung?
  3. Apakah ada hubungan pengetahuan dan motivasi ibu terhadap perawatan gigi anak usia 1-3 tahun di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung ?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Mengetahui hubungan pengetahuan dan motivasi ibu terhadap perawatan gigi anak usia 1-3 tahun di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.

Tujuan Khusus

  1. Menganalisis hubungan pengetahuan ibu terhadap perawatan gigi anak usia 1-3 tahun di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.
  2. Menganalisis hubungan motivasi ibu terhadap perawatan gigi anak usia 1-3 tahun di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.
  3. Menganalisis hubungan pengetahuan dan motivasi ibu terhadap perawatan gigi anak usia 1-3 tahun di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.

 

D. Kesimpulan

1. Ada hubungan antara pengetahuan dengan perawatan gigi anak usia 1-3 tahun di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung (p=0,000).

2. Ada hubungan antara motivasi dengan perawatan gigi anak usia 1-3 tahun di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung (p=0,004), tetapi R Square = 0,079 (7,9% berpengaruh terhadap perawatan gigi) sehingga diabaikan (dianggap tidak ada hubungan).

3. Tidak ada hubungan antara pengetahuan dan motivasi dengan perawatan gigi anak usia 1-3 tahun di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung (p=0,996).